Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

4 Prediksi Mobil Suzuki Terbaru 2023, Ada Jimny 5 Pintu!

by Firdaus Ali

Mobil Suzuki terbaru 2023 bakal ramai menghiasi pasar otomotif di Indonesia. Informasi tersebut bukan isapan jempol, tapi kami dapatkan langsung dari 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra.

“Ada beberapa produk yang kami siapkan di 2023, ada lebih dari dua,” bebernya saat acara Jambore Suzuki Club 2022 di Jakarta, pada pertengahan Desember 2022.

Pertanyaannya mobil apa saja yang bakal Suzuki luncurkan di 2023? Kami sudah mendapat beberapa bocoran dari sumber terpercaya, serta melakukan riset atas hal ini. Salah satunya, bukan tidak mungkin pabrikan berlogo S bakal menambah lini mobil hybridnya di Tanah Air.

Setelah kehadiran Ertiga Hybrid, maka yang paling mungkin hadir pada 2023 adalah XL7 Hybrid. Maklum, keduanya merupakan mobil yang berbagi platform. Jadi, harusnya mudah saja untuk Suzuki meluncurkan XL7 dengan teknologi mild hybrid.

Ada pula kemungkinan Suzuki Jimny 5 pintu juga hadir di Indonesia pada 2023. Pasalnya di India, SUV kotak ini sering tertangkap kamera sedang diuji jalan dan bakal meluncur pada 2023. Di Indonesia sendiri, popularitas Jimny Gen-4 sangat besar sehingga konsumen harus inden bertahun-tahun, lantaran pasokan dari Jepang terbatas. Maka ketika India memproduksi Jimny terbaru dengan 5 pintu, harusnya ini jadi angin segar untuk pasokan di negara Asia lain termasuk Indonesia.

Ingin tahu lebih banyak soal bocoran mobil Suzuki terbaru 2023 yang akan mengaspal di Indonesia. Biar tidak penasaran, mari kita simak bahasannya berikut ini:

1. Jimny 5 Pintu

mobil suzuki terbaru 2023 - Jimny 5-pintu

Suzuki Jimny 5-pintu memiliiki dimensi yang lebih panjang dibanding versi 3-pintu

Mobil Suzuki terbaru 2023 yang pertama adalah Suzuki Jimny 5 pintu. Bukan tidak mungkin mobil fenomenal ini juga akan mendarat di Indonesia menyusul kesuksesan Jimny 3 pintu yang sudah dulu mengaspal.

Baca juga  Promo Mobil Suzuki Juli 2023, Berhadiah Motor dan Cicilan 7 Tahun

Suzuki Jimny 5 pintu dikabarkan akan diproduksi oleh Suzuki Maruti di India. Rencananya, kehadiran mobil SUV kompak 4×4 itu di ajang Auto Expo 2023 yang digelar di New Delhi, India pada 12-15 Januari 2023.

Disebutkan Autodeal, kehadiran Suzuki Jimny dengan lima pintu tersebut sebagai tanda awal diproduksinya mobil SUV berlogo S itu di negeri Hindustan untuk kebutuhan India dan juga ekspor. Oleh karena itulah, bukan tidak mungkin Indonesia akan mendapat jatah.

Suzuki Jimny 5 pintu memang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat di berbagai belahan negara. Bahkan beberapa dari mereka sudah memesan lebih dulu, meski mobil itu belum diproduksi. Contohnya di Australia dimana ada beberapa konsumen yang sudah mengeluarkan uang untuk memesan Suzuki Jimny 5 pintu dari pertengahan tahun 2022 lalu. Bukan tanpa alasan, pasalnya saat Suzuki Jimny tiga pintu datang ke Australia, waktu indennya justru mencapai 1 tahun. Tentu harapannya, kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu produksi India bisa memiliki waktu inden lebih cepat dibanding versi 3 pintu.

Berbicara jantung pacunya, Suzuki Jimny 5 pintu dikabarkan akan mengadopsi mesin baru K15C. Mesin itu diklaim bisa menggelontorkan tenaga maksimal 115 PS yang jauh lebih besar dari mesin yang ada saat ini tertanam pada Jimny 3 pintu dengan tenaga maksimal 102 PS. Walau demikian, bukan tidak mungkin untuk pasar ekspor akan tetap menggunakan mesin K15B atau bahkan hybrid.

2. XL7 Hybrid

mobil terbaru tahun 2023

Sosok Suzuki XL6 Hybrid yang ada di India

Mobil Suzuki terbaru 2023 berikutnya adalah Suzuki XL7 Hybrid. Kehadirannya mudah diprediksi, terlebih setelah kemunculan Ertiga Hybrid di Tanah Air. 

Baca juga  Program Tukar Tambah Suzuki Diperpanjang

Seperti apa ubahannya? Bisa lihat dari sosok Suzuki XL6 Hybrid yang ada di India. Tampak penggunaan grille baru dengan motif mesh beraksen cross-bar chrome. Ada pula lampu depan Quad Chamber, lampu belakang LED smoke grey, hingga garnish pintu bagasi beraksen chrome.

Dari sisi dapur pacunya, Suzuki XL6 Hybrid di India mendapatkan mesin Smart Hybrid K15C Dual Jet berkapasitas 1.462 cc bertenaga 103 hp dan torsi 136,8 Nm. Hal ini berpotensi berbeda untuk Suzuki XL7 Hybrid di Indonesia, mengingat Ertiga Hybrid dapat mesin Smart Hybrid K15B berkapasitas sama, tapi dengan tenaga lebih besar yaitu 104,7 hp dan torsi 138 Nm.

3. Baleno Cross

Mobil Suzuki Terbaru 2023

Suzuki Baleno Cross

Selanjutnya, prediksi mobil Suzuki terbaru 2023 adalah Baleno Cross. Mobil ini dikabarkan juga akan ditampilkan pada event Autoexpo 2023, bersama Suzuki Jimny 5 pintu.

Bicara mesin, Suzuki Baleno Cross diprediksi bakal punya beberapa opsi mesin. Media India berharap pabrikan berlogo S membenamkan jantung mekanis berkubikasi 1.0-liter BoosterJet turbo charged persis Baleno RS yang dulu pernah di jual di Negeri Hindustan. Mesin itu bisa mengeluarkan torsi 150 Nm dan tenaga 100 hp.

Opsi lainnya adalah Baleno SUV bakal menggunakan mesin mild hybrid seperti Suzuki Ertiga Hybrid di Indonesia. Dengan begitu kubikasinya kemungkinan pakai 1.5-liter.

Dari berbagai ragam informasi soal kemunculan, tampilan Suzuki Baleno Cross dikabarkan dibuat lebih sporty dan modern dengan penggunaan lampu depan yang posisinya agak ke bawah. Lalu di atasnya, dekat kap mesin ada daytime running light (DRL) dengan desain pipih.

Baca juga  Biaya Perawatan Ertiga Hybrid, Semurah Apa?

Nah, walau informasi kehadiran SUV bernama Baleno ini di India, tapi bukan tidak mungkin Indonesia akan kebagian unit. Pasalnya Baleno hatchback yang dijual di Tanah Air juga merupakan impor dari Negeri Bollywood. Jadi kalau ada Baleno Cross, kenapa tidak juga diboyong ke Nusantara?

4. Grand Vitara

mobil suzuki terbaru 2023 - grand vitara

Suzuki Grand Vitara terbaru punya penggerak 4×4

Berikutnya, bocoran mobil Suzuki terbaru 2023 adalah Grand Vitara. SUV tersebut sudah hadir di India pada 2022, karena Indonesia sering mengimpor mobil-mobil dari Negeri Bollywoord, maka bisa jadi Vitara terbaru juga bakal diboyong. Apalagi segmen SUV sedang ramai di Tanah Air.

Tidak hanya itu, nama Vitara pernah besar di Indonesia. Maka kalau balik lagi dijual di Tanah Air, maka Grand Vitara kemungkinan bakal laris.

Dari segi eksterior, tampilannya sangat istimewa dengan aura gagah khas SUV. Kemudian masuk interior, Suzuki memberi Grand Vitara terbaru banyak sekali fitur modern, seperti panoramic sunroof, wireless charger, ambient lighting, hingga ventilated seats.

Bicara mesin, tersedia dua opsi untuk Grand Vitara terbaru yaitu intelligent electric hybrid dan smart hybrid. Keduanya pakai mesin berkubikasi 1.500 cc yang dikombinasikan dengan teknologi hibrida berbasis baterai. Bahkan untuk membuktikan ini adalah SUV tulen, Grand Vitara memiliki fitur Suzuki AllGrip alias all wheel drive. Istimewa bukan?

Kalau masuk Tanah Air, tentu bisa jadi lawan kuat buat Honda HR-V dan Hyundai Creta. Moladiners, itulah ulasan mengenai prediksi dan bocoran mobil Suzuki terbaru 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika