Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Cara Pasang Wiper Mobil yang Benar, Mudah!

by Tigor Sihombing
Cara Pasang Wiper Mobil

Berikut Moladin sampaikan cara pasang wiper mobil. Mengganti wiper sebenarnya mudah, tapi untuk yang belum paham mungkin memang sedikit membingungkan.

Karena wiper terdiri rangkaian-rangkaian besi tipis, selain itu mungkin di antara kalian masih bingung, jika wiper itu kalau diganti harus seluruhnya atau cukup karet dan penyangganya saja? Nah hal ini juga yang akan kita bahas.

Mengetahui cara melepas wiper penting bagi pemilik mobil. Karena salah cara dalam melepaskan karet wiper mobil beresiko membengkokkan besi utamanya. Jika sudah begini, malah repot. Kamu harus mengganti satu set, karena wiper sudah tidak presisi.

Selanjutnya sebelum kamu memutuskan mengganti wiper, tidak ada salahnya mengetahui ciri-ciri wiper mobil yang harus diganti. Maka dari itu penting untuk meluangkan waktu memeriksa kodisi wiper secara teratur dan mengetahui tanda-tanda apa yang harus diwaspadai saat karet wiper mulai aus. Untuk lebih lengkapnya yuk simak ulasan di bawah ini.

moladin tampil baru blog banner

Ciri-ciri Wiper Mobil yang Harus Diganti

Cara Pasang Wiper Mobil

Ilustrasi wiper mobil yang berguna untuk menyeka air di kaca depan

Ada beberapa ciri wiper mobil harus diganti. Pertama adalah ketika wiper sudah tidak bisa menyapu dengan baik air yang berada pada kaca. Misal jika mengidupkan wiper, ternyata masih banyak air yang tertinggal. Itu tandanya wiper kamu sudah aus.

Baca juga  Ragam Bahan Kampas Rem Mobil, Mana yang Bagus?

Berikutnya adalah karena getar dan mengeluarkan suara berdecit ketika sedang menyapu kaca. Hal ini bisa terjadi, karena wiper lengket, atau tidak pernah digunakan, bisa juga karena perubahan cuaca wiper jadi keras.

Ujung-ujungnya, kalau ciri wiper harus diganti itu tidak kamu indahkan. Maka efek terburuk, kaca mobil bisa baret, lantaran wiper tidak lagi berfungsi secara benar. Jika ini terjadi, tentu biaya penggantiannya akan semakin mahal. Bukan cuma wiper yang diganti, tapi juga kaca mobil kamu.

Memilih Wiper yang Baik untuk Kaca Mobil dan Kisaran Harganya

Cara Pasang Wiper Mobil

Ragam wiper mobil aftermarket yang dijual di pasaran

Berikut hal yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui adalah cara memilih karet wiper. Pertama tentukan kamu ingin membeli wiper karetnya saja (frameless) atau dengan besi framenya. Jika kondisi frame masih baik, sebaiknya belu karetnya saja dengan harga lebih murah tentunya.

Yang kedua adalah dengan menyesuaikan ukuran. Terkait ukurannya, kamu harus mengacu dengan wiper bawaan yang mobil kamu gunakan sebelumnya.

Tidak ada salahnya mengukur terlebih dahulu dengan penggaris. Karena jika salah ukuran dan kamu memaksa pemasangannya, maka beresiko bisa merusak dinamo wiper, karena sapuan akan terasa lebih berat misalnya.

Selanjutnya pilihlah wiper yang memiliki blade tipis. Karena akan lebih baik dalam hal menyapu air. Lalu soal kualitas, sebaiknya perhatikan kondisi wiper, harus sama rata, teksturnya tidak kasar, tidak kaku, dan kesat. Wiper mobil terbaik, juga mampu menempel sempurna pada permukaan kaca mobil.

Baca juga  Segini Besaran Biaya Ganti Oli Transmisi Matic

Perhatikan pula kondisi wiper secara keseluruhan, dari kemasan hingga karetnya. Jangan sampai barang yang kamu dapat adalah produk lama. Mengingat ini karet, tentunya memiliki usia pakai meski tidak dipakai. Hal terburuk adalah sudah getas sejak kamu beli.

Jika produk tersebut memiliki kecacatan, umumnya akan terlihat dengan mudah secara kasat mata. Kalau beli online, penting untuk bertanya secara detail, dan pastikan pedagang yang ingin kamu beli dagangan wipernya memiliki reputasi yang baik, karena jujur.

Jika beli di toko langsung, tidak ada salahnya membandingkan antara produk satu dengan yang lain. Selain itu pilihlah dari merek yang ternama seperti Bosch, RWB, Denso, dan lain-lai. Walau demikian, jangan pula terpaku dengan merek, karena merek mudah sekali ditiru atau ada versi KW. Sebaiknya pegang langsung untuk merasakan kualitasnya.

Untuk harga wiper mobil terbilang terjangkau dan bervariatif, berkisar dari Rp 30 – 400 ribuan. Untuk mobil-mobil Eropa biasanya menyentuh angka ratusan ribu, seperti keluaran Bosch untuk BMW misalnya. Karena wiper untuk mobil Eropa seperti BMW, biasanya material besi yang digunakan lebih tebal, begitu juga dengan karetnya. Tapi kalau untuk mobil produksi masal seperti Toyota Avanza, Honda Brio misalnya harganya cuma berkisar mulai Rp 30 ribuan per item.

Baca juga  Berapa Tekanan Angin Ban Mobil yang Pas? Awas Keliru

Cara Pasang Karet Wiper Mobil

Cara Pasang Wiper Mobil

Untuk cara pasang karet wiper mobil mudah. Kamu tidak perlu datang ke bengkel. Ikuti tahapan berikut ini supaya tidak terjadi kesalahan yang bisa saja malah memperburuk kondisi wiper mobil:

1. Angkat Wiper Mobil

Cara Pasang Wiper Mobil

Laman resmi diler Tunas Toyota mengatakan untk mengganti karet wiper bisa dimulai dengan dengan mengangkat wiper mobil secara perlahan. Lalu, lapisi permukaan kaca dengan kain supaya terlindungi dari goresan benda-benda lainnya yang mungkin tidak sengaja terjatuh ketika melepas wiper.

2. Lepas Karet Wiper Mobil 

Cara Pasang Wiper Mobil

Kemudian, lepaskan karet wiper dengan cara menekan kunci di bagian tengah wiper dan mendorongnya ke bawah. Hati-hati ketika melepaskan karet wiper dari gagang penggerak, jangan sampai ada bagian yang patah.

3. Pasang Karet Wiper Mobil yang Baru

Cara Pasang Wiper Mobil

Siapkan karet wiper yang baru, pasang dan sambungkan ke gagang penggerak secara hati-hati dengan mendorongnya ke atas sampai otomatis terkunci. Tunas Friends akan mendengar suara ‘klik’ ketika memasangnya.

Setelah itu, kamu bisa mengembalikan wiper ke tempat semula. Jangan lupa singkirkan terlebih dahulu kain yang digunakan untuk melindungi kaca mobil.

Demikian ulasan Cara Pasang Wiper Mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika