Sabtu, Maret 2, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

23 Bagian Mobil dan Fungsinya yang Penting Diketahui

by Baghendra Lodra
bagian mobil

Ada banyak bagian mobil yang perlu dikenali, terlebih lagi jika kamu adalah seorang pemilik mobil. Hal ini penting karena mengingat dalam perawatannya, ada bagian mobil yang tidak boleh terkena listrik atau komponen lain yang perlu pemeliharaan yang tidak bisa sembarangan. Dengan mengetahui berbagai komponen yang ada di mobil, kamu juga bisa mengetahui sumber masalah dengan lebih mudah. 

Nah, apa saja bagian mobil dan fungsinya? Jika kamu masih asing dan baru dengan hal tersebut, pastikan kamu membaca artikel kali ini hingga selesai, ya!

Komponen Penting Mobil

1. Aki

aki mobil - bagian mobil

Aki merupakan komponen penting untuk sumber kelistrikan mobil

Seperti yang kita tahu bahwa kendaraan mobil didukung berbagai kelistrikan. Sumber utama listrik yang ada di mobil tersebut adalah aki. Aki akan menyebarkan listrik ke komponen mobil lain, salah satunya adalah memberi tenaga saat starter mobil. Jika aki mulai habis, starter mobil akan lebih sulit dan kendaraan tidak bisa dihidupkan. Sehingga kamu perlu melakukan perawatan mobil secara berkala dan segera isi aki jika sudah habis.  

2. Kompresor AC

bagian mobil - kompresor ac mobil

Guna kompresor AC untuk menghisap freon dan menyalurkannya ke kondensor

Ketika kamu menghidupkan mesin mobil, selain mesin yang menyala, AC mobil kamu juga akan langsung menyala. AC yang dapat menyala tersebut diberi tenaga oleh kompresor AC. Sistem kompresor AC ini bekerja dengan cara menghisap freon dan menyalurkannya ke kondensor. Kompresor AC juga sering disebut dengan pusat kendali sistem AC.

3. Tangki bensin

tangki bensin - bagian mobil

Ilustrasi tangki bensin yang bocor

Bagian tangki bensin berada di bagian kiri atau janan mobil. Bisa jadi di setiap mobil memiliki letak yang berbeda-beda. Tangki bensin juga dikenal dengan fuel tank yang berguna untuk menjadi tempat bahan bakar tertampung. Cara mudah untuk mengetahui dimana letak tangki bensin bisa kamu lihat dari dimana letak ujung knalpot mobil. Posisi tangki bensin berada berkebalikan dari ujung knalpot mobil. Jika knalpot mobil berada di kanan, artinya tutup tangki bensin mobil tersebut ada di sebelah kiri pun sebaliknya. Ini sudah menjadi hal yang pasti terjadi, ya. 

4. Radiator

radiator mobil - bagian mobil

Isi radiator sebaiknya tidak pakai air keran

Taukah kamu jika mesin overheat bisa menyebabkan berbagai hal buruk pada kendaraan? Mesin yang terus bekerja akan menghasilkan panas. Dan agar tidak overheat atau panas berlebih, ada bagian mobil yang bernama radiator. Fungsi radiator mobil adalah mengawasi dan menjaga agar suhu mesin mobil tetap dalam keadaan normal.

Oleh karena itu, pastikan selalu air radiator terisi optimal dan isi dengan coolant yang sesuai dengan peruntukannya. Jika kamu isi radiator pakai air keran, maka bisa menyebabkan kerak di saluran pendingin mesin dan jadi penyumbat. Ujung-ujungnya mesin bisa overheat.

5. Transmisi

Teknologi Transmisi D-CVT - bagian mobil

Transmisi D-CVT di mobil Avanza

Transmisi adalah bagian mobil yang terhubung dengan mesin melalui kopling. Transmisi mobil ini berbentuk pedal atau tuas yang nantinya akan mengatur kecepatan mesin melalui kopling. Pengaturan transmisi mobil salah satunya disesuaikan dengan kondisi jalan yang akan kamu lalui dan bebannya. 

Umumnya ada dua jenis transmisi yaitu manual dan otomatis. Sementara untuk transmisi otomatis dibagi lagi menjadi CVT, Dual Clutch, serta AGS.

6. Piston

Bagian mobil yang bernama piston ini tugas utamanya adalah menghantarkan panas yang berguna untuk menekan campuran udara dengan bahan bakar, memproses daya pembakaran menjadi tenaga mekanik hingga menekan gas dari sisa pembakaran bahan bakar tersebut agar keluar. Tidak hanya itu, piston juga berfungsi mengelola volume dan menarik udara agar masuk ke bagian silinder mobil. 

7. Kopling

Saat akan mengendarai mobil, kopling adalah salah satu hal yang harus kamu kenali terlebih dahulu. Kopling mobil merupakan bagian yang menghubungkan poros engkol dengan gigi transmisi sehingga akan terjadi perubahan kecepatan mesin. Ketika dihubungkan, roda bagian belakang akan bergerak dengan kecepatan tertentu.

8. Dinamo dan radiator kipas

Motor listrik atau dinamo yang ada di kipas mobil ini berfungsi menggerakkan kipas, sedangkan radiator kipas mobil adalah bagian yang menjaga agar mesin dan rangkaian kipas berada dalam suhu yang wajar agar tidak overheat. 

9. Filter udara

perawatan filter udara mobil

perawatan filter udara mobil bisa dilakukan sendiri

Bagian mobil yang penting satu ini bisa mempengaruhi kualitas kinerja bagian lain, lho. Filter udara berperan untuk menyaring debu, kotoran, dan benda asing yang mengarah masuk ke bagian mesin. Jika tanpa filter udara, debu serta kotoran tadi perlahan akan mengurangi kinerja mesin dan dalam jangka panjang juga bisa merusak bagian-bagian lainnya. Untuk itu, selalu cek kondisi filter udara jika sudah menyentuh jarak tempuh 10.000 kilometer dan bersihkan secara berkala.

10. Catalytic converter

Catalytic converter pemicu kebarakan mobil

Catalytic converter bisa jadi pemicu kebarakan mobil

Catalytic converter adalah sebuah perangkat yang umumnya yang tersedia di mobil berbahan bakar diesel maupun bensin untuk mengatur keluaran gas buang dari hasil pembakaran. Alat ini adalah katalisator yang menyaring hidrokarbon dan jenis zat berbahaya lain lalu mengubah polutan-polutan tersebut menjadi gas karbondioksida dan uap air. 

Ketika bekerja, catalytic converter memiliki panas yang sangat tinggi. Nah, ini bisa jadi pemicu kebakaran mobil, terutama saat mobil parkir di daerah semak-semak kering. Panas tinggi di komponen tersebut dapat memicu percikan api ke daun kering, sehingga memicu kebakaran mobil.

11. Cakram mobil

rem cakram - bagian mobil

Cakram merupakan komponen pengereman yang banyak digunakan mobil-mobil modern

Disc brake atau rem cakram mobil adalah bagian dari sistem pengereman yang ada di dalam mobil. Seperti namanya, disc brake berbentuk seperti cakram atau piringan yang berada di antara dua kanvas. Dengan begitu, ketika diaktifkan atau digunakan, cakram mobil akan memperlambat perputaran pada ban. 

12. Shock absorber

shock absorber - bagian mobil

Guna shock absorber meredam guncangan di mobil

Bagian mobil ini merupakan peredam guncangan dan benturan berupa per yang dilengkapi dengan sistem pegas. Fungsi shock absorber tidak hanya berpengaruh ke kenyamanan penumpang saja, tetapi bagian ini juga memastikan bahwa bagian permukaan ban tetap berada dan mengenai permukaan jalan.

Selain itu, jika shock absorber atau shock breaker rusak, ditakutkan bisa merusak bagian lain. Ciri-ciri kerusakannya bisa diketahui lewat bantingan yang keras, serta ada kebocoran oli.

13. Busi

busi - bagian mobil

Busi berfungsi memantik api untuk terjadinya pembakaran di mesin

Busi mobil berfungsi untuk membuat percikan api yang disalurkan ke ruang bakar mesin agar terjadi pembakaran pada bahan bakar dan campuran udara yang terkompresi di dalamnya. Jika bagian busi rusak, mobil bisa saja tidak optimal dan tersendat-sendat saat dijalankan. Untuk itu, ada baiknya untuk mengganti busi mobil setiap minimal 10.000 dan maksimal 20.000 kilometer.

14. PCM

PCM adalah singkatan dari powertrain control module. Modul yang sering disebut otak mobil ini terdiri dari TCM atau transmission control module dan ECU atau Engine control unit. Seperti namanya, bagian ini merupakan perangkat elektronik yang berfungsi mengontrol dan memastikan aliran tenaga bisa sampai ke seluruh bagian dengan baik di dalam mobil. Tidak hanya itu, bagian ini juga mengatur laju bahan bakar serta menjadi tempat dimana data sensor mobil terkumpul.

15. Velg

Velg mobil - bagian mobil

Velg mobil umumnya terbuat dari bahan alloy

Bagian mobil yang bernama velg merupakan tempat untuk ban menempel. Fungsi velg adalah membuat ban berbentuk bulat sempurna, sehingga mobil bisa melaju secara normal. Oleh karena itulah velg mobil harus selalu dijaga kondisinya, jangan sampai penyok atau pecah. Jika bentuk velg tidak standar lagi, maka laju mobil jadi tidak normal.

Bagian Mobil Lainnya

Selain daftar bagian mobil yang penting di atas, ada banyak bagian mobil lain yang bisa kamu kenali terlebih dahulu. 

16. Wiper

wiper mobil -bagian mobil

Wiper harus dirawat agar optimal dalam menyeka air di kaca

Wiper mobil adalah bagian yang berfungsi untuk membersihkan bagian kaca secara otomatis. Bagian ini akan sering digunakan saat kondisi hujan. Fungsinya menyeka air di kaca, sehingga pandangan akan lebih jelas untuk melihat medan yang dilalui.

17. Speedometer

speedometer Rush GR Sport

Speedometer kombinasi analog dan digital

Informasi yang terlampir di speedometer mobil ada beragam. Mulai dari mengetahui berapa jauh jarak tempuh yang sudah kamu lalui hingga tinggi kecepatan berkendara kamu saat ini. 

18. Ban

Ban mobil menjadi bagian yang penting untuk dilakukan pengecekan berkala, terutama setiap akan melakukan perjalanan yang cukup jauh. Untuk mengisi tekanan angin pada ban mobil, kenali juga berapa tekanan yang pas untuk mobil kamu. 

Baca juga : Berapa Tekanan Angin Ban Mobil yang Pas? Awas Keliru

19. As mobil (axle)

Axle atau as mobil adalah bagian poros dan pusat pada roda. Komponen ini bertugas meneruskan gerakan atau putaran yang dihasilkan dari transmisi ke roda mobil. 

20. Muffler knalpot mobil

Muffler adalah peredam suara pada knalpot saat ada gas yang dibuang. Bentuk muffler yaitu seperti tabung lonjong dan berada di dekat ujung knalpot mobil. 

21. Alternator

Alternator atau dinamo mobil adalah penyalur listrik dari sumber daya ke berbagai bagian mobil lain seperti AC, tape mobil, mesin mobil, wiper ketika dinyalakan dan lampu mobil. Dinamo ini juga mendukung saat proses pengisian aki. Jika alternator rusak atau bermasalah, aki mobil kamu bisa habis dalam durasi waktu yang tidak biasa dan lebih cepat. 

22. Airbag

Airbag merupakan bagian keselamatan pada mobil yang akan keluar jika terdapat indikasi kecepatan tertentu. Airbag mobil akan mengembang ketika mobil melaju paling lambat 20-30 km / jam. Bagian ini dapat meminimalisir adanya benturan kepala jika terjadi kecelakaan dan melindungi bagian yang tidak bisa dilindungi hanya dengan seat belt saja.

23. Differential mobil

Differential mobil atau gardan adalah komponen di bagian bawah mobil yang berada di roda depan dan roda belakang. Gardan mobil berfungsi membagi gerakan putaran dari transmisi. 

Itulah informasi yang bisa kami bagi pada artikel kali ini. Jika kamu tertarik untuk membaca artikel terkait otomotif lainnya, cek kumpulan informasi terbaru yang ada di Blog Moladin. Tidak hanya sebagai platform jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia, Moladin juga memiliki mobil berkualitas premium dengan garansi lengkap. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika