Friday, February 3, 2023
Banner

Bocoran 5 Mobil Listrik Terbaru Tahun 2022 di Indonesia

by Firdaus Ali
mobil listrik terbaru tahun 2022

Jelang berganti tahun, beberapa produsen mobil sudah siap meluncurkan mobil listrik terbaru tahun 2022 di Indonesia. Menariknya, mobil listrik terbaru yang akan mengaspal di Indonesia tersebut didominasi dari pabrikan otomotif Cina.

Tentu saja hal tersebut menjadi angin segar para pecinta otomotif. Sebab pilihan mobil listrik akan semakin banyak.

Seperti diketahui, saat ini mobil listrik yang beredar di Indonesia terbilang masih terbatas. Beberapa hal menjadi penyebabnya, seperti harga jual mobil yang masih mahal serta awareness masyarakat akan kendaraaan ramah lingkungan belum maksimal.

Meski demikian, pemerintah Indonesia sudah mulai menggenjot para pelaku usaha otomotif di Indonesia untuk semakin berkembang memproduksi dan menjual mobil listrik. Bahkan untuk menunjukan keseriusan, diterbitkan beberapa peraturan mengenai kendaraan ramah lingkungan.

Aturan pertama yang diundangkan yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai pada 12 Agustus 2019. Perpres 55/2019 menjadi aturan awal yang disebut sebagai payung hukum kendaraan listrik Indonesia.

Setelahnya ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Dimana aturan PPnBM baru itu pengenaan tidak lagi berdasarkan bentuk kendaraan seperti aturan sebelumnya. Pengenaan PPnBM akan berdasarkan emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan. Serta aturan lain yang bertujuan untuk mempercepat terwujudnya kendaraan ramah lingkungan.

Nah, mobil listrik terbaru merek apa saja yang akan beredar di Indonesia di tahun 2022. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Baca juga  Flagship Wuling Center Jakarta Tampilkan Mobil Listrik!

1. Hyundai Ioniq 5

mobil listrik terbaru tahun 2022

Hyundai Ioniq 5

Setelah sukses dengan Hyundai Ioniq dan Kona electric, Hyundai Indonesia rencananya akan meluncurkan mobil listrik terbaru tahun 2022 yaitu Hyundai Ioniq 5.

Bisa dikatakan, Ioniq 5 Ini adalah model produksi dari mobil konsep Hyundai 45 yang sudah pernah ditampilkan secara global pada 2019.Ioniq menggunakan platform Hyundai Electric Global Modular Platform, Ioniq 5 dengan dua pilihan tipe penggerak roda, yaitu 2WD dan AWD.

Versi 2WD yang menggunakan motor listrik tunggal di bagian belakang, di atas kertas tenaganya menghasilkan 216 PS dan torsi maksimum 350 Nm. Sementara varian AWD mempunyai motor listrik yang diklaim bertenaga 209 PS dan torsi maksimum 350 Nm.

Oh ya, untuk Ioniq AWD pada bagian belakang terdapat tambahan satu motor listrik yang tenaga maksimumnya diklaim 96 PS dan torsi 255 Nm di bagian depan. Sehingga total output kedua motor listrik ini berada di angka 304 PS dan 605 Nm.

Kedua model Hyundai Ioniq 5 tersebut sama-sama menggunakan polimer lithium-ion 72,6 kWh. Berdasarkan klaim Hyundai, untuk satu kali pengisian tipe 2WD memiliki jangkauan 451 km dan AWD sejauh 430 km.

2. BMW iX dan i4

mobil listrik terbaru tahun 2022

BMW iX

BMW Indonesia nampaknya akan meluncurkan mobil listrik terbaru tahun 2022 yaitu BMW i4 dan BMW iX. Sebelumnya mereka sudah menjual produk elektrifikasi bernama BMW i3. 

Baca juga  Syarat Membuka Franchise SPKLU PLN dan Biayanya!

BMW iX nampaknya akan menjadi primadona, sebab tampilannya terbilang futuristik namun tidak menghilangkan aura kemewahan sosok BMW.  Selain itu mobil ini juga masuk dalam segmen SUV yang notabennya sekarang masih digandrungi di Indonesia.

Sementara untuk BMW i4 merupakan penerus dari BMW i3. Mobil listrik ini mengusung fitur yang mumpuni. Seperti air bag untuk semua penumpang yang berada di setiap sisi interior, baik untuk penumpang depan dan belakang. Selain itu terdapat pula kontrol traksi, kontrol stabilistas (ESC), dan side impact beam juga tersedia untuk memastikan pengendaraan yang aman.

“Jadi tahun depan momennya meluncurkan rangkaian kendaraan listrik,” ucap Jodie O’tania selaku Direktur Komunikasi BMW Indonesia, beberapa waktu lalu.

3. Mini Cooper SE

mobil listrik terbaru tahun 2022

Mini Cooper SE

Selanjutnya mobil listrik terbaru tahun 2022 di Indonesia adalah Mini Cooper SE. Mobil ini dilengkapi dengan motor listrik yang diklaim sanggup menghasilkan daya 135 kW atau 184 hp dan berpenggerak roda depan.

Sama seperti generasi MINI Cooper lainnya, mobil listrik ini juga mengedepankan gaya atau ciri khas ikonik yang dikenal seperti sensasi mengemudikan gokart. menariknya, mobil ini mengusung baterai lithium-ion dengan daya jelajah 235 hingga 270 kilometer dalam sekali pengisian. Modul baterai terletak di lantai kendaraan.

Mini Cooper SE sebenarnya sudah di pasarkan di Thailand sejak Februari 2020 dengan harga 2,29 juta baht atau setara Rp 989,6 juta. Di Indonesia kira-kira harganya jadi berapa ya?

4. Wuling Mini EV

mobil listrik terbaru tahun 2022

Wuling Mini EV

Dari pabrikan Wuling tidak ketinggalan siap meluncurkan mobil listrik terbaru tahun 2022 yaitu Wuling Mini EV. Bahkan mereka mengklaim siap memproduksinya secara lokal.

Baca juga  MPV Volvo EV Siap Meluncur, Mobil Keluarga Futuristik!

Secara dimensi Wuling Mini EV hampir setara dengan Smart Fortwo. Dimana Wuling Mini EV ini mempunyai dimensi panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, tinggi 1.621 mm, dan wheelbase 1.940 mm.

Mobil mungil ini mengklaim dapat menghasilkan tenaga tenaga 20 kW atau 27 dk dan torsi maksimum 85 Nm. Di negara asalnya, Wuling memberikan dua pilihan baterai Lithium-ion untuk Mini EV yakni ‘standard range’ 9,3 kWh dan ‘long range’ 13,8 kWh.

Wuling juga mengklaim dengan baterai 9,3 kWh Mini EV bisa menempuh jarak 120 km, sedangkan untuk 13,8 kWh bisa menempuh 170 km sesuai New European Driving Cycle (NEDC).

5. MG 5 EV

mobil listrik terbaru tahun 2022

MG 5 EV

Bocoran mobil listrik terbaru tahun 2022 selanjutnya adalah MG 5 EV yang ditenagai Permanent Magnet Synchronous Motor. Kemungkinan ini terkuak setelah MG menghadirkannya di acara GIIAS 2021.

Tenaga maksimumnya diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 115kW atau setara dengan 156 PS. MG 5 EV bisa berakselerasi dari diam hingga 100 km per jam hanya dalam waktu delapan detik.

Soal performa, MG 5 EV diklaim mampu menempuh hingga 380 km dengan kondisi daya baterai penuh sebesar 50,3 kWh yang telah teruji serta bersertifikasi IP67 tahan air dan debu.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil listrik terbaru tahun 2022 di Indonesia. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika