oleh

Hyundai Produksi Ioniq 5 di Cikarang, Maret 2022!

Setelah memastikan Creta siap diproduksi mulai 17 Januari 2022, selanjutnya Hyundai produksi Ioniq 5 di pabrik Cikarang. Informasi tersebut diungkapkan oleh salah satu team produksi pabrik Hyundai disela kami melakukan tour keliling pabrik H miring.

“Hyundai Ioniq 5 rencananya akan mulai diproduksi pada Maret 2022,” terang salah satu team produksi pabrik Hyundai kepada rombongan awak media saat berkeliling pabrik Hyundai di Cikarang beberapa hari yang lalu.

Senada dengan informasi yang dibeberkan salah satu team produksi pabrik Hyundai, Makmur selaku Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia juga mengiyakan bahwa HMID akan produksi Ioniq 5 di Cikarang pada tahun 2022. Hanya saja, dia tidak menyebutkan spesifik bulannya.

“Benar, Hyundai Ioniq 5 akan mulai diproduksi di pabrik Cikarang tahun 2022. Namun kapan waktunya kita tunggu saja, dalam waktu dekatlah,” ungkap Makmur.

Sebagai informasi, saat berkeliling pabrik Hyundai yang sangat luas. Di sana, kami melihat secara langsung beberapa tahapan proses produksi mobil-mobil yang akan diluncurkan tahun 2022.

Di mana, pada bangunan pabrik Hyundai seluas 18,8 hektar tersebut di dalamnya terdapat robot-robot canggih yang bekerja merakit, mengelas dan menjalankan tahapan-tahapan produksi lain. Peralatan modern itu tentunya yang siap menghasilkan mobil-mobil seperti Hyundai Creta dan Hyundai Ioniq 5.

Baca juga  Harga Mobil Listrik Februari 2022, Terjangkau?

“Sebagian besar peralatan produksi kami sudah menggunakan sistem robotik, dimana hal tersebut untuk mempercepat proses produksi serta menghasilkan mobil yang berkualitas. Untuk kapasitas produksinya, dalam satu tahun kami bisa mencapai 150 ribu unit,” imbuh salah satu punggawa pabrik Hyundai.

Sekilas Hyundai Ioniq 5

hyundai produksi ioniq 5 di cikarang
Bila Hyundai produksi Ioniq 5 di Indonesia, harganya kemungkinan bisa terjangkau!

Kepastian Hyundai produksi Ioniq 5 pada maret 2022, tentu jadi kabar gembira. Kemungkinan besar, ini merupakan mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia. Semoga saja harganya pun bisa terjangkau, lantaran tidak kena biaya impor seperti kendaraan elektrik lain.

Sebagai informasi, sejauh ini mobil listrik yang masuk Indonesia merupakan produksi luar negeri. Harganya sekitar Rp 600 jutaan.

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 versi Indonesia, akan memiliki pengisian daya ultra cepat. Mobil ini jadi bisa mengisi baterai dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 18 menit. Istimewa bukan?

Lalu Ioniq 5 hadir untuk memenuhi gaya hidup masyarakat luas dengan desain crossover utility vehicle (CUV) yang memberikan nuansa baru. Di samping itu, kehadirannya juga dibangun di atas platform baru khusus Baterai Electric Vehicle (BEV).

Baca juga  Komparasi Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana Lebih Mewah?

Mobil listrik ini dikabarkan menawarkan 2 pilihan motor listrik. Dimana tenaga yang bisa dipilih adalah baterai dengan kapasitas 58 kWh atau 72,6 kWh.

Dengan berbekal kapasitas baterai tersebut, kecepatan maksimum yang bisa dihasilkan diklaim sampai 185 Km/jam. Kabarnya, untuk baterai dengan spesifikasi 72,6 kWh pabrikan sudah membekalinya dengan sistem penggerak all-wheel drive.

Mengenai tenaga maksimumnya, mobil listrik Hyundai pertama yang akan diproduksi di Cikarang ini diklaim sebesar 225 kWh dan torsi maksimumnya 605 Nm. Dengan begitu, untuk soal akselerasi, Hyundai Ioniq 5 dapat melesat dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan 5,2 detik. Wow!

Moladiners, itulah ulasan mengenai Hyundai produksi Ioniq 5 di Cikarang mulai Maret 2022. Tertarik membelinya? Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru