Prediksi MPV DFSK yang Cocok Masuk Indonesia (Bag. 1)

MPV DFSK Indonesia – Sejauh ini Dongfeng Sokonindo (DFSK) memang lebih fokus di segemen SUV untuk pasar Tanah Air. Lihat saja lini produk mereka: Glory 560, Glory 580, Glory i-Auto, dan Gelora.

Tiga produk yang disebut di awal, semuanya SUV. Cuma Gelora dengan predikat Minivan. Itu juga spesialisasinya untuk berniaga, bukan pemakaian pribadi atau keluarga.

Lalu kapan kira-kira MPV DFSK bakal hadir meramaikan pasar otomotif Indonesia? Sesungguhnya petinggi pabrikan asal Cina tersebut pernah mengatakan, tidak dalam tahun ini.

Meski demikian, potensi produk MPV DFSK dipasarkan pada tahun depan tentu ada. Terlebih pasarnya cukup besar. Lihat saja popularias Mitsubishi Xpander, Toyota Kijang Innova, Daihatsu Sigra, dan lain-lain.

Kalau MPV DFSK Dijual Di Indonesia, Harga Harus Murah!

MPV DFSK
Interior Dongfeng Glory 370, istimewa dengan layar sentuh besar 10,5 inci

Salah satu kelebihan mobil-mobil dari pabrikan Tiongkok, punya banyak fitur dan harganya murah. Itulah yang sudah dilakukan DFSK saat memasarkan produk SUV.

Lihat saja DFSK Glory 580 dengan mesin 1.500 cc turbo layaknya Honda CR-V. Meski jantung mekanis serupa, namun dari sisi harga, Glory 580 bisa miring hampir setengah CR-V.

Kalau MPV DFSK benar-benar dijual di Indonesia, tentu strategi harga murah itu perlu dipertahankan. Dalam hal kualitas pun perlu dijaga. Jangan sampai karena harganya murah, kualitas jadi nomor dua.

Bagaimana dengan kesiapan produk MPV-nya? Donfeng Motor Corporation (DFM) selaku induk DFSK ternyata memiliki banyak produk MPV. Bila melihat laman resmi DFM, totalnya ada 11 model.

Lalu kira-kira produk MPV DFM apa yang cocok dijual DFSK di Tanah Air? Simak bahasan berikut:

Baca juga:

S500, MPV Penantang Toyota Kijang Innova

Dongfeng S500 punya dimensi bongsor sekelas Toyota Kijang Innova

Kehadiran MPV DFSK tentu ditunggu masyarakat Indonesia, terlebih bila bisa menawarkan harga yang terjangkau. Salah satu model yang menarik adalah S500.

Mobil ini punya dimensi bongsor persis Toyota Kijang Innova dan Wuling Cortez. Panjangnya 4.630 mm, lebar 1.910 mm, dan tinggi 1.720 mm.

Kabinnya begitu nyaman, muat 7-orang. Konfigursi bangku tengah pakai captain seat sehingga penumpang lebih rileks saat melewati perjalanan jarak jauh.

Ada pula fitur-fitur kenyamanan seperti AC double blower, head unit layar sentuh, dan sunroof. Soal keselamatan, tersedia fitur 360 panoramic, ESP, ABS, EBD, BA, dan airbag yang mengelilingi kabin.

Terkait mesin, tersedia pilihan 1.500 cc atau 1.600 cc, semuanya berbahan bakar bensin. Mesin 1.600 cc miliknya bisa memuntahkan torsi hingga 151 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 120 hp pada 6.000 rpm. Padanannya sistem transmisi CVT.

Glory 360 Siap Jadi Rival Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza

MPV DFSK
Mobil ini bisa bersaing dengan Toyota Avanza, lantaran punya pilihan mesin serupa: 1.300 cc dan 1.500 cc

Dimensi Glory 360 sedikit lebih besar dari Mitsubishi Xpander. Kabinnya dapat memuat 7 penumpang. Kemudian ada fitur kenyamanan seperti head unit layar sentuh, AC double blower, dan lain-lain.

Soal keselamatan, ada Airbag untuk pengemudi dan penumpang. Lalu ABS, EBD, kamera mundur, dan sensor parkir. Rem cakram juga hadir di keempat roda.

Paling menarik dari mobil ini, punya dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Bila MPV tersebut dijual DFSK di Indonesia, tentu bisa jadi saingan Toyota Avanza yang memiliki opsi mesin serupa.

Soal performa, Glory 360 versi 1.500 cc bisa mengeluarkan torsi hingga 141 Nm dan tenaga maksimal 110 hp. Di atas kertas, kemampuannya juga serupa Toyota Avanza. Kekurangannya, MPV ini cuma tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan.

Bersambung…

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *