oleh

7 Penyebab Mobil Terbakar Tiba-Tiba, Waspada!

Kira-kira apa yang penyebab mobil terbakar ? Yang pasti terbakarnya mobil pasti disebabkan oleh kesalahan pemilik atau dari mobil itu sendiri yang mengalami masalah.

Terlebih baru-baru ini sebuah Suzuki Ertiga juga dilaporkan terbakar di Jalan Tol Wiyoto Wiyono, wilayah Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (29/11/2021).

Dikabarkan kebakaran akibat adanya korsleting listrik pada mesin mobil. Beberapa sumber menyebut sebelumnya ada indikator engine system menyala, tiba-tiba keluar api dari bagian kap mobil. Hingga akhirnya api menyebar ke seluruh bodi mobil.

Kebakaran mobil tersebut baru bisa dipadamkan dalam delapan menit setelahnya. Korban pun mengalami kerugian materil karena seluruh bagian mobil terbakar.

Agar masalah ini tidak menimpa kamu. Maka dari itu, baiknya pahami dahulu resiko-resiko kenapa suatu kendaraan seperti mobil bisa terbakar. Karena mobil yang terbakar pastinya akan mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Seperti Ertiga di atas, beruntung pengemudinya bisa keluar segera dari kendaraan. Alhasil kerugian hanya pada materi barang saja. Di mana Suzuki Ertiga tersebut terbakar seluruhnya oleh api.

Maka dari itu penting untuk pemilik kendaraan mengatahui penyebab-penyebab yang bisa memicu kebakaran pada mobil. Maka dari itu berikut ulasannya, terkait tujuh penyebab mobil terbakar:

1. Kebocoran Oli dan Bahan Bakar

Penyebab Mobil Terbakar
Resiko kebocoran semakin besar ketika mobil berjalan. Karena ruang penyimpanan oli atau bahan bakar akan memanas.

Penyebab mobil terbakar yang pertama bisa disebabkan karena kebocoran bahan bakar dan oli. “Karena bagaimana pun semua cairan yang ada di dalam mobil termasuk bahan bakar dan oli beresiko mengalami kebocoran,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Baca juga  5 Masalah Honda City Type Z yang Sering Dikeluhkan

Menurut Putra, resiko itu semakin besar jika kondisi mobil sedang dalam keadaan berjalan. Karena katanya, mobil yang sedang berjalan, ruang penyimpanan oli dan bahan bakar akan memanas.

Tak hanya oli dan bahan bakar, cairan lain seperti pendingin mobil, power steering, dan transmisi juga dapat menjadi salah satu pemicu terbakarnya mobil.

Cara ampuh untuk mencegah kebakaran mobil akibat kebocoran bahan bakar, adalah dengan rutin melakukan perawatan terhadap sirkulasi oli dan bahan bakar.

2. Aksesori Kelistrikan yang Dipasang Tidak Benar

Penyebab Mobil Terbakar
Memasang audio tambahan pada mobil, jika dilakukan sembarang bisa memicu kebakaran pada mobil.

Penyebab mobil terbakar berikutnya adalah karena adanya penambahan aksesori yang berhubungan dengan kelistrikan. Sebut saja pemasangan sistem audio.

Menambahkan aksesori kelistrikan sebanarnya tidak masalah, asal dilakukan dengan benar. Tapi jika pemilihan aksesori tidak tepat, bisa menimbulkan risiko kebakaran mobil. Apalagi karena berakibat korsleting. Pilih aksesori yang sesuai standar dan pasang di bengkel yang terpercaya.

3. Mesin Overheat

overheat
Perikasa kondisi mesin secara berkala, penting untuk cegah overheat.

Penyebab mobil terbakar berikutnya adalah overheat atau adanya peningkatan suhu pada mesin. Terlebih, kondisi mesin yang memanas dapat meningkatkan suhu pada oli yang akhirnya menyebabkan kebocoran dan memicu api.

Baca juga  5 Merek Roof Box Terbaik untuk Road Trip

“Penyabab mesin panas bisa karena radiator atau katup mesinnya bermasalah,” tambah Putra.

4. Aliran Listrik Bermasalah

Penyebab Mobil Terbakar
Pemasangan kabel-kebel yang tidak benar dan kualitas yang digunakan di bawah spek pabrikan juga bisa memicu terjadinya kebakaran pada mobil.

Penyebab mobil terbakar lainnya bisa datang karena masalah kelistrikan yang bermasalah. Karena pada dasarnya, mobil memiliki aliran listrik yang mudah mengalami kerusakan.

Perlu kamu ketahui, sistem kelistrikan mobil tersebar hampir ke seluruh bagian mobil. Jadi, apabila satu bagian listrik mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan kebakaran mobil.

Untuk menghindari hal tersebut, upayakan selalu melakukan perawatan mobil terutama pada bagian kelistrikan yang ada pada kendaraan roda empat tersebut.

5. Cacat Pabrikan

Penyebab Mobil Terbakar
Penyebab masalah kebakaran bisa karena cacat pabrikan. Tidak jarang pabrikan harus melakukan recall pada ribuan kendaraannya untuk mencegah resiko ini.

Penyebab mobil terbakar berikutnya adalah karena cacat kendaraan. Sering terjadi kasus pabrikan mobil harus kembali merecall kembali mobil dijualnya untuk perbaikan, karena berpotensi terjadi kecelakaan.

Baca juga  Harga Spion Retractable, Tertarik Punya?

Jika ditelaah secara mendasar, mobil yang cacat tak selalu menjadi penyebab mobil terbakar.

Namun jika bagian cacat dibiarkan, tentu akan mengganggu kenyamanan pengemudi.

6. Korek yang Tertinggal di Dalam Kabin Mobil

Penyebab Mobil Terbakar
Barang-barang mudah terbakar seperti korek, powerbank, dan cairan-cariran kimia sebaiknya diturunkan ketika kamu harus parkir kendaraan.

Salah kasus yang sering jadi penyebab mobil terbakar adalah karena korek yang tertinggal di dalam kabin mobil. Tidak hanya itu, barang-barang yang mudah meledak lainnya seperti power bank juga bisa jadi penyebab kebakaran.

Tetapi, ada proses hingga memicu terjadinya kerusakan hingga menjadi penyebab mobil terbakar. “Misal saat korek mulai menerima panas berlebih, meledak dan menimbulkan percikan api yang akhirnya membesar membakar mobil,” tambah Putera.

Pun begitu dengan powerbank. Maka dari itu barang-barang mudah terbakar seperi tersebut sebaiknya diturunkan ketika kamu parkir kendaraan.

Terlebih saat mobil harus parkir di bawah sinar matahari langsung.

7. Minimnya Perawatan Kendaraan

Penyebab Mobil Terbakar
Selain kesalahan dari penggunaan kendaraan, mobil juga dapat terbakar akibat perawatan yang tidak maksimal.

Apabila mobil digunakan secara terus menerus, tentunya kamu harus rajin merawat mobil tersebut agar kondisinya tetap prima. Mobil yang tidak dirawat dengan baik akan memunculkan risiko kebakaran mesin yang sangat membahayakan.

Jadi jangan malas ya melakukan perawatan. Supaya kebakaran mobil tidak terjadi.

Demikian ulasan terkait penyebab mobil terbakar. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru