Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

10 Penyebab Mobil Terbakar yang Bisa Dicegah & Cara Mengatasinya!

by Tigor Sihombing

Kira-kira apa yang penyebab mobil terbakar? Yang pasti, terbakarnya mobil bisa disebabkan oleh kesalahan pemilik atau dari mobil itu sendiri yang mengalami masalah.

Ada banyak pemicu kendaraan yang terbakar dan seringkali disepelekan oleh pemilik kendaraan tersebut. Sayangnya, jika hal tersebut terus dibiarkan dan tidak segera diatasi, kerugian yang dikeluarkan akan lebih besar dibandingkan biaya perawatannya.

Lantas apa saja penyebab mobil terbakar yang umum terjadi? Berkut ini beberapa informasi penyebab dan apa tindakan yang bisa kamu lakukan jika ada mobil terbakar dengan benar. Simak selengkapnya!

Apakah Mobil bisa Terbakar Sendiri?

Sayangnya jawaban dari pertanyaan ini adalah bisa. Hanya saja memang perlu kasus khusus, seperti komponen kelistrikan yang mengalami korsleting, kebocoran bensin, hingga

Jika ternyata terdapat cairan yang tumpah dari bagian bocor terutama pada bagian tangki bahan bakar dan adanya komponen kelistrikan yang sudah lama rusak, bertumpuk, terkelupas, atau menempel dengan komponen fatal lain bisa menjadi penyebab mobil terbakar tiba-tiba.

10 Penyebab Mobil Terbakar

Ada baiknya pahami dahulu, kenapa suatu kendaraan seperti mobil bisa terbakar. Karena bila sudah terjadi kebakaran, mobil akan mengalami kerusakan parah. Resiko yang harus ditanggung pemilik adalalah mengalami kerugian yang tidak sedikit, lantaran ongkos perbaikan mobil terbakar pastilah mahal.

Lalu apa sih yang menjadi penyebab atau pemicu kebakaran pada mobil? Berikut daftar lengkapnya:

1. Kebocoran Oli dan Bahan Bakar

Penyebab Mobil Terbakar

Resiko kebakaran mobil akibat BBM dan oli bocor semakin besar, kalau ada percikan api

Penyebab mobil terbakar yang pertama bisa disebabkan karena kebocoran bahan bakar dan oli. Ya, bukan cuma BBM, oli juga bisa jadi pemicu kebakaran. Hanya saja untuk oli, titik bakarnya cukup tinggi atau di atas 200 derajat celcius. Sementara untuk bensin dan solar bisa lebih mudah terbakar.

Oleh karenanya, seluruh carian mobil baik BBM dan oli tidak boleh sampai bocor. Apalagi setelahnya terkena percikan api, baik itu dari korsletik kelistrikan kendaraan, hingga kondisi eksternal. Bahan bakar dan oli yang bocor kemudian merembes ke ruang bakar di mesin juga bisa mengakibatkan kebakaran mobil.

2. Aksesori Kelistrikan yang Dipasang Tidak Benar

Penyebab Mobil Terbakar

Memasang audio tambahan pada mobil, jika dilakukan sembarang bisa memicu kebakaran pada mobil.

Penyebab mobil terbakar berikutnya adalah karena adanya penambahan aksesori yang berhubungan dengan kelistrikan, sebut saja pemasangan sistem audio. Menambahkan aksesori kelistrikan sebenarnya tidak masalah, asal dilakukan dengan benar.

Baca juga  Masalah Mobil Matic dan Gejala yang Ditimbulkan

Tapi jika pemilihan aksesori tidak tepat, bisa berakibat korsleting listrik. Ujung-ujungnya ini yang memicu api dan terjadinya kebakaran mobil. Oleh karena itulah, oilih aksesori yang sesuai standar dan pasang di bengkel yang terpercaya.

3. Mesin Overheat

overheat

Periksa kondisi mesin secara berkala, penting untuk cegah overheat.

Penyebab mobil terbakar berikutnya adalah mesin mobil yang overheat. Utamanya, bila hal ini memicu pompa radiator pecah, sehingga air radiator mengenai bagian kabel yang terkelupas. Selanjutnya bisa timbul korsleting listrik yang memicu mobil terbakar.

Hanya saja ketika tidak ada korsleting listrik, kemungkinan kecil mobil overheat bisa menyebabkan kebakaran. Umumnya mesin mobil yang suhunya tinggi, bisa merusak komponen seperti piston, radiator, dan lain-lain sehingga menyebabkan mogok.

Walau kemungkinannya kecil, mobil terbakar karena overheat. Tapi tidak ada salahnya mengurangi penyebab mesin mobil panas. Salah satu caranya dengan memastikan radiator mobil berfungsi, kemudian oli mesin juga selalu dalam level yang optimal.

4. Kabel Terkelupas

Penyebab Mobil Terbakar

Pemasangan kabel-kabel dengan kualitas di bawah spek pabrikan juga bisa memicu terjadinya kebakaran pada mobil.

Kabel-kabel di sistem kelistrikan mobil jumlahnya sangat banyak, terbentang dari depan hingga ke belakang. Salah satu yang sering dilupakan, kabel tersebut bisa getas karena usia. Penyebab lainnya adalah karena kabel digigit tikus.

Jika hal tersebut terjadi, maka korsleting listrik di mobil, potensinya akan semakin besar. Tentunya ini bisa mengakibatkan percikan api yang menjadikan mobil terbakar.

Maka dari itu, kamu perlu perhatikan kondisi kabel mobil ketika usianya sudah lebih dari 10 tahun. Bila memang sudah banyak yang getas atau kabelnya terkelupas, ada baiknya kamu melakukan penggantian kabel dengan cara urut kabel mobil. Biayanya sendiri mulai Rp 900 ribuan kalau sekalian dengan ganti kabel baru.

Kemudian gunakan pula kabel-kabel yang punya spesifikasi terbaik atau OEM. Pasalnya kalau pakai kabel dengan kualitas rendah, bakal lebih mudah rusak.

5. Cacat Pabrikan

Penyebab Mobil Terbakar

Penyebab masalah kebakaran bisa karena cacat pabrikan. Tidak jarang pabrikan harus melakukan recall pada ribuan kendaraannya untuk mencegah resiko ini.

Penyebab mobil terbakar berikutnya adalah karena cacat produksi kendaraan. Ini adalah hal yang umum, karena mobil diproduksi secara massal, sehingga memungkinkan adanya kesalahan dalam pembuatan. Maka dari itu, banyak pabrikan mobil yang melakukan recall atau perbaikan komponen mobil yang sudah dilepas ke konsumen.

Baca juga  Cara Mengetahui Pajak Kendaraan Diblokir atau Tidak

Recall ini bisa karena banyak persoalan, kalau hubungannya dengan kebakaran mobil, umumnya akan berkaitan dengan korsleting kelistrikan. Oleh karena itulah, bila ada recall, sebaiknya pemilik mobil segera datang ke bengkel untuk melakukan perbaikan atau penggantian komponen. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya risiko yang tidak diinginkan, seperti kebakaran.

6. Korek yang Tertinggal di Dalam Kabin Mobil

Penyebab Mobil Terbakar

Barang-barang mudah terbakar seperti korek, powerbank, dan cairan-cariran kimia sebaiknya diturunkan ketika kamu harus parkir kendaraan.

Salah kasus yang sering jadi penyebab mobil terbakar adalah karena korek yang tertinggal di dalam kabin mobil. Tidak hanya itu, barang-barang lain yang mudah meledak seperti power bank juga bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Tetapi, prosesnya tidak semudah itu. Korek atau power bank harus lebih dulu terkena panas berlebih. Misalnya karena parkir kendaraan di paparan sinar matahari langsung, maka korek api berpotensi meledak. Kemudian terciptalah percikan api yang bisa merembet ke berbagai komponen interior seperti jok dan dashboard. Selanjutnya terjadilah kebakaran.

“Misal saat korek mulai menerima panas berlebih, meledak dan menimbulkan percikan api yang akhirnya membesar membakar mobil,” tambah Putera.

Maka dari itu barang-barang mudah terbakar, sebaiknya diturunkan ketika kamu parkir kendaraan. Hal ini untuk meminalkan potensi mobil terbakar. 

7. Merokok di dalam Mobil

Bagi kamu yang sering merokok ketika berkendara atau sedang berada di dalam mobil, coba pertimbangkan lagi setelah kamu mengetahui fakta satu ini. Selain bisa mengotori bagian dalam mobil, menyalakan rokok ketika di dalam mobil juga bisa meningkatkan kemungkinan terbakarnya mobil.

Sudah ada beberapa kejadian, di mana saat pengemudi ingin menyalakan rokok, percikan api dari korek dan bara rokok, memicu kebakaran. Terlebih bila terkena zat yang mudah terbakar, seperti bensin hingga aerosol (zat di pengharum mobil model semprot).

8. Pengharum Mobil yang Meledak

Penyebab mobil terbakar selanjutnya adalah dari pengharum mobil yang menggunakan aerosol. Umumnya pengharum jenis ini berbentuk tabung dan bisa disemprotkan. 

Baca juga  Kredit Mobil Buat Taksi Online, Bisa untung?

Bila pengharum ruangan jenis ini disimpan di dalam mobil. Kemudian mobil parkir di tempat panas atau terpapar sinar matahari langsung, maka suhu kabin akan meningkat. Efeknya tabung pengharum mobil yang berisi aerosol itu bisa meledak dan memicu kebakaran.

9. Panas Knalpot dan Catalytic Converter

Catalytic converter pemicu kebarakan mobil

Ilustrasi catalytic converter

Penyebab mobil kebakaran berikutnya adalah catalytic converter dan knalpot yang terlalu panas. Sebagai informasi, untuk catalytic converter bisa mencapai panas hingga 800 derajat celcius.

Lalu bagaimana caranya kedua komponen tersebut bisa jadi peminyu mobil terbakar? Dengan panas tinggi dan letaknya di kolong mobil, bisa menyebabkan benda yang disentuhnya terbakar. Utamanya bila menyentuh daun-daun kering saat parkir di taman dan mesin mobil dibiarkan menyala. Api dari daun tersebut kemudian bisa merembet ke mobil dan terjadilah kebakaran.

10. Minimnya Perawatan Kendaraan

Penyebab Mobil Terbakar
Selain kesalahan dari penggunaan kendaraan, mobil juga dapat terbakar akibat perawatan yang tidak maksimal. Apabila mobil digunakan secara terus menerus, tentunya kamu harus rajin merawat mobil tersebut agar kondisinya tetap prima. Mobil yang tidak dirawat dengan baik akan memunculkan banyak risiko kerusakan, hingga kebakaran mobil. Jadi jangan malas ya melakukan perawatan. Supaya kebakaran mobil tidak terjadi.

Kenapa mobil terbakar tidak boleh disiram air?

penyebab mobil terbakar

Semprotan air bisa membuat api semakin besar saat mobil terbakar

Kamu tidak pernah tahu kapan hal nahas bisa terjadi dalam kehidupan, termasuk terjadinya kebakaran mobil. Jika hal ini terjadi atau pada kendaraan yang berada di sekeliling kamu, pastikan kamu mengambil langkah yang tepat. 

Perlu kamu ketahui bahwa mobil terbakar tidak boleh disiram air. Jika ternyata diperkirakan penyebab terbakarnya mobil dikarenakan oleh bahan bakar, maka air justru bisa memperburuk api. Bensin yang terbakar tidak bisa dihentikan oleh air. 

Gunakan alat pemadam kebakaran mobil atau APAR yang berbahan powder atau serbuk. Kamu bisa juga membaca selengkapnya pada panduan alat pemadam kebakaran mobil dan cara pakainya yang sudah pernah kami bahas sebelumnya. 

Itulah serangkaian informasi mengenai penyebab mobil terbakar yang cukup sering menjadi pemicunya. Untuk menghindari hal buruk terjadi, kamu bisa melakukan pengecekan secara rutin khususnya di bagian-bagian yang bisa berpotensi menimbulkan kerusakan fatal. Tetap berhati-hati dalam berkendara dan menghindari pemicunya. 

Jika kamu tertarik untuk membaca artikel terkait otomotif lainnya, cek kumpulan informasi terbaru yang ada di Blog Moladin. Tidak hanya sebagai platform jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia, Moladin juga memiliki mobil berkualitas premium dengan garansi lengkap. Karena #MoApapunMoladin aja!

Demikian ulasan terkait penyebab mobil terbakar. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika