Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Hyundai Santa Fe Produksi Cikarang Siap Meluncur?

by Firdaus Ali
Harga mobil Hyundai bulan April 2023

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) semakin tancap gas dalam memproduksi mobil di dalam negeri semenjak pabrik mereka berdiri. Terbaru, dikabarkan Hyundai Santa Fe produksi Cikarang bakal hadir pada akhir 2022.

Manajemen Hyundai Indonesia terus berupaya memproduksi mobil di pabrik mereka di Kawasan industri Deltamas, Cikarang. Setelah Hyundai Creta dan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipastikan diproduksi di Indonesia, giliran mobil SUV mereka yaitu Hyundai Santa Fe segera menyusul.

Informasi mengenai Hyundai Santa Fe produksi Cikarang bakal meluncur tersebut, kami dapatkan dari salah satu sumber terpercaya HMID beberapa hari lalu. Sebagai gambaran, sampai sekarang SUV tersebut masih diimpor dari Korea Selatan.

“Santa Fe akan diproduksi di pabrik Cikarang. Namun untuk kepastian kapan mulai produksinya kami belum bisa menginformasikannya. Saat ini kami fokus untuk Hyundai Creta yang naik produksi di 17 Januari 2022 dan menyusul Hyundai Ioniq 5 pada Maret 2022,” ungkap Sumber dari HMID yang enggan untuk disebutkan Namanya tersebut.

Kemudian saat kami konfirmasi ke Makmur selaku Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia, Ia tidak menampik hal tersebut namun hanya dijawab dengan singkat sembari tersenyum.

Baca juga  SUV Terbaru Hyundai Tertangkap Uji Jalan

“Kita tunggu saja nanti perkembangannya, saya belum bisa menjawab sekarang,” ujar Makmur, beberapa waktu lalu.

Rumor Hyundai Santa Fe produksi di Cikarang sepertinya bukan isapan jempol belaka. Sebab jika dilihat dari penjualannya, mobil SUV pesaing Fortuner dan Pajero Sport ini penjualannya terbilang bagus di antara produk Hyundai lainnya.

Terbukti, Hyundai Santa Fe sudah langsung terjual lebih dari 100 unit hanya dalam hitungan hari, setelah peluncuran versi terbarunya pada April 2021 lalu.  Kemudian pada akhir tahun, penjualnya total secara wholesales mencapai 733 unit.

Dengan demikian, Santa Fe mobil terlaris Hyundai kedua setelah Palisade yang terjual 1.359 unit. Capaian Santa Fe cukup istimewa, karena baru jualan pada April 2021. Sementara Palisade sudah mulai jualan dari akhir 2020.

Sekilas Hyundai Santa Fe

Hyundai santa fe produksi cikarang

Hyundai Santa Fe terbaru dilakukan 7 April 2021

Hyundai Santa Fe terbaru meluncur pada awal April 2021 lalu. Mobil tersebut hadir dengan dua pilihan mesin, yakni bensin 2.500 cc dengan transmisi 6-speed otomatik. Kemudian ada versi diesel 2.200 cc dengan transmisi 8-speed DCT.

Baca juga  5 Kelebihan Hyundai Palisade Facelift 2022, SUV Mewah!

Hasilnya, untuk Santa Fe bermesin bensin  tenaganya diklaim mampu meraih 180 PS pada 6.000 rpm serta torsi 232 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Sementara untuk Santa Fe bermesin diesl tenaga puncaknya diklaim sebesar 202 PS pada 3.800 rpm dan torsi puncaknya 441 Nm pada putaran mesin 1.750 – 2.750 rpm.

Soal fitur, Santa Fe sudah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih. Yaitu Active Safety seperti Hyundai Smart Sense yang terdiri dari Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Following Assist (LFA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Selain itu ada juga Blind-Spot View Monitor (BVM), Safe Exit Assist (SEA) dan Surround View Monitor. Oh ya, Santa Fe anyar ini terdiri dari tiga tipe, yaitu Style, Prime, dan Signature.

Soal harga, Santa Fe dibanderol mulai Rp 569 juta hingga Rp 678 juta untuk mesin bensin. Sementara untuk Santa Fe diesel harga jualnya mulai Rp 629 juta hingga Rp 729 juta.

Baca juga  New Range Rover PHEV Meluncur 7 September 2023, Berapa Harganya?

Jika benar, Santa Fe produksi Cikarang hadir di Indonesia pada akhir 2022, tentu hal ini bisa berpengaruh terhadap harga jual. Umumnya mobil yang diproduksi lokal punya banderol lebih terjangkau. Semakin laris deh!

Moladiners, itulah ulasan mengenai Hyundai Santa Fe produksi Cikarang. Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika