Sabtu, April 13, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Wiper Mobil yang Bagus Serta Jenis & Tips Merawatnya

by Baghendra Lodra

Keamanan dan kenyamanan saat berkendara adalah hal yang utama. Misalnya saat hujan, kamu perlu menyalakan wiper mobil agar bisa melihat jalanan dengan jelas. Wiper adalah salah satu bagian mobil yang penting untuk dirawat dan diperhatikan. Tidak hanya berguna untuk membersihkan air hujan, fungsi wiper mobil bisa digunakan lebih dari itu. 

Lalu, apa itu wiper mobil sebenarnya dan apa saja rekomendasi terbaik dari merek aftermarket yang bisa kamu pilih untuk kendaraan kamu? Cek artikel Moladin kali ini untuk menemukan penjelasan serta tips cara merawat wiper yang benar. 

Apa itu Wiper Mobil? 

apa itu wiper mobil

Fungsi wiper mobil untuk menghilangkan air yang menempel di kaca depan dan belakang

Wiper mobil adalah bagian pembersih kaca mobil depan yang dapat membersihkan air hujan, debu, kotoran, embun, dan benda lain yang mengganggu pandangan kamu ketika menyetir. Posisi wiper sendiri bisa di kaca depan dan kaca belakang.

Wiper sendiri terdiri dari beberapa bagian diantaranya wiper arm, wiper blade, wiper link, motor wiper, dan saklar wiper. Ada beberapa jenis wiper yang pergerakannya bisa 45° hingga 135°. 

Air wiper mobil diisi apa?

Wiper mobil berisikan cairan yang bisa digunakan sesekali untuk membersihkan kotoran dan membuat kaca bagian depan semakin bersih. Tidak sedikit orang yang bertanya, air wiper mobil diisi apa? Air wiper umumnya menggunakan air mineral atau air keran biasa yang dicampur dengan sabun wiper khusus atau biasa disebut dengan wiper fluid. 

Pemilihan cairan wiper ini tidak boleh sembarangan, ya. Karena tidak jarang salah menggunakan cairan pembersih pada wiper justru bisa membuat kaca depan mobil kamu keruh atau meninggalkan noda bekas. 

Jenis Wiper Mobil

jenis wiper mobil

Wiper mobil flat punya bobot cukup ringan

Meskipun terlihat sama, tetapi nyatanya ada berbagai macam jenis wiper mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

Baca juga  Apa Fungsi Intermitten Wiper di Mobil? Harus Tahu

Wiper Flat

Wiper flat merupakan jenis wiper mobil yang punya bobot cukup ringan karena pada bagian tengah dilengkapi penyangga dengan ukuran yang cukup kecil. Meski begitu, wiper flat punya kekuatan yang mumpuni untuk membersihkan kaca depan mobil. Karena terdapat bagian besi pipih ditengah komponen karet.

Wiper Standar atau Konvensional

Seperti namanya, wiper satu ini merupakan jenis yang cukup sering digunakan di mobil keluaran lama. Komponennya terdiri dari gagang besi dan rangka yang terbuat dari karet yang akan menyingkirkan dan membersihkan air di kaca depan mobil kamu. Meskipun begitu, bentuk wiper konvensional dinilai kurang efektif dalam membersihkan air di kaca mobil karena bentuknya yang tidak bisa mengikuti lekukan kaca. Karena itulah, kini mobil keluaran terbaru tidak menggunakan jenis wiper mobil satu ini. 

Wiper Hybrid

Selanjutnya ada wiper hybrid yang merupakan gabungan dari dua jenis wiper lainnya, yaitu wiper flat dan wiper konvensional. Wiper hybrid atau wiper hibrida ditujukan untuk kamu yang ingin wiper yang optimal seperti flat tapi dalam bentuk wiper konvensional berbentuk kombinasi holder plastik dan braket.

Wiper Frameless

Jenis wiper mobil yang terakhir adalah wiper frameless. Wiper frameless adalah jenis wiper dengan gagang besi yang kuat dan bisa membersihkan kaca mobil hingga bagian dalamnya. Sayangnya, jika bagian karet wiper mulai menipis, gagang besi tersebut bisa merusak kaca depan mobil. Untuk itu, selalu cek dan lakukan perawatan berkala untuk menghindari terjadinya kerusakan tersebut.

5 Wiper Mobil Terbaik

rekomendasi wiper terbaik

Merek wiper aftermarket ada berbagai macam mulai dari Bosch hingga 3M

Jika kamu membutuhkan rekomendasi wiper mobil terbaik, daftar berikut ini bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Baca juga  Cara Pasang Wiper Mobil yang Benar, Mudah!

1. Bosch Wiper

Wiper mobil milik brand Bosch tersedia dalam berbagai macam jenis, mulai flat blade, wiper untuk kaca bagian belakang mobil, wiper frameless, hingga wiper konvensional. Merk Bosch ini memang sudah cukup terkenal dan banyak dipakai karena keunggulannya. Harga wiper Bosch dibanderol mulai harga Rp70.000 untuk wiper belakang.

2. Hella Wiper

Untuk kamu yang mencari wiper hybrid, merk Hella bisa menjadi salah satu yang direkomendasikan. Dengan frame elastis dan lapisan grafit, sapuan yang dihasilkan menjadi lebih maksimal namun suara yang ditimbulkan tidak terlalu berisik. Hella wiper sudah menjadi primadona bagi pecinta otomotif yang menyukai wiper jenis hybrid.

3. RWB Wiper

RWB Wiper menjadi salah satu wiper yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Meski begitu, kualitas yang didapatkan tidak kalah saing dengan wiper lainnya. Wiper ini cukup nyaman digunakan meskipun saat dipakai berkendara dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya itu, pemasangan wiper RWB juga cukup mudah. Suara yang dihasilkan pun tidak terlalu berisik dan cukup smooth. 

4. Michelin Wiper

Siapa yang tidak kenal dengan merk Michelin. Brand yang sangat terkenal dengan kualitasnya yang usah diragukan lagi ini mempunyai produk wiper yang sangat direkomendasikan. Bentuk wiper yang mengikuti bentuk lekukan mobil menjadi salah satu keunggulan produk yang bisa kamu pertimbangkan. Selain itu, karet yang digunakan pada produk Michelin Hybrid Rainforce Wiper Blade membuat kaca bersih dari kotoran dan air tanpa mengeluarkan suara dengan hasil yang lebih bersih.

5. 3M Wiper

Selanjutnya ada merk 3M yang juga memiliki produk wiper mobil dan sudah tersedia dalam berbagai macam ukuran. Selain itu, wiper telah dilengkapi teknologi agar tahan sinar UV serta telah didesain aerodinamis dan menggunakan carbon metal sebagai salah satu komponennya.

Baca juga  Jenis Air Wiper Untuk Mobil dan Rekomendasi Produk Terbaiknya!

Cara Merawat Wiper Mobil yang Benar

cara merawat wiper mobil

Usia wiper umumnya 1 tahun pemakaian

Agar tetap awet dan tidak menimbulkan kerusakan pada bagian mobil, kamu perlu merawat wiper mobil secara berkala. Ikuti cara merawat wiper yang benar berikut, yuk!

  1. Segera isi air wiper dengan cairan yang disarankan
  2. Ganti wiper secara berkala
  3. Pastikan tidak ada benda yang mengganggu wipers
  4. Bersihkan kotoran, daun, atau benda lain ada di bagian karet wipers
  5. Jangan terlalu sering menyalakan wipers saat kaca dalam keadaan kering
  6. Ganti karet wiper secara berkala

Kapan harus ganti wiper mobil?

Wiper mobil adalah bagian mobil yang bisa diganti jika sudah terjadi kerusakan. Waktu terbaik untuk ganti wiper adalah setelah digunakan 6 bulan hingga 1 tahun pemakaian. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika kamu merasa karet wiper sudah mengeras atau retak dan bahkan robek, itu artinya kamu sudah harus mengganti wiper. Selain itu, jika muncul suara berdecit ketika wiper dinyalakan dan ada goresan karena wiper, segera ganti wiper mobil kamu ke wiper yang baru. Sehingga tidak muncul kerusakan lain karena wiper yang sudah rusak.

Itulah penjelasan yang bisa kami informasikan pada artikel kali ini. Pastikan kamu membayar pajak tepat waktu agar tidak dikenai denda. Jika kamu tertarik untuk membaca artikel terkait otomotif lainnya, cek kumpulan informasi terbaru yang ada di Blog Moladin. Tidak hanya sebagai platform jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia, Moladin juga memiliki mobil berkualitas premium dengan garansi lengkap. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika