Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sony Indonesia Bongkar Keunggulan Head Unit Sony Mobile ES XAV-9000ES

by Ivan
Head Unit Sony Mobile ES XAV-9000ES

Dalam gathering terbatas bersama dengan beberapa perwakilan workshop audio, PT Sony Indonesia memperkenalkan kembali produk head unit Sony Mobile ES XAV-9000ES.

Head unit ini secara khusus dihadirkan oleh Sony bagi pecinta audio mobil kelas premium dengan ukuran compact dan tidak terlalu besar.

“Fokus hari ini sebenarnya lebih ke gathering, karena Sony itu pertama launching di bulan Mei 2023. Saat itu kami perkenalkan seri mobile ES secara keseluruhan. Satu paket audio termasuk head unit ES 9500 dan kali ini kebetulan ada yang tipe 9000-nya berukuran lebih kecil,” buka Ali Ichsan selaku Marketing Manager PT Sony Indonesia di Jakarta (2/2).

Mobile ES XAV-9500ES hadir dengan layar 10 inci terpsang di Fortuner GR Cartens Audio

Mobile ES XAV-9500ES dengan layar 10 inci terpasang di Fortuner GR Cartens Audio

Sony lebih dulu menghadirkan head unit Mobile ES XAV-9500ES berukuran 10 inci. Sementara Sony Mobile ES XAV-9000ES baru hadir dengan ukuran layar lebih kecil yakni 7 inci meski keduanya diklaim memiliki spesifikasi yang sama.

Beberapa hal melatarbelakangi alasan head unit Sony Mobile ES XAV-9000ES hadir belakangan. “Sebenarnya lineup yang sudah berjalan saat kami hadir Mei tahun lalu sudah termasuk yang 7 inci. Tapi memang produk ini harus melalui pengurusan sertifikasi dan lain-lain, butuh proses sehingga baru bisa masuk itu bulan ini (Februari 2024),” kata Ali lagi.

Ali saat memperkenalkan kembali head unit Sony Mobile ES XAV-9000ES

Ali saat perkenalan kembali head unit XAV-9000ES

Hadirnya Sony Mobile ES XAV-9000ES cenderung bertolak belakang dengan tren head unit berukuran besar yang ditawarkan oleh mobil-mobil listrik terbaru saat ini. “Kalau mengikuti tren saat ini betul misalnya ukuran TV itu semakin besar maka semakin dicari konsumen. Tapi dari riset kami head unit layar 7 inci itu masih ada beberapa user yang berminat karena mereka tidak mau mengubah atau enggak mau model head unit floating,” tukas pria berkacamata ini lagi.

Baca juga  Apa Itu Head Unit Mobil Single DIN dan Double DIN? Serta Rekomendasinya

“Plus kalau mereka ikut kontes, tentu akan dilihat dari total investment terhadap satu mobil. Jika dirasa seri 9500ES itu harganya mahal hampir dua kali lipat (9000ES) jadi ada alternatif. Secara spesifikasi 9000ES dan 9500 ES tidak ada perbedaan cuma beda size inch saja. Resolusi layar, material, high resolution semuanya sama,” tambahnya.

Sony Mobile ES XAV-9000ES ada fitur LDAC High-Resolution Audio wireless streaming

Sony Mobile ES XAV-9000ES ada fitur LDAC High-Resolution Audio wireless streaming

Ali memberikan informasi jika target price untuk head unit Sony Mobile ES XAV-9000ES bisa dipatok di harga 11,299 juta. Hal ini tentu berbeda signifikan dengan head unit Sony Mobile ES XAV-9500ES yang berukuran 10 inci dengan banderol harga Rp 19,5 juta.

Keunggulan Head Unit Sony Mobile ES XAV-9000ES

Sony Mobile ES XAV-9000ES hadir dengan layar 7 inci ditujukan bagi mereka yang tidak suka model floating

Sony Mobile ES XAV-9000ES hadir dengan layar 7 inci untuk yang tidak suka model floating

Meski banderolnya lebih terjangkau, head unit Sony Mobile ES XAV-9000ES bukanlah produk kacangan. “Kalau kita compare di kelasnya maka head unit ini punya range (jangkajuan audio) cukup tinggi,” beber Ali.

Head unit model Sony Mobile ES terbaru mampu menawarkan kualitas suara luar biasa plus sederet fitur canggih. Termasuk pemutar musik high-resolution, konektivitas Bluetooth, navigasi GPS, dan kontrol suara yang lebih baik.

Baca juga  5 Head Unit Mobil Terbaik 2023, Ada Basis Android!

Salah satu hasil tuning paket audio full Sony Mobile ES baru sudah terpasang di Toyota Fortuner GR besutan Cartens Audio. Tak sekadar head unit, disokong juga dengan sistem speaker premium Sony Mobile ES di berbagai titik strategis di dalam mobil, termasuk di depan, belakang, dan pintu mampu memberikan kualitas suara yang jernih, detail, dan kaya.

Sony menggunakan chip konverter audio digital (DAC) premium untuk meningkatkan kualitas suara secara menyeluruh. Sony juga mengembangkan teknologi LDAC yang memungkinkan Anda melakukan streaming audio secara nirkabel dari perangkat yang kompatibel pada pengambilan sampel 96 kHz/24-bit – sebuah peningkatan signifikan dibandingkan streaming Bluetooth konvensional.

Sony menghadirkan serangkaian alat mengesankan yang sulit ditemukan di produk lain. DSP 192-kHz/24-bit menawarkan pemrosesan suara yang sangat baik dan penyelarasan waktu yang presisi.

EQ 14-band memberi Anda kendali atas 6 saluran, dan setiap salurannya menggunakan EQ parametrik 8-band. Dikombinasikan dengan crossover 3 zona, Anda akan memiliki semua yang Anda perlukan untuk menyempurnakan speaker depan, belakang, dan subwoofer. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Asuka Car TV Rilis Head Unit Baru Untuk Pajero dan Fortuner

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika