by

Toyota Vios Gazoo Racing Sport, Pakai 10-Percepatan CVT

Mungkin kalian masih awam dengan Toyota Vios Gazoo Racing Sport (GR-S). Hal yang wajar, lantaran mobil tersebut memang keluaran terbaru Desember 2020. Lalu tidak dijual di Indonesia, melainkan Malaysia.

Gampangnya, GR-S merupakan varian paling sporty untuk mobil Toyota. Kalau di Indonesia, kurang lebih serupa TRD Sportivo.

Walau demikian, embel-embel GR-S tetap lebih istimewa dibanding TRD Sportivo. Pasalnya bukan cuma menghadirkan tampilan sporty, performa mobil juga ditingkatkan supaya semakin menyenangkan untuk dikendarai.

“Mobil ini punya karakter kuat, menyenangkan, dan memiliki pengendalian lebih baik. Kehadiran CVT 10-perceparan mungkin terdengar berlebihan, tapi untuk mesin 1.5 liter, itu memungkinkan dikendarai dengan tenaga maksimal…,” seperti dikutip dari rilis resmi Toyota Malaysia.

Ingin tahu spesifikasi detail dari Toyota Vios Gazoo Racing Sport? Simak bahasan berikut:

Eksterior Menawan dengan Aerokit

toyota vios gazoo racing sport
Vios GR-S bukan cuma tampilannya yang sporty tapi juga performanya lebih mantap

Kehadiran Toyota Vios Gazoo Racing Sport sungguh istimewa, lantaran membuat sedan entry level ini semakin kental aura balap. Lihat saja eksteriornya yang menawan dengan berbagai aerokit.

Alhasil ketika tertepa angin, rival Honda City tersebut semakin aerodinamis dan mampu meluncur dengan mulus di jalanan. Perbedaan lain, tampak di penggunaan ban tipis tapi lebar. Ukurannya 205/45-17 inci dengan pelek warna hitam.

Baca juga  SUV Listrik Toyota BZ4X, Akhirnya Muncul Juga!

Soal balutan warna bodi, ada dua opsi untuk Vios GR-S: platinum white pearl (putih) dan red mica metallic (merah). Keduanya hadir tanpa grafis sama sekali. Hanya terdapat logo GR-Sport di beberapa komponen sebagai identitas.

Lalu masuk ke interior, tema serba hitam hadir. Pembedanya adalah jok sport yang dibalut semi-kulit suede menambah kenyamanan. Lalu panel instrumen ada aksen merah untuk meningkatkan aura sporty.

Performa Berkendara Lebih Baik di Toyota Vios Gazoo Racing Sport

toyota vios gr-s
Vios GR-S untuk saat ini cuma dijual di Malaysia

Bukan cuma tampilan, rasa berkendara Toyota Vios Gazoo Racing Sport juga lebih istimewa. Ada beberapa perubahan yang dilakukan untuk menjadikan kenikmatan berkendara bertambah.

Sebut saja pengaturan suspensi agar lebih stabil saat kecepatan tinggi di jalan lurus, maupun menikung. Kemudian electronic control unit (ECU) diatur supaya bisa memberikan putaran mesin lebih tinggi untuk Mode Sport dan respons gas yang lebih baik.

Tidak ketinggalan Toyota Vios Gazoo Racing Sport mendapat transmisi CVT 10-percepatan. Simulasi layaknya transmisi manual ini, memungkinkan kamu melakukan perpindahan gigi 10 tingkat dengan paddle shift.

Baca juga  Perbedaan Toyota GR dan GR Sport, Jangan Keliru!

“Apa yang Toyota lakukan dengan Vios GR-S benar-benar di level berbeda,” seperti dikutip dari rilis resmi Toyota Malaysia.

Fitur-Fitur Kenyamanan Tetap Terjaga

toyota vios gazoo racing sport
Meski punya aura sporty kental, Vios GR-S tetap nyaman untuk harian

Meski punya aura sport yang kental dan rasa berkendara menyenangkan, Toyota Vios Gazoo Racing Sport tetap nyaman untuk sehari-hari. Pasalnya berbagai fitur modern tidak dihilangkan.

Head unit layar sentuh 7 inci dengan Apple Carplay dan Android Auto tetap hadir. Kemudian 6-unit speaker dipertahankan supaya bisa memanjakan telinga pengemudi serta penumpang di dalam kabin.

Ada pula audio steering switch yang memungkinkan pengendara melakukan pengendalian fitur hiburan, tanpa perlu melepas setir. Lalu sistem pencahayaan pun lengkap mulai dari sein, lampu depan, lampu kabut, dan lampu rem sudah dilengkapi LED.

Soal keselamatan, kelengkapannya sungguh istimewa. Ada pre-collision system (PCS), lane departure alert (LDA), 3D panoramic view monitor (PVM), rear cross traffic alert (RCTA) dan blind sport monitor (BSM). Fitur-fitur keselamatan standar seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA) pun hadir, serta masih banyak lagi.

Baca juga  Sosok Honda City Terbaru Semakin Dekat ke Indonesia

Di Malaysia, harga Toyota Vios Gazoo Racing Sport RM 95.284 atau setara Rp 333 jutaan. Banderol tersebut lebih mahal Rp 30 jutaan dibanding Vios 1.5G yang menjadi basisnya.

Apakah Vios GR-S bakal hadir di Indonesia? Mari kita tunggu saja gebrakan Toyota di Tanah Air!

Terbaru