Selasa, Maret 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander, Pilih Mana?

by Deni Ferlindungan
komparasi toyota avanza vs xpander

Komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander – Kehadiran Mitsubishi Xpander di pasar otomotif Tanah Air jadi warna baru bagi segmen low multi purpose vehicle (LMPV) di pasar Nasional. Dampaknya pun mampu mengimbangi tingginya permintaan pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Pertarungan Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander sendiri cukup menarik untuk di simak. Di mana kedua produk tersebut sejatinya memiliki keunggulan, namun juga tak luput dari kekurangan.

Kelebihan Mitsubishi Xpander yang patut diacungi jempol terdapat pada sisi desain yang revolusioner. Pun begitu, untuk urusan penjualan Toyota Avanza masih mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat di Indonesia.

Buat kamu yang ingin beli mobil jenis LMPV atau mobil keluarga 7-penumpang. Sebaiknya kamu menyimak beberapa ulasan singkat mengenai komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander berikut ini:

1. Komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander dari Sisi Mesin

komparasi toyota avanza vs xpander dari sisi mesin

komparasi toyota avanza vs xpander dari sisi mesin

Pertama yang patut dibahas mengenai komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander adalah sisi mesin yang ditawarkan. Spesifikasi mesin Xpander mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter DOHC 4-Silinder. Tenaga yang dihasilkan sebesar 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm.

Mengacu pada sang kompetitor, yakni Toyota Avanza. LMPV andalan Toyota itu dilengkapi dengan mesin yang sama-sama berkubikasi 1.5 liter DOHC dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 104 hp pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

Di atas kertas tenaga yang dihasilkan Avanza lebih besar dibandingkan Xpander. Namun dari sisi torsi Mitsubishi Xpander mampu mengungguli Toyota Avanza.

Sangat disayangkan, salah satu yang jadi kekurangan Mitsubishi Xpander adalah tenaga disalurkan melalui penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD). Sementara Avanza mengusung penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Penggerak roda depan, membuat kerja roda depan jadi lebih berat, lantaran fungsinya sebagai penggerak dan juga kemudi. Di samping itu, penggerak roda depan juga kurang hebat dalam membawa beban berat. Apalagi ketika kondisi mobil menanjak dan kabin mobil diisi penuh penumpang.

Kedua persoalan tersebut tidak bakal kamu temui ketika memilih mobil dengan penggereak roda belakang (RWD).

Meski demikian, penggerak roda depan juga tidak melulu soal kekurangan. Kelebihan Mitsubishi Xpander karena menggunakan sistem FWD adalah akselerasi jadi lebih baik, lantaran tenaga dari mesin langsung didistribusikan ke roda depan.

Baca juga  Harga Mobil Baru Toyota Februari 2024, Spesial Imlek!

2. Fitur Mending Mana?

Cruise Control Mitsubishi Xpander

Cruise Control jadi keunggulan Mitsubishi Xpander jika dibandingkan Avanza

Perbandingan selanjutnya yang akan Moladin kupas adalah dari sisi fitur keselamatan dan kenyamanan. Tentunya komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander dari sisi fitur ini menjadi pertanyaan banyak masyarakat atau calon oembeli..

Moladin coba membandingkan fitur keselamatan yang tersedia di varian tertinggi dari masing-masing model. Mitsubishi memiliki Xpander Ultimate A/T sebagai varian tertinggi, sedangkan Toyota Avanza punya Veloz 1.5 A/T.

Terkait dengan fitur, Mitsubishi Xpander bisa dibilang memiliki fitur yang lebih lengkap dan juga modern. Jika dibandingkan dengan kembaran Daihatsu Xenia itu.

Mitsubishi Xpander Ultimate A/T dibekali fitur keselamatan aktif seperti Antilock Braking System (ABS), Emergency Stop Signal (ESS), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA).

Tersedia juga fitur keselamatan pasif di antaranya dual SRS Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter. Serta disediakan Isofix untuk bangku anak-anak.

Sementara sang kompetitor, yakni Toyota Veloz 1.5 A/T hanya memiki beberapa fitur keselamatan saja baik itu aktif maupun pasif. Fitur keselamatan pada Veloz antara lain dual SRS Airbags, Seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter, ABS, Isofix, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Ditambah lagi, Toyota Avanza tidak dilengkapi fitur height adjuster yang hadir di Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander. Sejauh ini, bangku pengemudi Toyota Avanza hanya memiliki fitur reclining (kemiringan) dan sliding (maju-mundur).

Kemudian Avanza juga tidak memiliki pengaturan setir maju dan mundur (telescopic). Bagi pengemudi yang memiilki tinggi lebih dari 170 cm, tentu ini akan mengurangi kenyamanan, lantaran posisi tangan jadi terlalu menekuk. Avanza sendiri hanya mengandalkan pengaturan setir naik turun (tilt) saja.

3. Desain Toyota Avanza Tertinggal dari Mitsubishi Xpander

komparasi toyota avanza vs xpander, LMPV mitsubishi lebih unggul

komparasi toyota avanza vs Mitsubishi Xpander, LMPV mitsubishi lebih unggul dari sisi desain

Mitsubishi Xpander unggul untuk urusan desain, dibanding dengan Toyota Avanza. Berangkat dari komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander yang kami lakukan. Banyak konsumen beralih ke Xpander lantaran desain LMPV ini yang revolusioner.

Baca juga  Bocoran Toyota Century SUV, Bakal Dijual di Indonesia?

Hal ini bukan tanpa alasan, karena Avanza hanya mengalami sedikit ubahan pada facelift terakhir. Secara umum, desain body Avanza masih sama seperti yang dulu. Bedanya, Avanza terbaru sekarang pakai headlamp ala-ala Alphard supaya terkesan mewah tapi selebihnya bodi bergaya kapsul.

Headlamp dengan desain baru itu sudah dilengkapi teknologi LED, dengan desain lampu tumpuk. Lampu LED ini sekarang menjadi pencahayaan utama di Toyota Avanza menggantikan halogen dengan teknologi proyektor di versi sebelumnya.

Dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander, sebagai pendatang baru mobil ini menyajikan desain sporty ala SUV. Tampilan Xpander gagah dengan ground clearance sebesar 205 mm.

Bagian depan Mitsubishi Xpander mengusung bahasa desain Dynamic Shield dengan aksen X yang menjadi ciri khasnya. Desain ini nyatanya mampu mengalihkan tren positif Avanza-Xenia yang mendominasi sejak beberapa tahun lalu.

Poin yang cukup menarik yang ditawarkan Mitsubishi Xpander terletak pada penempatan headlamp beserta lampu sein yang terpisah dan berada di bemper. Di bagian atas, terdapat lampu LED yang berfungsi sebagai daytime running light.

Komparasi Spesifikasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander

komparasi toyota avanza vs xpander di sisi fitur

Berstatus facelift, tidak banyak ubahan yang terjadi di Toyota Avanza

Sebagai gambaran untuk kamu, berikut ini Moladin juga akan membeberkan sedikit mengenai data spesifikasi dari kedua LMPV yang laris manis di Indonesia:

Mitsubishi Xpander

Dimensi PxLxT 4475 x 1750 x 1700 mm
Wheelbase 2775 mm
Ground Clearance 205 mm
Mesin 4A91 MIVEC DOHC 15 valve 1.5L
Tenaga 103 Hp @6000 rpm
Torsi 141 Nm @4000 rpm
Transmisi 4-percepatan otomatis dan 5 percepatan Manual
Penggerak Front wheel drive (FWD)

Toyota Avanza

Dimensi PxLxT 4190 x 1660 x 1695 mm
Wheelbase 2655 mm
Ground Clearance 200 mm
Mesin 1.5L IL 4-cyclinder Dual VVT-i
Tenaga 104 hp @6000rpm
Torsi 136 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi 4-percepatan otomatis dan 5-percepatan manual
Penggerak Rear wheel drive (RWD)

4. Sistem Hiburan Unggul Mana?

Interior Toyota Avanza Vs Xpander

Komparasi Toyota Avanza Vs Xpander dari sisi interior yang ditawarkan

Nah, yang tak kalah penting untuk kami bahas terkait komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander adalah dari sisi fitur hiburan yang ditawarkan. Karena fitur hiburan menjadi salah satu landasan penting konsumen membeli mobil yang sesuai kebutuhan.

Baca juga  5 Prediksi Toyota Innova Terbaru 2020, Apa Ubahannya?

Head unit Mitsubishi Xpander sudah dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 7-inci dengan Smartphone Connectivity, yang dilengkapi dengan sistem navigasi yang terintegrasi, koneksi jarak dekat serta player musik yang siap memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

Selanjutnya pada Toyota Avanza facelift mengandalkan head unit layar sentuh di hampir semua tipe kecuali yang terbawah. Head unit ini didukung aplikasi bernama T-Link untuk Android.

Pengemudi atau penumpang cukup mensinkronisasi gadget melalui jaringan bluetooth sembari menggunakan kabel data yang telah dipasang di head unit.

Jika kamu tidak melakukan sambungan dengan jaringan bluetooth dan kabel data, maka head unit tidak akan dapat menampilkan mirroring dari ponsel.

5. Layanan Purnajual dan Suku Cadang Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander

Komparasi Toyota Avanza Vs Xpander

Komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander, mana layanan purna jual yang lebih baik?

Tak kalah penting untuk dibahas dalam komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander, tentunya layanan purnajual dan suku cadang dari kedua produk itu.

Sebelum jauh melangkah mengenai suku cadang, maka sedikit banyak harus melihat kode mesin yang digunakan oleh Avanza atau Xpander. Pada Xpander dibekali mesin berkode 4A91 yang merupakan pengembangan dari mesin Mitsubishi Colt yang legendaris.

Meski mengandalkan mesin Mitsubishi Colt, namun jelas ada sedikit banyak perbedaan antara mesin Colt dengan Xpander. Mengingat mobil ini juga baru saja diproduksi, dan proses produksinya baru berjalan Oktober 2017 lalu.

Ketersediaan suku cadang jelas kalah melimpah dibandingkan Toyota Avanza yang minim perubahan. Bicara soal Avanza, di dukung nama besar Toyota dan jaringan penjualan Astra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Strategi Toyota yang memakai common engine 2NR membuat ketersediaan suku cadang Avanza ini melimpah. Mesin ini sudah digunakan Toyota sejak All New Avanza lahir pada 2011 silam atau pada major facelift.

Alhasil ketersediaan suku cadangnya bisa lebih berlimpah dibanding Xpander yang baru beberapa tahun hadir di Indonesia. Gimana sekarang sudah tahukan apa saja yang jadi keunggulan ataupun kekurangan Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza.

Semoga informasi mengenai komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander ini dapat bermanfaat buat kamu. Setidaknya kamu sudah ada gambaran akan memilih MPV mana yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika