Minggu, September 25, 2022

Toyota Crown Terbaru Meluncur, Versi SUV hingga Estate!

by Tigor Sihombing
Toyota Crown Terbaru

Toyota Crown terbaru meluncur pada Jumat 15 Juli 2022. Terlihat mobil yang identik dengan kendaraan menteri ini tampil semakin trendi dan komplit.

Crown terbaru sudah tidak hanya berdesain sedan murni. Melainkan tampil dalam empat pilihan desain yakni: sedan, sport, estate, dan crossover (SUV). Dengan desain demikian, image Toyota Crown yang awalnya hanya sebagai sedan mewah akhirnya harus menjelma menjadi beberapa segmen.

“Waktu terus berjalan dan perubahan sangat cepat terjadi. Toyota Crown tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin variatif. Bahkan keberadaannya sebagai mobil mewah semakin tidak signifikan,” tulis Toyota dalam keterangan resminya, dikutip 16 Juli 2022.

Meski demikian, untuk tahap awal Toyo Crown Crossover atau model SUV yang bakal dijual lebih dulu di Jepang. Mobil ini punya tampilan gagah dan kaki-kaki jenjang.

Secara keseleruhan untuk desain depannya, Toyota sepertinya sudah meninggalkan desain grile besar dan luas yang beberapa tahun belakangan jadi ciri mencolok dari Crown. Logo mahkota Toyota Crown terbaru juga sudah tidak ada, hanya menampilkan emblem Toyota saja di kap mesin.

Baca juga  7 Cara Merawat Mesin Diesel Euro4, Mudah!

Di bawahnya grile berdesain memanjang berdesain seperti trapesium letaknya di  bawah seperti mobil listrik Toyota bZ4X. Lalu ada sentuhan krom pada bagian bibir bawahnya, list lampu sepanjang kap dan di kaca samping.

Sistem Gerak AWD yang Berbeda di Toyota Crown SUV

Toyota Crown Terbaru

Interior Crown 2023

Dalam keterangannya Toyota juga mengatakan jika Crown SUV terbaru sudah menggunakan platform TNGA. Pun dengan pilihan mesinnya ada dua yakni 2.4 liter turbo hybrid system dan 2.5 liter hybrid parallel.

Untuk sistem hybrid mesin 2.4 liter menggabungkan mesin turbo 4 silinder segaris yang diklaim bisa menghasilkan torsi yang kuat bahkan pada RPM rendah. Sistem ini juga menggunakan baterai nikel-hidrogen bipolar hasil pengembangan Toyota dan untuk pertama kali diperkenalkan di mobil Toyota.

Sedangkan pada versi mesin 2,5 liter hybrid parallel diklaim menghasilkan penghematan bahan bakar dan menghasilkan kinerja mesin yang halus dan berkualitas tinggi.

Konsumsi BBM pada sistem hybrid 2,5 liter ini diklaim mencapai 22,4 km per liter. Sementara untuk mesin hybrid 2,4 liter turbo memiliki konsumsi BBM mencapai 15,7 km per liter.

Baca juga  Mengenal Sosok Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited

Crown terbaru juga sudah menggunakan menggunakan sistem penggerak 4WD E-Four dan E-Four Advanced. Cara kerja 4WD E-Four dalam kondisi normal akan berpenggarak FWD (Front Wheel Drive), tetapi dalam kondisi jalan tertentu akan mengirimkan tenaga ke roda belakang untuk menyesuaikan kebutuhan pengereman dan cengkraman.

Sedangkan pada sistem E-Four Advanced dimana sistem gerak ini selalu dalam mode penggerak semua roda (AWD), yang ditujukan memberikan performa untuk memberikan torsi yang lebih baik.

Untuk harga Toyota Crown SUV atau Crossover terbaru di Jepang, berikut penjelasan lengkapnya:

  • Crossover RS (E-Four Advanced dan mesin 2,4 liter Turbo Hybrid) :  6.050.000 Yen atau sekitar Rp 655 juta
  • Crossover RS Advanced (E-Four Advanced dan mesin 2,4 liter Turbo Hybrid) : 6.400.000 Yen atau sekitar Rp 692,9 juta
  • Crossover G (E-Four dan mesin 2,5 liter hybrid) : 4.750.000 Yen atau sekitar Rp 514 juta
  • Crossover G Advanced-Leather Package (E-Four dan mesin 2,5 liter hybrid) : 5.700.000 Yen atau sekitar Rp 617,1 juta
  • Crossover G Advanced (E-Four dan mesin 2,5 liter hybrid) : 5.100.000 Yen atau sekitar Rp 552,2 juta’
  • Crossover G Leather Package (E-Four dan mesin 2,5 liter hybrid) : 5.400.000 Yen atau sekitar Rp 584,7 juta
  • Crossover X (E-Four dan mesin 2,5 liter hybrid) : 4.350.000 Yen atau sekitar Rp 471 juta
Baca juga  6 Bocoran Spesifikasi Toyota Innova Zenix, Si Kijang Hybrid!

Demikian ulasan Moladin terkait Toyota Crown baru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika