Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Segini Biaya Pasang Sunroof Mobil, Kantong Bisa Jebol!

by Firdaus Ali
kelebihan mitsubsihi eclipse cross

Banyak pemilik mobil yang berniat memasang sunroof untuk menambah estetika mobil agar terlihat mewah dan elegan. Hanya saja, masih banyak pula yang belum mengetahui harga atau biaya pasang sunroof yang perlu dikeluarkan. Biaya pemasangan kaca di atap mobil tersebut memang tergolong mahal, tembus puluhan juta. Sebab, tidak bisa sembarangan dan harus dikerjakan bengkel spesialis.

Awalnya, mobil-mobil yang mengadopsi sunroof umumnya lansiran dari Eropa. Pun begitu juga di khususkan untuk line up mobil dengan segmen market high-end alias kelas atas.

Namun saat ini pabrikan otomotif Jepang juga sudah menyematkan fitur sunroof pada beberapa lini produknya. Sayangnya, produk yang dilengkapi dengan sunroof biasanya tipe mobil yang teratas.

Seiring perkembangan zaman, banyak bengkel-bengkel modifikasi di Indonesia khususnya di kota besar seperti Jakarta yang bisa membuat atau mengaplikasiakan sunroof pada mobil yang sebelumnya belum menggunakan fitur ini. Hal tersebut tentunya membawa angin segar bagi pemilik mobil seperti Toyota Avanza, Honda Brio dan Suzuki Ertiga yang juga saat ini banyak yang kepincut memasang sunroof di mobilnya agar lebih terlihat mewah dan elegan.

Hanya saja lagi-lagi yang perlu diingat biaya atau harga pasang sunroof itu tidak murah. Berikut bahasan lengkapnya:

Apakah semua mobil bisa dipasang sunroof?

biaya pasang sunroof

Jika ditanya apakah semua mobil bisa dipasang sunroof atau tidak, jawabannya bisa. Bahkan untuk mobil seperti Avanza dan Xenia juga bisa dipasang sunroof.

Namun memang, ada beberapa mobil dengan atap yang cenderung kecil, kurang disarankan untuk memasang jenis sunroof dengan ukuran tertentu. Walau demikian, kamu tidak perlu khawatir, bisa konsultasikan terlebih dulu kepada pihak bengkel yang akan kamu gunakan jasanya.

Setidaknya, saran dari bengkel pemasangan sunroof bis kamu pertimbangkan. Baik dari sisi jenis sunroof yang mau di pakai, hingga biaya pemasangan sunroofnya.

Jenis-jenis sunroof di atap mobil

Seperti yang kita telah bahas di poin sebelumnya, sunroof terdiri dari beberapa macam. Kamu bisa mengetahui jenis-jenis sunroof berikut ini terlebih dahulu untuk memahami manakah yang sekiranya akan cocok untuk mobilmu.

Sunroof

Sunroof adalah panel di bagian atas mobil yang memungkinkan kamu melihat pemandangan atau membiarkan udara dan cahaya masuk melalui sunroof tersebut. Sunroof sendiri terbagi ke dalam dua jenis, sunroof yang bisa dibuka seperti jendela mobil dan sunroof fixed. Bentuk sunroof pada umumnya mengikuti warna mobil dan bagian panel tersebut menutupi atap yang transparan.

Jika bagian teratas mobil tersebut bergeser, maka kamu bisa melihat bagian sunroof. Jika sunroof tersebut merupakan jenis yang bisa dibuka, setelah bagian atap mobil tergeser, sunroof bisa kamu buka layaknya jendela yang dimiringkan.

Jenis sunroof juga dibedakan berdasarkan bagaimana cara dibukanya. Ada dua jenis cara bukaan sunroof, sliding dan tilt up. Untuk sunroof sliding, artinya sunroof bisa digeser ke belakang sehingga kamu bagian panel tersebut akan terbuka sepenuhnya, bahkan kamu bisa mengeluarkan badan melalui panel tersebut. Sedangkan untuk sunroof tilt up, panel yang bisa dibuka tidak akan bisa sepenuhnya namun hanya dimiringkan dengan batas tertentu saja.

Moonroof

Moonroof adalah salah satu jenis sunroof yang punya ukuran kurang lebih sama dengannya. Tetapi hal yang membedakan dari sunroof adalah moonroof tidak bisa dilepas pasang dan transparan. Bagian ini bisa dibuka dan tutup, tapi kebanyakan mobil menggunakan sistem moonroof yang hanya bisa dibuka di bagian atas kursi pengemudi dan penumpang depan saja. Sedangkan moonroof yang ada di atas kursi penumpang tengah tidak bisa dibuka.

Panorama roof

Panorama atau panoramic roof punya ukuran yang lebih lebar jika dibandingkan dengan sunroof lainnya. Roof satu ini bisa dibuka seperti sunroof biasa. Keuntungan dari panorama roof tidak hanya karena pemandangan yang ditawarkan saja yang lebih indah, menggunakan panorama roof bisa lebih hemat untuk menyejukkan bagian mobil dibandingkan AC.

Tapi jika cuaca sedang terlalu terang, penggunaan panorama roof bisa membuat udara lebih panas dari biasanya. Dan ketika ada objek yang jatuh ke bagian tersebut misalkan saat hujan atau ada daun dan ranting kecil yang jatuh, suara yang ditimbulkan akan lebih berisik. Terakhir, hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memasang panorama roof adalah berat jenis atap tersebut.

Biaya dan waktu pengerjaan pasang Sunroof

biaya pasang sunroof

Pemasangan sunroof perlu ketelitian.

Beberapa bengkel mematok harga yang berbeda-beda untuk jasa pasang sunroof. Salah satu bengkel di kawasan Cipete, Garasi Sunroof mematok biaya dikisaran Rp 15 juta sampai 35 juta.

“Pasang sunroof tidak bisa sembarangan. Karena ada bagian mobil yaitu atap mobil yang harus dipotong atau di hilangkan untuk memasang sunroof. Jadi harus presisi agar hasilnya optimal,” terang Ridwan, salah satu mekanik Garasi Sunroof. Saat kami hubungi via telefon (4/8/2021).

Menurut penjelasan Ridwan, harga pemasangan sunroof mahal, lantaran prosesnya tidak mudah. Mulai dari pemotorngan bagian atap yang harus sesuai dengan dimensi sunroof yang akan diaplikasikan, memasang jalur kelistrikan serta memastikan sunroof tidak mengalami kebocoran saat sudah terpasang.

“Kita potong dulu bagian atap sesuai ukuran sunroof, meudian kita fitting sesuai dengan dimensi tersebut. Setelah selesai terpasang, kita juga memasang jalur kelistrikan. Dan terakhir proses pengecatan kembali sesuai warna mobilnya.”

“Untuk lama pengerjaannya bisa seharian, itu juga kalo bengkel tidak ada antrian. Namun umumnya bisa sampai 3 hari karena harus antri. Dan kami selalu mengerjakannya dengan teliti dan detail, supaya pelanggan puas dengan hasilnya,” imbuhnya.

Kelebihan dan kekurangan sunroof mobil

harga pasang sunroof mobil

Sunroof perlu dirawat agar bisa bekerja optimal

Menambahkan sunroof pada mobil memang bisa meningkatkan keindahan dan membuat mobil terlihat berkelas. Tapi coba pertimbangkan kelebihan dan kekurangan sunroof mobil berikut sebelum mengambil keputusan. 

Kelebihan

  1. Menambah nilai keindahan mobil
  2. Penerangan alami yang membuat bagian dalam mobil lebih terang
  3. Memberi kesan lebih luas pada mobil
  4. Meningkatkan ventilasi udara
  5. Membuat mobil terlihat lebih mewah
  6. Bisa menjadi alternatif untuk menyelamatkan diri di situasi darurat

Kekurangan

  1. Cukup rentan mengalami bocor saat hujan
  2. Jika tidak dirawat dengan benar, sunroof bisa macet dan menghabiskan tambahan biaya untuk memperbaikinya
  3. Ketika cuaca sedang panas, seringkali mobil akan mudah terasa panas juga
  4. Suara yang ditimbulkan akan sedikit lebih nyaring dan berisik
  5. Ruang kepala bisa jadi berkurang karena adanya sunroof

Di Indonesia, beberapa mobil yang harganya di bawah Rp 300 juta dan sudah mengadopsi fitur sunroof. Diantaranya adalah KIA Sonet Dynamic 1.5L iVT, KIA Picanto GT 1.2L AT, Wuling Cortez CT L 1.5L Turbo Lux CVT, MG ZS Ignite 1.5 L Turbo 4AT.

Di Indonesia, beberapa mobil yang harganya Rp 300 jutaan dan sudah mengadopsi fitur sunroof. Diantaranya adalah KIA Sonet Dynamic 1.5L iVT, KIA Picanto GT 1.2L AT, Wuling Cortez CT L 1.5L Turbo Lux CVT, MG ZS Ignite 1.5 L Turbo 4AT.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya pasang sunroof dan beberapa mobil di Indonesia dengan harga Rp 300 juta dan sudah mengusung sunroof. Tidak ada salahnya untuk mempercantik bagian atap mobil dengan sunroof, namun pastikan kamu sudah mempertimbangkan berbagai hal sebelum memasangnya. 

Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat, jangan lewatkan juga informasi terkait otomotif lainnya di Moladin. Tidak hanya menjadi platform jual beli mobil bekas online berkualitas di Indonesia, kami juga menyediakan video menarik yang ada di Youtube official Moladin. Karena #MoApapunMoladin aja! 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika