oleh

Bocoran Peluncuran Avanza Generasi Terbaru, Sebentar Lagi?

Penantian masyarakat atas kehadiran Toyota Avanza model anyar, sepertinya berakhir tahun ini. Peluncuran Avanza generasi terbaru dikabarkan berlangsung akhir 2021.

Informasi tersebut didapat dari salah satu vendor mobil Perodua Alza yaitu Sapura Industrial Berhad (SIB), seperti diungkapkan oleh media asal Malaysia, Paultan. Menurut mereka, Avanza akan berbagi basis dengan MPV di Negeri Jiran yaitu Perodua Alza.

“Kami sedang dalam pengembangan komponen untuk Alza terbaru yang diharapkan meluncur akhir 2021. Kami juga mendapat tanggung jawab menyuplai Case Differential Assembly dari Akahsi Kikai Industry Malaysia, Tier-1 vendor Perodua dalam hal modul transmisi, prediksi untuk produksi massal pada Desember 2021,” beber SIB dalam annual report 2021 yang dikutip dari Paultan.

Bila informasi tersebut benar, tentu menarik untuk pasar otomotif Indonesia. Artinya peluncuran Avanza Generasi terbaru tidak akan lama lagi. Walau memang, tetap ada kemungkinan kehadirannya mundur hingga 2022.

Kehadiran Toyota Avanza terbaru, pastinya bakal menggairahkan kembali pasar otomotif di Indonesia. Lalu bakal seperti apa spesifikasi Avanza anyar? Untuk jawabannya simak bahasan berikut:

Baca juga  Konsumsi BBM Sienta dan Cara Membuatnya Semakin irit!

Ada Rumor, Avanza Baru Bermesin Hybrid

peluncuran avanza hybrid
Daihatsu pernah pula memamerkan prototipe sistem hybrid di Indonesia pada GIIAS 2018

Desas-desus Toyota Avanza dan Perodua Alza bakal berbagi basis terendus pada akhir 2019. Ketika itu MPV sejuta umat asal Indonesia, tiba-tiba muncul di Malaysia sedang diuji jalan bareng dengan Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga.

Lewat kabar inilah, diyakini Avanza-Xenia-Alza akan jadi mobil kembar tiga. Sebenarnya tidak aneh ketika Perodua Alza ikut hadir sebagai anak kembar, karena Perodua berafiliasi dengan Daihatsu. Lalu Daihatsu pun berada dibawah payung Toyota Motor Corporation (TMC).

Kemudian seperti apa sosok Avanza-Xenia terbaru? Media asal Jepang, Crative 311 mengabarkan pada 2020, bahwa akan ada mobil MPV Daihatsu yang sedang digodok dengan basis Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Bahasa lain dari DNGA adalah Toyota New Global Architecture (TNGA) bila dipakai oleh mobil Toyota.

Wujudnya kurang lebih seperti DN Multisix, condong ke arah mobil MPV. Lalu yang juga menarik, ada opsi mesin hybrid berkapasitas 1.2 liter dan jantung mekanis bensin 1.0 liter turbo.

Baca juga  Toyota Indonesia Produksi Mobil Listrik Tahun 2022, Innova Hybrid?

Sebenarnya kehadiran mesin hybrid bukan hal yang mengagetkan. Toyota pernah menyampaikan siap merakit mobil hybrid produksi Indonesia pada 2022.

“Kami di Toyota senang sekali, karena pemerintah Indonesia punya keinginan yang sangat positif… (Rencana) Toyota group untuk lokalisasi HEV (Hybrid Electric Vehicle) mulai 2022,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto dalam webinar bertajuk electrification day yang berlangsung Rabu (18/11/2020).

Jadi rumor soal Toyota Avanza Hybrid bisa jadi benar. Ditambah lagi, Mitsubishi selaku kompetitor juga tengah menyiapkan Xpander Hybrid dan bakal meluncur 2023.

Sekarang tinggal tunggu waktu peluncuran Avanza generasi terbaru saja. Benarkah pada akhir 2021? Atau jangan-jangan mundur ke 2022? Dengan segala ubahan tersebut, mulai dari rangka TNGA, hingga mesin hybrid, apakah bakal tetap dinamakan Avanza-Xenia? Biar waktu yang menjawab!

Untuk informasi terbaru tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru