oleh

Rasa Berkendara Hyundai Creta, Mode Sport Menyenangkan!

Rasa berkendara Hyundai Creta cukup mengasyikkan dan tarikannya responsif. Setidaknya itulah yang kami rasakan ketika mencoba mobil SUV ringkas ini secara langsung.

Ya, kami bersama awak media lainnya diberi kesempatan untuk mencoba Hyundai Creta di Kawasan pabrik Hyundai di Deltamas, Cikarang. Adapun unit Hyundai Creta yang kami coba adalah varian tertinggi yaitu Hyundai Creta Prime IVT Two Tone seharga Rp 397,5 juta.

Hyundai Creta pertama kali diluncurkan pada perhelatan Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2021. Hadir dengan pilihan 6 varian. Yaitu Creta Active MT, Creta Trend MT, Creta Trend IVT, Creta Style IVT, Creta Prime IVT dan Creta Prime IVT Two Tone.

Mobil yang diproduksi di pabrik Hyundai Indonesia ini memang mempunyai tampilan eksterior yang sporty dan modern. Tak hanya itu, kabin interiornya juga hadir dengan desain yang elegan.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh rasa berkendara Hyundai Creta Prime IVT Two Tone. Berikut ulasannya:

Akselerasi Hyundai Creta Cukup Responsif

rasa berkendara Hyundai Creta
Mesin Hyundai Creta

Tombol start/stop engine langsung kami tekan, suara deru mesin halus terdengar sayup-sayup. Kemudian mode berendara kami ubah ke posisi sport. Hal tersebut dilakukan, karena kami ingin menguji performa maksimal dari mobil ini.

Saat pedal gas kami injak sampai mentok, akselerasinya terasa responsif. Ada sensasi tubuh agak terhempas ke belakang saat tarikan awal. Efeknya, tidak terlalu sulit untuk meraih 100 km/jam dalam mode sport. 

Hanya saja kalau mode berkendara lain seperti eco dan comfort yang dipilih, pastinya akselerasi tidak akan terlalu sip seperti mode sport.

Baca juga  Hyundai Palisade, SUV Mewah yang Siap Masuk Indonesia

Pasalnya ciri khas dari transmisi IVT atau CVT adalah bisa lari cepat, saat putaran mesin sudah sesuai. Jadi biasanya agak tertahan di awal. Beda ketika pakai mode sport, maka mesin akan menyesuaikan lebih dulu untuk berada diputaran optimal. Cukup tekan pedal gas sedikit saja, Creta bakal melaju cepat.

Sebagai informasi, Hyundai Creta mengusung mesin Smartstream G1.5 gasoline dengan transmisi 6-speed manual dan otomatis IVT (Intelligent Variable Transmission).

Bukan cuma uji akselerasi, kami juga melewati jalanan yang menanjak dan menurun. Lintasan ini sengaja dibuat oleh pihak panitia acara untuk menguji fitur menguji fitur Hill-Start Assist Control (HAC).

Fitur terebut bekerja dengan baik. Di mana kami coba berhenti di tanjakan dan melepas pedal gas, mobil tidak langsung mundur. HAC menjaga agar mobil diam lebih lama, memberikan waktu untuk kami menginjak pedal gas lagi.

Performa mesin Hyundai Creta saat ditanjakan juga cukup oke. Tidak ada kesulitan sama sekali melahap jalan menanjak yang sudah disediakan.

Lalu bagaimana dengan bantingan suspensinya? Kami memang tidak mencoba terlalu jauh, lantaran lintasan yang disediakan terbatas. Hanya saja saat naik ke tanjakan dan kemudian turunan, terasa bantingannya cukup nyaman.

Kenyamanan Interior Hyundai Creta

rasa berkendara Hyundai Creta
Interior Hyundai Creta

Rasa berkendara Hyundai Creta terasa nyaman dengan suguhan tampilan interior yang elegan ditambah beberapa fitur pendukungnya. Sebut saja speaker kenamaan merek Bose yang memanjakan telinga disaat kami mengelilingi pabrik Hyundai.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Isuzu MU-X 2.5 Liter, Layak Dibeli?

Selain itu, fun to drive juga kental terasa dengan desain dan material setir yang nyaman untuk digenggam. Ditambah dengan adanya paddle shift menjadikan rasa berkendara Hyundai Creta semakin menyenangkan.

Kemudian bicara kenyamanan, ada steering switch. Fungsi fitur ini untuk mengoperasikan audio di head unit, serta berbagai hal lain yang ada di mobil.

Tak hanya itu saja, head unit layar sentuh, panoramic dan sunroof serta material jok yang berkualitas juga semakin menambah betah di dalam Hyundai Creta. Menurut kami, mobil ini selain cocok untuk dikendarai di dalam kota, juga masih nyaman untuk perjalanan luar kota.

Material Plastik Dominan di Dashboard dan Panel Pintu

rasa berkendara Hyundai Creta
Material doortrim dan dashboard kurang bagus

Ada salah satu bagian kabin interior mobil yang menurut kami kualitas materialnya kurang bagus, yaitu pada bagian dashboard dan door trim.  Saat kami ketok dengan jari tangan terasa sekali menggunakan bahan yang banyak plastik.

Namun demikian, kekurangan pada kedua bagian tersebut akan tertutupi dengan tampilannya yang memang terkesan mewah. Tapi sekali lagi, hanya kesannya saja ya!

Kekurangan lain dari Hyundai Creta adalah kekedapan kabin. Utamanya saat mobil berada di atas 100 Km/jam, raungan mesin cukup terdengar jelas dari dalam kabin. Lagi-lagi itu mengurangi kenyamanan berkendara dari mobil SUV ringkas pabrikan berlogo H miring.

Mencoba Fitur Bluelink

rasa berkendara Hyundai Creta
Fitur Hyundai Bluelink dari ponsel

Salah satu fitur andalan dari Hyundai Creta adalah fitur Bluelink. Di mana fitur tersebut merupakan wadah dari beberapa fitur canggih. Seperti SOS/Emergency Assistant, Road Side Asistant, Stolen Vehicle Notification, serta Stolen Vehicle Tracking serta fitur-fitur canggih lainnya.

Baca juga  3 Kekurangan Suzuki XL7, Perhatikan Sebelum Beli!

Nah, pada salah satu sesi acara tersebut pihak Hyundai mendemonstrasikan beberapa fitur yang ada Bluelink. Seperti Remote engine and Climate AC start/stop, remote door serta remote door lock /unlock.

Khususnya untuk remote engine start dan climate AC start/stop bisa dilakukan dari luar mobil pakai smartphone. Jadi ketika masuk ke Hyundai Creta, kami sudah merasa sejuk. Menarik bukan?

Sebagai catatan, untuk mengaktifkan fitur bluelink, pemilik mobil harus mendaftarkan data diri mereka (KTP) ke pihak Hyundai Indonesia. Selain itu, dibutuhkan juga koneksi internet yang bagus baik sim card yang tertanam di mobil dan nomor ponsel yang sudah didaftarkan melalui headunit yang ada di mobil.

Harga Hyundai Creta

rasa berkendara Hyundai Creta
Hyundai Creta Prime IVT Two Tone
  • Active MT Rp 279.000.000
  • Trend MT Rp 299.000.000
  • Trend IVT Rp 319.000.000
  • Style IVT Rp 359.000.000
  • Prime IVT Rp 397.500.000
  • Prime Two Tone Roof IVT Rp 399.000.000

Sebagai catatan, harga tersebut merupakan harga on the road untuk wilayah Jabodetabek. Adapun untuk wilayah lain tentunya harga akan menyesuaikan dari kebijakan masing-masing wilayah.

“Hyundai Creta kami ciptakan untuk Indonesia, dari Indonesia,” ucap singkat Presiden Direktur Hyundai Motors Indonesia (HMID), SungJong Ha di sela-sela acara (13/1/2022).

Moladiners, itulah ulasan mengenai rasa berkendara Hyundai Creta. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru