Minggu, September 25, 2022

Toyota GR Corolla Meluncur, Lebih Buas dari GR Yaris!

by Tigor Sihombing
Toyota GR Corolla

Toyota Gazoo Racing (TGR) memperkenalkan Toyota GR Corolla pada beberapa waktu lalu. Hanya saja bukan di Indonesia, melainkan di Amerika Serikat.

Sedan hatchback ini mengusung mesin turbo tiga silinder 1.600cc. Sanggup mengeluarkan tenaga maksimal 304 PS pada 6.500 rpm. 

Karakter mesin 3 silinder mirip dengan yang digunakan GR Yaris di Indonesia. Namun, pada Toyota GR Corolla tenaganya lebih besar, yakni mampu mengeluarkan output maksimum 224 kW  atau 304 PS pada 6.500 rpm. Sedangkan GR Yaris cuma sebesar 200 kW atau setara 272 PS pada 6.500 rpm.

“Menghadirkan kembali Corolla yang telah memikat pelanggan kami,” kata Presiden Toyota Akio Toyoda, dalam siaran pers Toyota Global, Jumat, 1 April 2022.

Toyota menyatakan mobil ikonis tersebut juga akan dipasarkan di Jepang pada semester kedua 2022. Sedangkan kenapa di pilih Amerika Serikat untuk pemasaran perdananya, karena menggantikan GR Yaris yang tidak hadir di negara tersebut pada tahun lalu.

GR Corolla sendiri mengadopsi sistem GR-FOUR 4WD yang juga terdapat pada GR Yaris. Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan electronic multi-plate clutch guna memberikan gaya penggerak depan dan belakang yang bervariasi.

Baca juga  Komparasi Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana Lebih Mewah?

Menariknya sistem gerak 4WD pada mode “Drive” GR Corolla mampu mengontrol respons akselerator, kemudi, dan lainnya secara terpisah sehingga pengemudi bisa memilih preferensi sesuai gaya menyetir atau kondisi jalanan.

Stabilitas GR Corolla juga dioptimalkan dengan penggunaan pillow-ball bushings, shock absorbers dan per yang dioptimalkan serta wheel alignment yang sesuai dengan transmisi GR-FOUR. Hal itu dapat memberikan performa tinggi saat mobil menikung.

Untuk bodinya, mobil GR Corolla menggunakan basis Toyota Corolla Sport namun dengan memperlebar roda depan sejauh 60 mm dan 85 mm pada belakang.

Desain GR Corolla Khas Mobil Balap

Toyota GR Corolla

Rilis resmi Toyota Global menyebut, GR Corolla juga disiapkan untuk meluncur di Jepang pada paruh kedua 2022.

GR Corolla didesain sebagai mobil yang bisa digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Namun jika diperhatikan secara keseluruhan pada eksterior seperti mobil yang siap balap.

Wajahnya agresif dengan air dam khas Gazoo Racing. Ada pula fender depan dan belakang yang lebih lebar, serta diffuser.

Seperti eksteriornya, interiornya juga tidak kalah sporty dengan jok bucket seat, setir tiga spoke mirip GR Yaris, dan rem tangan manual. Namun kapasitas angkutnya bisa mengangkut hingga 5 orang penumpang. Jadi masih aman untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga  Perkiraan Harga Toyota Agya Facelift 2020, Tidak Naik?

Toyota GR Corolla diperkenalkan dalam dua varian yakni Core Grade dan Circuit Edition. Varian Core Grade akan hadir menjelang akhir tahun serta mendapatkan tiga pilihan warna, atap sewarna bodi, dan lip spoiler.

Sementara Circuit Edition akan menjadi varian edisi terbatas yang mendapatkan tiga warna bodi termasuk Heavy Metal, atap serat karbon, spoiler sporty, dan interior berbalut bahan suede Brin Naub.

Rilis resmi Toyota Global menyebut, GR Corolla juga disiapkan untuk meluncur di Jepang pada paruh kedua 2022. Lalu kapan hadir di Indonesia? Kita tunggu saja sama-sama peluncurannya.

Demikian ulasan terkait Toyota GR Corolla. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika