by

Toyota Fortuner Facelift Meluncur 4 Juni 2020?

Toyota Fortuner Facelift 2020 – Akhirnya ada kabar baik untuk peluncuran Toyota Fortuner terbaru. Versi facelift dari SUV bongsor 7-seater ini bakal diperkenalkan tidak lama lagi.

Media asal Thailand, Magcarzine dan Car250 membocorkan informasi bahwa Toyota Fortuner facelift siap unjuk gigi pada 4 Juni 2020. Kabar ini memang bukan resmi dari pabrikan berlogo T. Hanya saja tetap patut dijadikan bahan pertimbanngan.

“Informasi dari orang dalam, versi facelift keduanya (Fortuner dan Hilux) bakal meluncur pada 4 Juni 2020,” seperti dikutip dari laman Magcarzine.

Banyak faktor yang membuat Thailand lebih siap meluncurkan mobil tersebut lebih dulu dibanding Indonesia. Salah satunya, perkembangan kasus Virus Korona telah menurun.

Di samping itu, Fortuner terbaru sudah banyak tertangkap kamera sedang diuji jalan di Negeri Gajah. Kira-kira seperti apakah sosok SUV lawan Mitsubishi Pajero Sport tersebut? Apa saja revisinya?

Buat kamu yang penasaran, simak bahasan berikut untuk mengetahui bocoran lengkap terkait Toyota Fortuner Facelift 2020:

Desain Lebih Agresif dengan Warna Bodi Two Tone

Toyota Fortuner facelift 2020
Sosok Toyota Fortuner facelift tertangkap kamera di Thailand

Mobil yang diduga sebagai Toyota Fortuner Facelift 2020 telah banyak tertangkap kamera. Baik pakai kamuflase dan tidak.

Baca juga  Bocor! Tanggal Peluncuran Toyota Agya Facelift 2020 di Indonesia

Dari seluruh bocoran tersebut, kami simpulkan bahwa SUV ini punya desain yang lebih agresif. Bodinya dibuat lebih banyak sudut. Hal menarik lain, tersedia opsi warna two tone. Atap dengan bodi punya cat yang beda.

Kemudian sistem pencahayaan juga mendapat revisi. Fortuner terbaru disebut-sebut bakal mengadopsi teknologi LED. Hal ini memang perlu dilakukan, lantaran mobil Toyota lain yang kelasnya di bawah saja sudah punya.

Desain lampu juga dibuat lebih pipih. Lalu di bagian bawahnya ada lampu kabut. Grille juga disebut-sebut lebih ramping namun lebar.

Sektor buritan, sepertinya tidak bakal banyak berubah. Lampu belakang pipih bergaya horizontal sepertinya bakal dipertahankan.

Baca juga:

Revisi Fitur dan Mesin di Toyota Fortuner Facelift 2020

fortuner thailand
Beberapa kali Fortuner tertangkap kamera dengan bodi penuh kamuflase di Thailand

Sejumlah media Thailand percaya bahwa Toyota Fortuner Facelift 2020 bakal hadir dengan revisi fitur. Kemungkinan besar yang jadi tambahan adalah fitur keselamatan lebih lengkap.

“Untuk pasar Thailand, SUV ini dikabarkan mendapat tambahan Toyota Safety Sense,” seperti disebutkan laman Car250.

Baca juga  5 Merek Mobil Terlaris di Awal 2020

Apa itu Toyota Safety Sense (TSS)? Fitur yang membuat berkendara jadi lebih selamat. Di Indonesia, fitur canggih ini telah tersemat di Toyota Alphard dan Toyota Corolla Altis Hybrid.

Keunggulan TSS terinterasi dengan kamera, sensor laser, dan berbagai fitur keselamatan lain. Sebut saja pre-collision system, lane keeping assist, automatic high beam control, dan dynamic radar cruise control.

Selanjutnya untuk mesin, sepertinya belum bakal berubah. Meski begitu ada kemungkinan performanya ditingkatkan. Terlebih untuk menghadapi kedigdayaan mesin Mitsubishi Pajer Sport Dakar.

Di atas kertas, mesin diesel Toyota Fortuner yang ada sekarang cuma bisa mengeluarkan torsi 400 Nm pada 1.600 – 2000 rpm dan tenaga 149.6 PS pada 3.400 rpm. Sementara jantung mekanis Pajero Sport Dakar mampu memuntahkan torsi hingga 430 Nm pada 2.500 rpm dan tenaga 181 PS pada 3.500 rpm.

Kapan Fortuner Facelift 2020 Hadir di Indonesia?

fortuner facelift 2020
Kehadirannya di Indonesia belum ada bocoran, meski demikian bukan tidak mungkin lahir pada GIIAS 2020

Belum ada informasi resmi soal waktu kehadiran Toyota Fortuner Facelift 2020 di Indonesia. Meski demikian, setelah Thailand kemungkinan Indonesia bakal menyusul. Hanya saja semua tergantung pada kondisi di Tanah Air, terlebih soal pandemi Virus Korona yang belum selesai.

Baca juga  Perjalanan Toyota Kijang di Indonesia, Sejak 1977 Hingga Kini

Pasalnya, Korona membuat industri otomotif terjun bebas dalam hal penjualan. Mereka juga banyak menutup pabrik untuk sementara. Lantaran itulah, banyak rencana-rencana yang tertunda. Bahkan bukan cuma untuk Toyota, tapi juga pabrikan mobil lain.

“Karena marketnya tertunda, jadi hampir semua kita tunda juga. Banyak banget yang tertunda, plan-plan masih kita coba godok ulang,” kata Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Dimas Aska.

Bisa jadi kalau Korona sudah selesai di Indonesia, Toyota Fortuner bakal meluncur bertepatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Oktober 2020.

Menariknya lagi, ada kemungkinan Mitsubishi memperkenalkan Pajero Sport facelift juga pada tahun ini di Indonesia. Makum SUV gagah tersebut sebenarnya telah meluncur resmi di Thailand. Kelahirannya di Indonesia, tentu tinggal menunggu waktu.

Sumber Moladin mengatakan, bahwa Pajero Sport facelift awalnya bakal meluncur pada Juli 2020. Namun karena Korona masih belum juga reda sampai sekarang, ada kemungkinan mundur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru