by

Tampil Lebih Elegan, Segini Biaya Pasang Sunroof Mobil

Banyak pemilik mobil yang berniat memasang sunroof untuk menambah estetika mobil agar terlihat mewah dan elegan, namun masih banyak pula yang belum mengetahui biaya dan resikonya. Biaya pasang sunroof memang tergolong mahal, sebab pemasangannya tidak bisa sembarangan dan harus dikerjakan bengkel spesialis.

Awalnya, mobil-mobil yang mengadopsi sunroof umumnya lansiran dari Eropa. Pun begitu juga di khususkan untuk line up mobil dengan segmen market high-end alias kelas atas.

Namun saat ini pabrikan otomotif Jepang juga sudah menyematkan fitur sunroof pada beberapa lini produknya. Sayangnya, produk yang dilengkapi dengan sunroof biasanya tipe mobil yang teratas.

Seiring perkembangan zaman, banyak bengkel-bengkel modifikasi di Indonesia khususnya di kota besar seperti Jakarta yang bisa membuat atau mengaplikasiakan sunroof pada mobil yang sebelumnya belummenggunakan fitur ini.

Hal tresebut tentunya membawa angin segar bagi pemilik mobil fast moving seperti Toyota Avanza, Honda Brio dan Suzuki Ertiga yang juga saat ini banyak yang kepincut memasang sunroof di mobilnya agar lebih terlihat mewah dan elegan.

Biaya dan waktu pengerjaan pasang Sunroof

biaya pasang sunroof
Pemasangan sunroof perlu ketelitian.

Beberapa bengkel mematok harga yang berbeda-beda untuk jasa pasang sunroof. Salah satu bengkel di kawasan Cipete, Garasi Sunroof mematok harga dikisaran Rp 15 sampai 35 juta.

“Pasang sunroof tidak bisa sembarangan. Karena ada bagian mobil yaitu atap mobil yang harus dipotong atau di hilangkan untuk memasang sunroof. Jadi harus presisi agar hasilnya optimal,” terang Ridwan, salah satu mekanik Garasi Sunroof. Saat kami hubungi via telefon (4/8/2021).

Menurut penjelasan Ridwan, harga yang dipatok disebabkan karena proses pemasangan yang tidak mudah. Mulai dari pemotorngan bagian atap yang harus sesuai dengan dimensi sunroof yang akan diaplikasikan, memasang jalur kelistrikan serta memastikan sunroof tidak mengalami kebocoran saat sudah terpasang.

“Kita potong dulu bagian atap sesuai ukuran sunroof, meudian kita fitting sesuai dengan dimensi tersebut. Setelah selesai terpasang, kita juga memasang jalur kelistrikan. Dan terakhir proses pengecatan kembali sesuai warna mobilnya.”

“Untuk lama pengerjaannya bisa seharian, itu juga kalo bengkel tidak ada antrian. Namun umumnya bisa sampai 3 hari karena harus antri. Dan kami selalu mengerjakannya dengan teliti dan detail, supaya pelanggan puas dengan hasilnya,” imbuhnya.

Di Indonesia, beberapa mobil yang harganya di bawah Rp 300 juta dan sudah mengadopsi fitur sunroof. Diantaranya adalah KIA Sonet Dynamic 1.5L iVT, KIA Picanto GT 1.2L AT, Wuling Cortez CT L 1.5L Turbo Lux CVT, MG ZS Ignite 1.5 L Turbo 4AT.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya pasang sunroff dan beberapa mobil di Indonesia dengan harga di bawah Rp 300 juta dan sudah mengusung sunroof.

Untuk informasi seputar otomotif yang menarik, simak terus Moladin.com.

Terbaru