by

Toyota Raize Resmi Meluncur, Harganya Mahal?

Kembaran Daihatsu Rocky, Toyota Raize resmi meluncur di Indonesia pada Jumat (30/04/2021). Mobil SUV ringkas ini istimewa karena memiliki berbagai fitur modern.

Sebut saja di Raize ada Toyota Safety Sense (TSS), mesin turbo, head unit layar sentuh yang bisa terintegrasi smartphone. Dengan demikian produk tersebut memang sangat cocok untuk anak muda.

“Raize hadir sebagai SUV ringkas dari Toyota, kami tidak hanya ingin memenuhi kebutuhan Anda tapi juga menghadirkan kegembiraan melalui produk kami dan melampaui ekspektasi Anda,” kata Chief Engineer Toyota Raize, Yuichi Imamura.

Hanya saja memang dengan berbagai keunggulan tersebut, harga Toyota Raize termahal atau varian 1.0T GR Sport CVT TSS Two Tone tembus Rp 265,9 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut sudah termasuk diskon PPnBM 0% dari pemerintah.

Ragam Varian dan Harga Toyota Raize

toyota raize resmi meluncur - bagasi
Bagasi Raize muat banyak, namun memang kabinnya cuma bisa menampung 5-orang

Dengan Toyota Raize resmi meluncur, harganya jadi terungkap jelas. Lantas, apakah harga Raize terbilang murah dibanding kompetitor?

Ternyata tidak juga. Pembanding paling mudah adalah kembarannya yaitu Daihatsu Rocky yang dijual paling mahal Rp 236,1 juta (OTR Jakarta). Kemudian Nissan Magnite, harga termahalnya Rp 244,8 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Spesifikasi Toyota Alphard Gold, Berlapis Emas Rp600 Jutaan

Hanya saja sebenarnya Toyota pun menyediakan berbagai varian dan harga untuk Raize. Totalnya ada delapan opsi:

  • 1.0T G MT One Tone Rp 219,9 juta
  • 1.0T G MT Two Tone Rp 222,2 juta
  • 1.0T G CVT One Tone Rp 233,1 juta
  • 1.0T G CVT One Tone Rp 235,4 juta
  • 1.0T GR Sport One Tone Rp 244,7 juta
  • 1.0T GR Sport CVT Two Tone Rp 247 juta
  • 1.0T GR Sport CVT TSS One Tone Rp 263,7 juta
  • 1.0T GR Sport CVT TSS Two Tone Rp 265,9 juta

Tentu semakin murah harganya, fitur-fitur dan spesifikasinya tidak akan selengkap varian tertinggi. Itulah konsekuensi yang harus diterima.

Toyota Raize 1.0T GR Sport Punya Fitur Paling Lengkap

toyota raize resmi meluncur - interior
Ada fitur Toyota Safety Sense dengan adaptive cruise control yang jadi keunggulan Raize dibanding kompetitor

Setelah Toyota Raize resmi meluncur, spesifikasinya terungkap jelas. Mobil SUV 5-penumpang ini memiliki dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm.

Kesan gagah dan sporty, terlihat jelas khususnya di varian GR Sport. Ada tambahan bodi kit, serta roda besar berukuran 205/60-17 inci. Kemudian tersedia pula opsi warna twotone.

Baca juga  SUV BMW iX Mengaspal di Shanghai Auto Show 2021

Masuk ke interior, tidak kalah istimewa ada panel instrumen 7-inch TFT, audio steering switch, interior illumination, serta head unit layar sentuh 8 Inci. Head unit tersebut bisa terkoneksi smartphone dengan konektivitas T-Link. Di sana tersedia pula personal Reminder yang bisa dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap.

Lalu yang paling istimewa adalah kehadiran Toyota Safety Sense (TSS). Teknologi tersebut terintegrasi lane departure assist with steering control, pedal missoperation control, pre collision system, front departure alert, blind spot monitoring, dan rear cross traffic alert.

Tidak hanya itu, kelebihan Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS selaku varian tertinggi yaitu memiliki adaptive cruise control (ACC). Fitur ini mampu membuat mobil melaju dan mengerem secara otomatis mengikuti kecepatan kendaraan lain yang ada di depan.

Bicara performa mesinnya pakai kubikasi 1.0 liter, tiga silinder, dan induksi turbo. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi puncak 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm dan tenaga maksimal 98 PS pada 6.000 rpm. Performa itu jauh lebih baik dibanding mesin 1.0 liter milik Toyota Agya.

Baca juga  9 Perbedaan Agya Vs Ayla, Awas Salah Beli?

Untuk informasi terbaru dan terlengkap di dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru