oleh

Toyota Vios TNGA Lakukan Uji Jalan, Rilis Tahun Ini

Vios TNGA dikabarkan sedang melakukan uji jalan di Thailand. Informasi ini tentunya berkaitan dengan rumor pada tahun lalu, yang menyebutkan kalau Toyota akan merilis Vios generasi terbaru.

Mobil ini dikembangkan dengan mengusung powertrain hybrid dan juga versi bensin. Berdasarkan laporan dari laman Paultan, Toyota Vios generasi berikutnya akan diluncurkan di Thailand periode Juli – September 2022. Namun untuk versi Hybrid besar kemungkinan meluncur lebih lama, alias awal tahun 2023.

Dikatakan juga, mobil yang akan menjadi pesaing mobil Honda City tersebut mengusung platform dari Daihatsu New Global Architecture atau DNGA. Dalam bahasa rancang bangun Toyota, penyebutan DNGA diubah jadi TNGA atau Toyota New Global Architecture.

Adapun penggunaan platform milik Daihatsu oleh Toyota, lantaran pengembangan Vios dilakukan oleh Daihatsu melalui perusahaan internal Toyota-Daihatsu bernama Emerging-market Compact Car Company (EMCC). EMCC dibentuk oleh kedua perusahaan pada 2016 dengan tujuan mengembangkan mobil ringkas untuk grup Toyota Motor yang lebih luas dengan kode D92A.

Sementara mitra lokal Daihatsu, Perodua telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menjadi pusat R&D untuk wilayah Asia Tenggara. Toyota Vios generasi berikutnya diperkirakan akan dikembangkan menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) seperti Perodua Ativa dan Perodua Alza.

Baca juga  Daftar Harga Toyota Avanza Bekas, Ada yang Rp 60 Juta

DNGA adalah versi TNGA Toyota yang lebih murah dan sederhana. Namun sejauh ini belum ada informasi detail terkait Toyota Vios TNGA. Semuanya masih sekadar spekulasi.

Prediksi Spesifikasi Mesin Toyota Vios TNGA

Vios TNGA
Tampilan belakang diduga Vios TNGA. Untuk versi konvensional bensin akan mnegadopsi mesin empat silinder 1.5 liter, namun tidak mengadopsi Turbochager. 

Adapun spesifikasi mesin Vios TNGA diprediksi akan mengusung mesin bensin 1.5 liter. Model ini akan dibekali dengan penggerak roda depan yang dipadukan dengan transmisi CVT.

Selain itu Vios TNGA juga akan ada versi hybrid dengan penggerak motor listrik dengan teknologi Toyota Hybrid System II (THS II). Sementara untuk prediksi lainnya adalah penggunaan teknologi mesin e-Smart Hybrid yang terdiri dari mesin bensin 1.2 liter dan motor listrik.

Jika benar pakai teknologi e-Smart Hybrid, maka Vios generasi terbaru bakal punya rasa berkendara yang persis sama dengan mobil listrik. Pasalnya roda akan digerakkan langsung oleh motor elektrik, sementara mesin bensin berfungsi layaknya generator untuk mengisi daya baterai.

Baca juga  6 Mobil Sedan Terbaik yang Ramah Lingkungan

Adapun tampilannya, seperti yang tertera pada foto yang beredar di internet, yang diduga di Thailand. Vios terbaru kemungkinan menyerupai Daihatsu DN F-Sedan yang pertama kali memulai debutnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu.

Dengan bodi coupe empat pintu yang ramping, konsep ini memiliki panjang 4.200 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.430 mm, dan wheelbase 2.510 mm. Sebagai perbandingan, saat ini Vios yang dipasarkan di Indonesia memiliki panjang 4.420 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.475 mm, dan wheelbase 2.550 mm.

Demikian ulasan terkait Toyota Vios TNGA yang sedang lakukan uji jalan di Thailand. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif. 

Terbaru