by

Jenis Air Wiper Untuk Mobil dan Rekomendasi Produk Terbaiknya!

Sejatinya, air wiper mobil harus selalu diperhatikan mengenai komposisi atau bahan bakunya. Bolehkah isi air wiper dengan campuran sabun atau sampo?

Air wiper menjadi sangat perlu ketika perjalanan diwarnai dengan cuaca hujan yang lebat. Komponen ini akan membantu kamu dalam menyapu air yang jatuh ke kaca mobil bagian depan dan belakang, agar pandangan tetap baik saat berkendara.

Untuk mendukung hal tersebut, tentu air wiper mobil ini harus selalu dicek kondisinya. Baik itu komposisi air campuran atau menggunakan cairan khusus untuk wiper, akan membuat pandangan ke luar mobil menjadi lebih jelas.

Di samping itu, sering kali pemilik mobil masih mengabaikan dalam hal penggunaan air wiper. Di mana, kebanyakan mereka asal dalam menggunakan air keran untuk diisi. Meskipun efek yang ditimbulkan tidak terlihat dalam jangka pendek, namun untuk jangka panjang bisa berbahaya.

Kadang ada kotoran yang tidak bisa dihilangkan ketika menggunakan air keran, sehingga membuat mampet sistem penyemprotannya. Bahkan, biasanya penggunaan air keran bisa menyebabkan karet wiper tersebut menjadi cepat rusak atau getas karena ph asam yang ada di air tadi menyebabkan kelenturan karet wiper menjadi lebih lemah. Hal ini yang diungkapkan oleh Usni detailer dari DMO Garage.

“Untuk air wiper mobil memang bisa saja menggunakan air biasa, tetapi alangkah lebih baiknya menggunakan cairan khusus yang sudah dibuat untuk membersihkan kaca. Nanti dikhawatirkan jika menggunakan air biasa secara terus menerus, akan menimbulkan efek negatif pada kaca (seperti jamur). Bisa juga ada lumut dalam tabung air wiper kalau pakai air biasa,” jelas Usni.

Baca juga  Per yang Cocok untuk Avanza, Pakai Punya BMW atau Volvo

Maka, sebisa mungkin dia menyarankan untuk menggunakan air wiper mobil yang sudah diformulasikan sesuai kebutuhan yang diperlukan untuk perawatan wiper dan kaca mobil.

Dalam hal ini penggunaan air wiper mobil harus sesuai dengan spesifikasinya. Jika bisa sebut merek, ada beberapa brand yang sudah teruji dalam hal kualitas. Beberapa di antaranya adalah Kit Wiper Fluid, Sonax Clear View, serta Otogard Gold Line Wiper Fluid.

Dengan menggunakan air wiper yang diformulasikan secara khusus, manfaat yang didapatkan tidak hanya memberikan dampak pada pandangan yang jelas melalui kaca depan. Tetapi, untuk perawatan terhadap kaca wiper juga akan berlangsung lebih lama.

Dalam penggunaannya, dari ketiga brand tersebut ada yang perlu dicampur dengan air karena bersifat konsentrat, dan ada yang juga tidak perlu dicampur dengan air. Pencampuran dengan air dimaksud agar cairan pembersih tersebut tidak merusak lapisan kaca atau karet wiper.

Bolehkan dengan Sampo dan Sabun?

fungsi intermitten Wiper mobil
Wiper sangat penting untuk meningkatkan visibilitas berkendara saat hujan.

Lalu bagaimana dengan penggunaan sabun atau sampo yang dicampur air keran? Permasalahannya adalah sampo tidak dirancang khusus untuk kaca mobil, jadi kalau ada kandungan yang tidak sesuai bisa membuat masalah tersendiri.

Lalu cairan sabun atau sampo juga bisa menimbulkan busa berlebihan pada kaca atau karet wiper. Nantinya akan merepotkan pandangan ketika berkendara. Maka dari itu untuk lebih memberikan kenyamanan, gunakan air wiper mobil yang sudah disarankan dan tersedia di pasar aftermarket.

Tidak hanya memberikan pandangan yang jelas, tetapi penggunaan air wiper mobil tersebut juga akan memberikan usia yang lebih panjang karena tidak ada dampak negatif dalam penggunaannya.

Baca juga  7 Cara Belajar Mobil Manual Termudah

Cara Memilih Air Wiper Mobil

air wiper harus selalu diperhatikan
Jangan terlalu sering menggunakan air keran, karena bisa menyebabkan lumut

Paling umum dilakukan, pemilik kendaraan kerap menggunakan air keran secara terus menerus, karena mudah didapat. Padahal, air keran justru bisa menimbulkan lumut di bagian bak air wiper.

“Kalau sudah belumut, itu kan sebetulnya tidak baik ya. Kadang-kadang, ada lumut juga yang biasanya masuk ke dalam saluran air, dan mungkin akan menyebabkan mampet. Ini yang dikhawatirkan dari penggunaan air wiper kalau pakai air wiper biasa,” tambah Usni.

Jika saluran tersebut sudah mampet, hal yang biasa dilakukan menurut Usni adalah mencolok bagian lubang wiper yang ada di kap mesin mobil. Biasanya, ada kotoran yang menyumbat seperti lumut atau yang lainnya. Untuk membersihkannya, bisa juga menggunakan jarum dengan cara ditusuk pada lubang tersebut.

Kalau mengisi air wiper mobil juga perlu diperhatikan kadar pH pada air tersebut, usahakan pakai yang pH rendah. Pasalnya tidak hanya berpengaruh pada karet wiper yang jadi tidak elastis lagi. Air pH tinggi pun dapat menyebabkan jamur di kaca mobil.

Usahakan untuk menggunakan air dengan pH yang disarankan. Jangan menggunakan air dengan pH yang tinggi karena akan ada dampak negatifnya.

Bicara air keran, juga kadang kita tidak tahu kadar pH yang ada. Kalau tinggi, maka itu bisa berbahaya buat kaca mobil dan wiper dalam penggunaan waktu lama.

Langkah Mengisi Air Wiper

1. Buka Kap Mobil

air wiper mobil
Bak Wiper Mobil berada di pojok kanan atas

Kalau kamu pemilik mobil, wajib tahu langkah dan cara mengisi air wiper. Pertama-tama wajib untuk membuka kap mobil. Cara bukanya dengan menekan tombol yang ada di bawah dekat setir.

Baca juga  Tips Cara Membersihkan Reflektor Lampu Mobil Agar Kinclong

Setelah terbuka, angkat kap mesin kemudian pasangkan penyangga agar kokoh dan tidak mudah terjatuh.

2. Cari Cairan Air Wiper Kemudian Isi

air wiper harus selalu diperhatikan
Pakai air wiper dengan cairan khusus yang sudah diformulasikan

Kemudian kamu tahu lokasi bak berisi cairan air wiper, biasanya ada di pojok kanan atas. Warna bak tersebut putih bening, dengan penutup  memiliki logo berbentuk wiper.

Sebelum melakukan pengisian air wiper, cek dulu tingkat ketinggian air di sana. Ada beberapa indikator seperti min dan max. Kalau air ada di posisi min atau minimal, maka segeralah isi dengan cairan khusus wiper hingga ada di level max atau maksimal.

3. Jangan Lupa Ditutup Kembali

Tips Rawat Wiper Kendaraan Daihatsu
Setelah diisi air wiper, kamu harus tutup kembali baknya dan kap mesin

Terakhir yang perlu dilakukan adalah tutup bak air wiper kembali sampai rapat. Lalu tutup pula kap mesin secara perlahan.

Biasakan lakukan pengecekan air wiper seperti ini setiap satu bulan sekali. Jika air wiper ada dilevel minimal, maka segera lakukan penambahan air wiper sampai posisi maksimal.

Rekomendasi Air Wiper Terbaik

rekomendasi air wiper mobil terbaik - kit wiper fluid 1
Kit merupakan merek air wiper mobil terbaik yang murah meriah

Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan, bahwa air wiper terbaik adalah dengan formulasi khusus. Artinya bukan pakai air keran, sampo rambut, atau sabun mandi.

Beberapa rekomendasi merek air wiper terbaik yang dapat kamu pilih dipasaran antara lain:

  • Kit Wiper
  • Waxco Winshield
  • Megacools Wiper
  • Otogard Wiper Fluid Concentrate
  • Sonax

Bicara harga, merek-merek seperti Kit Wiper cukup murah atau di bawah Rp 10 ribu satu kemasan. Sementara merek seperti Otogard, Warco, Megacools, dan Sonax mencapai Rp 50 ribuan.

Itulah tadi jenis air wiper mobil yang bagus untuk digunakan. Kalau kamu mau tahu informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru