oleh

3 Kelebihan Mazda CX-8 2022, Santa Fe Lewat!

Kelebihan Mazda CX-8 2022 wajib kamu tahu. Apalagi jika saat ini kamu berencana membeli sebuah SUV bongsor.

Nama CX-8 memang tidak terlalu populer. Walau demikian, bukan berarti tidak istimewa. PT Eurokars Motor Indonesia resmi merilis Mazda CX-8 terbaru pada akhir juli 2022. Model facelift ini menggantikan generasi sebelumnya yang rilis di Indonesia pada 2019.

Banyak pembaruan yang terjadi pada mobil SUV berlogo M ini. Mulai dari penggunaan captain seat, tampilan lebih elegan, hingga kehadiran berbgai fitur modern. Jadi wajar, ketika kini harganya tembus Rp 795,5 juta. 

Ya, kalau bicara kekurangan Mazda CX-8 2022 adalah harganya yang terbilang mahal. Banderol ini adalah yang termahal dibanding para kompetitor. Tidak percaya? Ambil contoh Hyundai Santa Fe Signature bensin yang dijual cuma Rp 679 juta (OTR Jakarta). Atau bahkan Toyota Fortuner 2.7 bensin GR Sport hanya Rp 584,7 juta (OTR Jakarta). 

Meski begitu tetap saja mobil tersebut pantas dibeli. Berikut kami beberkan kelebihan Mazda CX-8 terbaru. Tidak lain, supaya bisa jadi jadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli unitnya.

1. Mesin CX-8 Paling Bertenaga di Kelasnya, Santa Fe dan Fortuner Kalah

Kelebihan Mazda CX-8
Mesin bensin 2.500 cc milik Mazda CX-8 lebih bertenaga dibanding Hyundai Santa Fe dan Toyota Fortuner bensin

Kelebihan Mazda CX-8 yang pertama adalah di sektor mesin. Di antara kompetitornya, performa mobil SUV berlogo M ini paling bertenaga.

Meski mesin yang digunakan tetap sama dengan model lama, tapi performanya masih yang terbaik. Di atas kertas CX-8 mengaplikasikan konfigurasi  SKYACTIV-G 2.500 cc 4 silinder DOHC. Tenaganya tembus 190 PS yang bisa dicapai pada 6.000 RPM dan torsi 252 Nm pada 4.000 rpm. Performa tersebut disalurkan melalui penggerak roda depan (FWD), dengan transmisi 6 speed otomatis.

Baca juga  Awal 2022, Harga All New Honda BR-V Naik!

Coba bandingkan dengan Toyota Fortuner bensin bermesin 2.700 cc. Mobil SUV Toyota tersebut hanya sanggup mengeluarkan tenaga 163 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsi puncak 247Nm pada 4.000 rpm.

Selain itu kompetitor lainnya Hyundai Santa Fe yang juga pakai penggerak roda depan, CX-8 pun masih unggul. Pasalnya mesin SUV berlogo H miring cuma menghasilkan torsi 232 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 180 PS pada 6.000 rpm.

2. Captain Seat Meningkatkan Aura Mewah di SUV

Kelebihan Mazda CX-8
Captain seat dibalut bahan Nappa Leather, yang membuatnya terasa mewah dan nyaman diduki.

Kelebihan Mazda CX-8 lainnya ada di sektor interior. Meski mengusung konsep SUV, penumpang belakang CX-8 terbaru dibuat senayaman mungkin dengan konfigurasi Captain Seat pada baris kedua. Ini tentu membuat penumpang belakang terasa spesial.

Duduk di belakang juga semakin personal karena dilengkapi dengan Center Console, serta seat ventilation. Tidak hanya itu, kursi baris kedua ini juga dijejali berbagai fitur. Mulai dari Adjustable head restraints, electrically adjustable, Seat warmer & seat ventilation, Centre console with USB port & cup holder Sunshade, Reclining, serta 50:50-split fold-down mechanism.

Captain seat CX-8 juga sudah dibalut bahan nappa leather, yang membuatnya terasa mewah dan nyaman diduki. Lebih penting lagi, jok kulit menjadikan mudah dibersihkan ketika terkena kotoran.

Baca juga  Konsumsi BBM Hyundai Creta, Seirit Apa?

“Captain seat itu untuk orang yang ingin menikmati berkendara dengan supir. Jadi di second row, kami berikan bukan cuma fitur komplit, tapi kenikmatannya,” kata Managing Director PT EMI, Ricky Thio.

Spesifikasi Mazda CX-8 2022 di interior dengan captain seat tentu jadi kelebihan tersendiri dibanding kompetitor. Pasalnya belum ada SUV bongsor yang memilikinya seperti Hyundai Santa Fe, Toyota Fortuner, hingga Mitsubishi Pajero Sport.

Saat ini mobil SUV yang bisa menghadirkan captain seat pada konfigurasi penumpangnya, baru dihuni oleh Hyundai Palisade dan Mazda CX-9. Keduanya berada satu level di atas CX-8, serta harganya pun lebih mahal.

3. Desain Mazda CX-8 yang Elegan Jadi Pembeda dengan Kompetitor

Kelebihan Mazda CX-8
Aliran garis body yang lebih tegas mulai dari depan hingga ke bagian buritan. Menurut Mazda Indonesia, hal ini karena mereka memang fokus pada pengembangan proporsi dan detail di beberapa bagian eksteriornya.

Kelebihan Mazda CX-8 2022 berikutnya ada di sektor desain yang terbilang elegan. SUV berlogo M ini menawarkan guratan khas KODO-DESIGN yang berkualitas tinggi.

Kemudian dipoles dengan penggunakan teknik pengecatan TAKUMI-NURI.  Menurut Mazda, teknik tersebut adalah teknologi yang menggabungkan antara kombinasi warna, highlight, bayangan, dan kedalaman warna untuk menghasilkan pantulan terbaik dan eksklusif.

Facia Mazda CX-8 juga terlihat lebih segar dengan adanya penyematan grille baru berdesain bergaris-garis vertikal. Selain itu adanya aliran garis body yang lebih tegas mulai dari depan hingga ke bagian buritan. Menurut Mazda Indonesia, hal ini karena mereka memang fokus pada pengembangan proporsi dan detail di beberapa bagian eksteriornya.

Baca juga  VW Tiguan Allspace Sport Meluncur, Sambut Hari Merdeka

Lainnya pada desain eksterior, mobil ini terlihat semakin gagah sebagai SUV dengan adanya penambahan ornamen roof rail serta sentuhan baru pada bumper depan yang dibuat lebih rendah dari model sebelumnya.

Lampu utamanya terlihat mewah dengan mengaplikasi lampu utama berteknolgi LED dengan adaptive front lightning system. Tidak sampai disitu, kecanggihan lampu penerangan Mazda CX-8 masih berlanjut dengan penggunaan fitur automatic leveling.

Di mana system lampu ini akan menyorot mengikuti kondisi jalan. Selain itu lampu ennerangan utama juga dibekali dengan Daytime running lamp (DRL), Lighting signature, dan Automatic on/off function

Lalu spesifikasi Mazda CX-8 2022 dari sisi dimensi memiliki panjang 4.900 mm, lebar 1.840 mm dan tinggi 1.730 mm. Bodinya lebih panjang 115 mm dan tinggi 20 mm dibanding Santa Fe, tapi lebih ramping sekitar 60 mm.

Mazda CX-8 baru juga dibekali dengan pelek yang berpenampilan lebih tegas berukuran 19-inci berdesain mewah. Ini membuatnya tampil dinamis. 

Secara keseluruhan tampang SUV berlogo M ini tentu sangat berbeda dibanding Hyundai Santa Fe selaku kompetitor yang terkesan agresif. Kalau dengan Fortuner bensin juga beda jauh, karena mobil Toyota tersebut punya tampilan gagah.

Oleh karenanya, CX-8 lebih pas untuk konsumen yang menginginan mobil berpenampilan lebih kalem dan terkesan mewah. Tapi ingat, perlu kantong tebal untuk bisa meminangnya. Demikian ulasan terkait kelebihan Mazda CX-8. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Buat kamu yang belum tahu, Moladin adalah platform mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Sudah tersedia di 135 kota dengan 40.000 agen dan dealer, jadi kalau kamu mau beli mobil bekas di Moladin aja. 

Terbaru