by

5 Penyebab Aki Mobil Tekor, Pelajari Dengan Benar!

Saat mobil terasa sulit dihidupkan, biasanya yang jadi penyebab aki mobil tekor. Hal ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, jadi pemilik mobil sebaiknya mengetahui solusinya.

Mengingat peran aki begitu penting bagi sebuah kendaraan untuk dapat menyalakan, dan menyuplai listrik ke sejumlah komponen ketika mobil berjalan. Saat aki mulai lemah, biasanya akan mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Gejala yang paling sering terjadi ketika aki mobil soak, biasanya mobil tidak bisa di starter dan sejumlah komponen kelistrikan tidak akan berfungsi dengan baik. Nahasnya, ketika aki mobil soak, mobil akan sulit dinyalakan di pagi hari, ketika kamu ingin berangkat aktivitas.

Nah, buat kalian yang ingin tahu penyebab aki mobil tekor. Berikut ini Moladin merangkum beberapa hal yang menyebabkan aki mobil soak.

1. Penyebab Aki Mobil Tekor, Karena Mobil Jarang Digunakan

Penyebab aki mobil tekor
Penyebab aki mobil tekor, karena jarang dipanaskan

Hal yang paling sering jadi penyebab aki mobil tekor,mungkin karena mobil jarang digunakan. Karena aki tidak mendapatkan suplai kelistrikan yang cukup sehingga membuat kapasitas aki jadi tidak optimal.

Maka penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk rutin minimal memanaskan kendaraan minimal seminggu sekali. Supaya asupan listrik ke aki tetap dalam kondisi optimal.

2. Mobilitas Tinggi Menyebabkan Aki Cepat Soak

cara merawat aki kering motor
Aki yang bermasalah bisa menyebabkan sistem kelistrikan bermasalah

Kendala yang jadi penyebab aki mobil tekor selanjutnya bisa dikarenakan oleh intensitas penggunaan mobil yang terlalu tinggi. Mobil yang dipakai bekerja keras setiap hari, juga membutuhkan daya listrik yang besar. Alhasil aki bekerja ekstra yang otomatis akan mengurangi usia pakai.

Baca juga  7 Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Penting untuk diingat, bahwa setiap komponen mobil memiliki usia pakai. Jika kendaraan sering digunakan, biasanya menyebabkan komponen cepat rusak.

Contoh mobil dengan mobilitas tinggi seperti taksi, angkutan umum, dan mobil rental. Supaya aki mobil tidak mudah tekor, kamu bisa beri kendaraan waktu istirahat. Jangan dipaksa kerja keras terus-menerus.

3. Air Aki Berkurang atau Habis

cara merawat aki basah
Aki basah punya ciri bodinya berwarna putih transparan yang memudahkan pemilik kendaraan melihat ketinggian cairan elektrolit.

Bagi kalian yang masih menggunakan aki basah, biasanya penyebab aki mobil tekor disebabkan oleh air aki yang berkurang ataupun habis. Untuk itu, sebaiknya pemilik mobil rajin untuk melakukan pengecekan kondisi aki.

Apabila dirasa kondisi aki surut ataupun habis, segera lakukan pengisian aki. Karena jika dibiarkan dalam kurun waktu yang lama, maka bisa menyulitkan Anda ketika ingin ataupun saat berkendara.

4. Penggunaan Aksesori yang Berlebihan

Proses akhir membersihkan reflektor lampu mobil
Jangan gunakan aksesori berlebihan, karena menyebabkan aki cepat soak

Saat kalian memutuskan untuk memodifikasi kendaraan, sebaiknya harus memerhatikan kondisi kelistrikan kendaraan. Jangan sampai melebih kapasitas, karena bisa jadi penyebab aki mobil tekor.

Contohnya upgrade sistem audio, tanpa memperhatikan kapasitas aki mobil. Mengingat perangkat audio membutuhkan daya listrik yang tentunya besar, alhasil tentunya sistem kelistrikan khususnya aki harus disesuaikan.

Baca juga  Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak

Ketika memaksakan perangkat audio dengan aki yang kurang mumpuni. Lama-kelamaan daya aki tersedot habis, alhasil berpotensi merusak aki mobil sering tekor ataupun soak.

Selain itu, perangkat yang berpotensi jadi penyebab aki mobil tekor karena penggunaan lampu HID dan lampu projector. Sebelum memasang lampu tersebut, sebaiknya kamu ketahui berapa daya yang dibutuhkan, sehingga bisa mengganti aki mobil dengan ampere yang lebih besar, supaya suplai listriknya sesuai.

Tak hanya sistem audio, penggunaan lampu yang tak sesuai standar juga menjadi salah satu penyebab aki mobil sering tekor. Sebelum memodifikasi mobil dengan menambahkan sistem audio, lampu HID dan lampu projector, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu berapa daya yang dibutuhkan, sehingga kita bisa mengganti aki mobil dengan ampere yang lebih besar agar kebutuhan dayanya sesuai.

5. Aki yang Telah Termakan Usia

Mengecek busi mobil
Rutin mengecek aki, membuat usia pakai lebih panjang

Seiring dengan umur mobil yang mulai menuai, biasanya sesuai dengan usia aki yang digunakan. Aki yang sudah berusia tua, biasanya membuat kemampuan menyimpan daya aki semakin berkurang.

Sebagai gambaran, usia pakai aki mobil biasanya dalam kurun waktu 2-3 tahun. Ketika memasuki usia tersebut, setidaknya pemilik mobil perlu untuk melakukan penggantian.

Baca juga  Berapa Lama STNK Keluar dari Dealer? Ini Jawabanya

Kebanyakan, mobil-mobil terbaru saat ini sudah menggunakan aki basah. Selain karena lebih awet, aki tipe basah juga sangat mudah perawatannya.

Umumnya usia pemakaian aki standar semua rata-rata dealer mobil memberikan garansi aki hingga 2 tahun atau 50.000 km. Jika aki mobil sering tekor alias drop sebelum masa garansi habis biasanya aki akan diganti baru dan gratis oleh dealer resmi.

Jika kalian melakukan perawatan aki dengan benar, biasanya usia pakai aki mobil akan lebih tahan lama. Maksimal penggunaan aki standar biasanya mencapai usia tiga tahun bila dirawat dengan benar.

Khusus untuk aki produk aftermarket tertentu, terlebih dengan harga murah. Biasanya aki itu memiliki garansi antara 6 bulan hingga 1 tahun atau dalam jarak tempuh sejauh 25.000 km.

Untuk panjang usia pemakaian aki mobil sendiri juga biasanya ditentukan dari cara penggunaan si pemilik mobil. Kalau ingin aki awet, sebaiknya gunakan komponen yang sesuai standar pabrikan. Semoga informasi mengenai penyebab aki mobil tekor ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga:

Terbaru