by

Jangan Beli Toyota Innova Bekas, Sebelum Baca Ini!

Beli Toyota Innova Bekas – Membeli mobil bekas memang harus ekstra berhati-hati. Pasalnya, meski ‘hanya’ barang bekas, namun harga mobil biasanya tetap mahal.

Apalagi yang kamu berencana beli Toyota Innova bekas. Meski seken, tapi harganya tetap terbilang tinggi. Jadi kalau salah langkah ketika membeli, bisa berujung kerugian yang besar.

Karena itu, pastikan telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum membayarkan uang untuk mobil bekas incaran. Apa saja langkah-langkah-langkah beli Toyota Innova Bekas? Simak bahasan berikut:

1. Kenali Sejarahnya, Sebelum Beli Toyota Innova Bekas

beli toyota innova bekas
Toyota Innova generasi pertama yang meluncur 2004

Mobil ini sudah ada di Indonesia sejak 2004 sampai sekarang. Artinya, ada banyak mobil Toyota Innova bekas yang dijual di pasaran hingga saat ini. Salah satu penyebab larisnya Innova, lantaran predikatnya sebagai penerus Kijang.

Selain itu, kenyamanannya untuk menampung keluarga selama berkendara juga jadi alasan konsumen melakukan pembelian. Hanya saja, sejak kelahirannya, Innova memiliki banyak sekali varian.

Sebelum beli Toyota Innova bekas, kamu wajib tahu secara garis besar perbedaan varian di mobil ini.

Innova Bermesin Bensin

beli toyota innova bekas
Mesin bensin Toyota Innova sempat tersedia dalam pilihan 2.700 cc, hanya untuk generasi pertama

Di Indonesia, Innova dibagi dalam dua pilihan mesin: bensin dan diesel. Banyak yang memilih jantung mekanis bensin, lantaran dianggap minim getaran. Kemudian buangan knalpot lebih bersih (tidak berbau).

Mesin bensin juga lebih mudah dalam mencari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Di mana-mana tersedia bahan bakar bensin, baik itu oktan rendah sampai tinggi.

Innova generasi pertama, tersedia dalam dua pilihan mesin bensin: 2.0 liter dan 2.7 liter. Kedua mesin tersebut telah dilengkapi teknologi VVT-i.

Hanya saja mesin bensin 2.7 liter dikenal boros, sehingga cuma ada di Innova generasi pertama.

Innova generasi kedua yang lahir pada 2015 sampai sekarang, punya mesin serupa. Bedanya ada di teknologi Dual VVT-i. Fitur ini memastikan mesin bensin bekerja optimal dalam hal performa dan keiritan konsumsi bahan bakar.

Innova Bermesin Diesel

beli toyota innova bekas
Mesin diesel dikenal lebih irit dan punya torsi besar

Sementara itu opsi mesin diesel banyak dipilih oleh mereka yang mencari bahan bakar irit. Kemudian torsi besar untuk menaklukkan berbagai medan jalan.

Baca juga  Cara Membuat SIM Internasional Terbaru, Cepat dan Murah!

Generasi pertama Toyota Innova pakai mesin diesel 2.5L dengan induksi turbo. Jadi soal performa tidak perlu diragukan.

Menariknya lagi untuk Innova generasi kedua, kapasitas mesin dieselnya diperkecil menjadi 2.4L. Hanya saja dari sisi performa diubah semakin istimewa.

Setelah tahu sejarahnya, barulah kamu pilih. Ajukan pertanyaan ke diri sendiri, seperti mau beli Toyota Innova bekas tahun berapa? Ingin versi mesin bensin atau diesel?

Ingat, semakin baru tahun produksi kendaraan maka harga bekasnya lebih mahal. Kemudian dari sisi teknologi, Innova bekas tahun muda juga lebih modern.

2. Cek Seluruh Komponen Eksterior dan Interior Mobil

beli toyota innova bekas 002
Interior Innova generasi pertama, keluaran 2004

Kalau sudah tahu Innova bekas yang dipilih, sempatkan waktu untuk melihat bagian-bagian interior dan eksteriornya. Lihat dengan teliti satu persatu.

Sebagai gambaran, Toyota Innova generasi kedua atau reborn sudah mendapat sistem keselamatan lengkap. Di sana ada Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan dual SRS Airbags. Tidak ketinggalan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Assist Control (HAC).

Komponen keselamatan tersebut bisa kamu cek kondisinya dengan mengaktifkan mesin. Cek panel instrumen, kalau ada yang tidak beres biasanya tampak dari indikator yang menyala.

Cek juga apakah ada komponen atau bagian mobil yang telah diganti? Apakah omponen penggantinya merupakan spare part resmi keluaran Toyota? Jangan sungkan untuk mengecek secara mendetail dan bertanya, jika ada yang ingin anda tahu.

Berbagai bagian yang bisa anda cek antara lain adalah AC, radio (panel hiburan), pintu mobil, lampu-lampu, tombol-tombol di dashboard, dan beberapa bagian lainnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan semestinya.

Eksterior dan Bodi Mobil

beli toyota innova bekas 004
Innova 2015, eksteriornya seperti ini

Yang tak kalah penting juga, perhatikan eksterior mobil. Cermati sekujur bodi Innova beks yang akan anda beli untuk menemukan berbagai kekurangan yang mungkin ada. Jika membeli mobil bekas, anda tidak bisa mengharapkan mobil yang ‘sempurna’ seperti ketika membeli baru dari dealer.

Ada kemungkinan catnya sudah kusam atau bahkan mengelupas. Jika menemukan berbagai kekurangan seperti itu, pastikan untuk menunjukkannya kepada pemilik, sehingga kedua pihak nantinya akan bisa memiliki pandangan yang sama soal kondisi mobil. Tentunya harapan kita, banderolnya bisa lebih murah.

Baca juga  Diskon Toyota Innova dan Fortuner Tembus Rp100 Juta, Kok Bisa?

Baca juga:

3. Cek Kondisi Mesin dan Performa Mobil

mesin innova 001
Tersedia pilihan mesin bensin dan diesel di Innova, kamu wajib test drive sebelum beli mobil bekas

Tips Membeli Toyota Innova bekas selanjutnya, cek kondisi mesin dan performa mobil. Cara gampang adalah dengan menyalakannya. Kalau di-starter saja sudah sulit, ada kemungkinan kondisi mesinnya juga kurang terjaga.

Jika mesin sudah menyala, dengarkan suara mesinnya. Cermati jika ada yang janggal atau suara yang tidak seharusnya. Jangan ragu untuk mencoba performa mobil. Rasakan bagaimana tarikan akselerasi dari dapur pacu Innova bekas itu.

Dengan merasakan sendiri kondisi mobil yang akan dibeli, anda akan bisa membuat keputusan dengan mantap apakah akan membeli mobil tersebut atau tidak.

Masalah Utama Beli Toyota Innova Bekas

Toyota Kijang Innova Reborn
Sebagai mobil keluarga, kaki-kaki biasanya sering bermasalah, lantaran penggunaannya sering untuk perjalanan jauh

Sebelum beli Toyota Innova bekas, kamu wajib cek beberapa hal secara teliti. Ketika test drive, coba rasakan beberapa kondisi berikut:

  • Kaki Kaki Tidak Nyaman: Kamu wajib mengerti kalau Toyota Innova adalah mobil keluarga. Alhasil perjalanan yang dilalui bisa sangat jauh. Tentu kaki-kaki mobil biasanya bermasalah kalau usianya sudah tidak muda. Maka, perhatikanlah kualitas bantingan dan kestabilan mobil saat melaju cepat. 
  • Mesin Brebet: Toyota Innova merupakan salah satu mobil yang ada di kelas menengah. Penggunaan bahan bakarnya juga harus baik, seperti oktan tinggi (minimal RON 92). Kalau pengguna sebelumnya selalu pakai bensin dengan oktan rendah, maka mesin bakal bermasalah seperti brebet. Solusinya kalau sudah terlanjut beli, segera lakukan gurah mesin. Kemudian kamu usahakan selalu pakai bahan bakar RON 92 ke atas.

4. Lihat Catatan Servis Mobil

Toyota Kijang Innova 2004
Wujud Toyota Innova generasi pertama

Ciri mobil bekas berkualitas adalah yang rutin diservis di bengkel yang bagus. Bengkel biasanya akan memberikan catatan setiap kali melakukan servis terhadap mobil. Dengan melihat catatan servis ini, anda juga akan bisa melihat berbagai masalah yang dihadapi oleh mobil tersebut selama dipakai oleh pemilik sebelumnya.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Sienna, Alphard Kalah Mewah?

Catatan servs (Service Record) dari bengkel berkualitas yang lengkap akan membuat harga Toyota Innova bekas menjadi lebih mahal. Mobil yang diservis secara rutin kondisinya lebih terjaga. Selain itu, servis teratur juga mencerminkan kepribadian pemilik yang sayang mobil dengan merawatnya secara baik.

5. Periksa Kelengkapan Dokumen Mobil Sebelum Beli Toyota Innova Bekas

BPKB mobil
Cek surat kendaraan sebelum putuskan beli Toyota Innova bekas

Yang tak kalah pentingnya dari kondisi mobil adalah kelengkapan surat-suratnya. Ketika membeli mobil, pastikan anda juga mendapatkan BPKB dan STNK asli. Setelah mendapatkan surat-surat tersebut, segera cek keasliannya baik secara mandiri maupun di petugas berwenang. Jangan sampai tertipu dengan surat-surat palsu yang dipakai untuk menjual mobil curian.

Kelengkapan administrasi ini akan penting jika anda ingin memperpanjang pajak kendaraan atau melakukan balik nama. Selain itu, tanpa surat-surat tersebut, anda juga tidak akan bisa menjual kembali mobil anda itu dengan harga yang semestinya.

6. Jangan Tergoda Harga yang Terlampau Murah

Sediakan uang lebih, ketika ingin beli
Saat membeli mobil bekas, kamu juga perlu sediakan uang tambahan untuk perbaikan

Salah satu senjata para penipu adalah menawarkan mobil dengan harga yang kelewat murah. Orang yang sedang mencari mobil bekas tentu akan tertarik untuk membeli dengan harga yang miring. Namun setelah membayar, ternyata si penjual tidak bisa memberikan Innova yang dijanjikan. Di kasus lain, mobil yang diberikan tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Selalu lakukan perbandingan harga sebelum membeli sehingga anda tahu berapa ahrga pasaran mobil yang anda incar. Jika anda bisa mendapatkan mobil berkualitas bagus dengan harga murah, itu bagus. Tapi jangan tergoda dengan janji manis dengan iming-iming harga yang murah.

Tabel Harga Beli Toyota Innova Bekas 

Tahun Produksi Toyota Innova Bensin Toyota Innova Diesel
2004 – 2008 Rp85 – 115 Jutaan Rp130 – 160 Jutaan
2009 – 2014 Rp115 – 150 Jutaan Rp160 – 200 Jutaan
2015 – 2019 Rp150 – 300 Jutaan Rp200 – 380 Jutaan

Setelah mengetahui, tips beli Toyota Innova bekas. Kira-kira kamu mau beli yang bermesin bensin atau diesel? Jangan lupa tulis jawabannya di kolom komentar ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru