oleh

Sejarah Hyundai Santa Fe, Sudah 4 Generasi

Sejarah Hyundai Santa Fe di Indonesia memiliki perjalanan yang lumayan panjang. Terhitung produk mobil besutan Korea Selatan ini sudah berada di Indonesia sejak tahun 2002, alias sudah memasuki usia ke 20 tahun.

Mungkin banyak sebagian dari kita menganggap Hyundai Sante Fe, adalah sebuah SUV yang kurang laku di pasaran. Mungkin ada benarnya jika untuk pasar Indonesia, namun untuk di Amerika hal itu tidak berlaku.

Hyundai Motor Company pernah melaporkan jika penjualan mereka di negeri Paman Sam tersebut tembus puluhan ribu unit setiap bulannya. Mengutip laman Carfigures.com bahkan penjualan Santa Fe di periode Januari sampai November 2021 tembus 103.373 unit.

Begitu luasnya pasar Hyundai di dunia tentunya berimbas juga terhadap kualitas produknya Indonesia. Setidaknya kita bisa kecipratan Hyundai dengan standar kualitas Eropa. 

Untuk kamu yang pernah menggunakan produk Hyundai, pasti sering merasa unit yang kamu gunakan lebih berkualitas dibanding produk Jepangan.

Ok langsung aja ya guys. Kita lihat generasi – generasi Hyundai Santa Fe yang rilis di Indonesia. Berikut ulasannya. 

Generasi Pertama Santa Fe (2000-2006)

Sejarah Hyundai Santa Fe
Hyundai Santa Fe 2002

Sejarah Hyundai Santa Fe yang pertama hadir pada periode tahun 2000 – 2006. Secara global model ini pertama kali diperkenalkan di Eropa pada ajang Geneva Motor Show 2000.

Baru di Indonesia sendiri Santa Fe rililis untuk pertama kalinya di tahun 2002. Waktu itu tampilannya masih agak beda dengan SUV lainnya yang beredar di Tanah Air.

Untuk generasi pertama diketahui jika Santa Fe dibangun di atas platform Sonata,  yang merupakan big sedan milik Hyundai. Maka tidak heran jika Santa Fe saat itu desainnya sudah besar dengan sasis yang panjang dibanding kompetitornya.

Baca juga  Perbedaan Mobil SUV dan Crossover, Jangan Salah Beli!

Hyundai Santa Fe juga didukung dengan fitur kenyaman seperti AC, pemutar CD, serta jendela listrik, cermin, dan sunroof untuk pasar di luar Indonesia.

Untuk Mesin Hyundai generasi ini mengusung jantung pacu kapasitas 2.4 liter. Sedangkan untuk beberapa pasar tertentu, Hyundai Santa Fe juga menawarkan mesin turbo-diesel 2.0 liter.

Facelift Santa Fe 2004

Sejarah Hyundai Santa Fe
Interios Santa Fe generasi pertama

Pada tahun 2004, Hyundai memperbarui generasi pertama Santa Fe dengan beberapa sentuhan di eskterior dan interior. Salah satunya adalah melepas antena radio yang berada di sisi jendela dan memindahkannya ke bagian belakang.

Selain itu beberapa variannya juga sudah diberikan sentuhan bumber depan belakang dan samping yang senada dengan warna bodi. Hyundai Santa Fe dengan varian tertinggi juga sudah menyediakan footstep sebagai peranti standar.

Saat itu Hyundai Santa Fe masih menawarkan mesin 4-silinder segaris 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 134 hp dan torsi 183 Nm. Tersedia pula pilihan mesin bensin 2.4 liter dan 2.7 liter yang dipadukan dengan penggerak AWD.

Sementara itu tersedia pula mesin diesel 2.0 liter turbo untuk beberapa negara salah satunya Indonesia.

Santa Fe Generasi Kedua (2006-2012)

Sejarah Hyundai Santa Fe
Sosok Santa Fe generasi kedua

Sejarah Hyundai Santa Fe berikutnya berlanjut pada periode 2006 – 2012. Model kedua Santa Fe menampilkan perubahan signifikan di luar dan di dalam kendaraan. Eksteriornya menawarkan gril depan yang tegas, garis pahatan yang percaya diri, dan lampu depan yang detail.

Interiornya juga didesain ulang demi memberikan tampilan yang lebih modern. Tampilan konsol tengah dibuat cukup tinggi untuk memisahkan penumpang depan.

Baca juga  Beda Toyota Raize 1.0 G dan GR Sport, Signifikan!

Untuk pertama kalinya, pilihan untuk menambah kursi baris ketiga tersedia, memperluas kursi lima kursi menjadi kursi tujuh.

Di bawah kap, Hyundai memasang tiga pilihan mesin untuk Santa Fe. Lagi-lagi tergantung pasar mana yang dituju.  Sebaliknya, mesin 2.7 liter ada di pasar mana pun, termasuk Indonesia.

Tuntutan akan peningkatan fitur keselamatan, dijawab Santa Fe generasi kedua dengan menghadirkan Electronic Stability Control (ESC), sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), airbag tirai samping untuk semua baris tempat duduk.

Unit ini juga emmiliki fitur monitor tekanan ban, dan pengekangan head depan yang aktif sekarang menjadi standar. Kemudian, versi premium ditambahkan, yang mencakup sistem navigasi built-in, kamera pandangan belakang, kontrol jelajah, dan sensor cahaya.

Santa Fe Generasi Ketiga (2012-2018)

Sejarah Hyundai Santa Fe
Santa Fe 2016 sudah menyerupai tampilan mobil Eropa

Di generasi ketiga, Hyundai Santa Fe menampilkan arah desain baru yang disebut Storm Edge, yang terdiri dari garis-garis halus serta permukaan tebal dan tebal.

Dengan menambahkan tampilan yang lebih emosional, berotot, dan banyak fitur premium, Hyundai menunjukkan bahwa mereka bergerak menjauh dari penawaran SUV yang murni fungsional, dan sebagai gantinya kendaraan gaya hidup yang canggih.

Hyundai Santa Fe generasi ketiga menawarkan tampilan yang lebih berani dengan grille besar di bagian depan. Selain itu, fog lamp nya juga dibuat lebih besar dan ditempatkan agak tinggi.

Hyundai juga menyematkan fitur pengereman premium, yang berisi rem cakram empat roda, sistem pengereman anti-kunci (ABS) dan brake assist, dan rem elektronik (EBD).

Generasi Keempat Santa Fe (2018-sekarang)

Sejarah Hyundai Santa Fe
Santa Fe terbaru 2021 dengan desain yang berani

Sejarah Hyundai Santa Fe berikutnya lahir pada periode 2018 hingga saat ini. Kemudian pada April 2021, pabrikan H miring meluncurkan versi facelift yang dipasarkan hingga sekarang. 

Baca juga  Mobil Terbaik di Dunia 2022 Diraih Hyundai Ioniq 5

Ubahan untuk versi facelift cukup banyak. Pertama di sektor samping eksterior, mengusung konsep proporsional yang dinamis. New Santa Fe juga terdapat kesan garis yang menghubungkan antara DRL hingga ke lampu belakang mobil.

Pada interior, Santa Fe generasi baru facelift ini juga mengunakan material berkualitas khas Hyundai. Kehadiran dari konsol tengah dengan konsep bridge-type high console, disempurnakan dengan tombol transmisi shift-by-wire. Selain itu, unit ini juga dilengkapi oleh Panoramic Sunroof yang lebar dan membuat kesan ruang kabin lebih lega dan premium.

New Santa Fe juga dilengkapi teknologi seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yaitu sebuah sistem yang secara otomatis memberikan peringatan akan adanya potensi risiko tabrakan dari arah depan.

Jika diperlukan, akan secara otomatis mengaktifkan rem apabila sistem tersebut menilai benturan akan terjadi dengan kendaraan dan juga pejalan kaki yang ada di area depan mobil.

Ada juga Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), yang berfungsi mendeteksi memantau kendaraan yang datang dari arah belakang.

Selain itu juga tersedia fitur Smart Power Tailgate, dan Remote Engine Start yang memungkinan pelanggan untuk menyalakan mobil dari jarak 10 meter dan juga menyalakan Air Conditioner secara otomatis.

Hyundai Santa Fe 2021 tersedia dalam 2 tipe powertrain, yaitu 2.5L MPi gasoline engine with 6-speed automatic transmission dan 2.2L CRDi turbodiesel engine with 8-speed automatic Dual Clutch Transmission (DCT).

Dipasarkan mulai harga Rp 569 juta varian termurah, dan Rp 729 juta untuk varian tertinggi, diesel. Demikian ulasan terkait sejarah Hyundai Santa Fe. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru