by

Toyota Yaris Cross Sudah Mengintip Indonesia, Siap Meluncur?

Toyota nampaknya kembali akan merilis produk barunya di Indonesia. Ada kemungkinan Toyota Yaris Cross bakal masuk Indonesia.

Hal ini tampak dari sudah terdaftarnya nama mobil tersebut di laman resmi Kemenkumham, Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Menariknya lagi, Yaris Cross telah didaftarkan sejak 17 Mei 2020 dengan nomor IDM000736596 atas nama Toyota Motor Corporation.

Toyota Yaris Cross pertama kali meluncur pada pertengahan tahun 2020 lalu dan dipasarkan untuk market Jepang. Yaris Cross dibangun dari basis Yaris hatchback terbaru, yang telah mengadopsi sasis Toyota New Global Architecture (TNGA-B).

Bukan hanya platform baru, Toyota Yaris Cross juga memiliki varian hybrid. Dilansir dari laman resmi Toyota Global, SUV ini mempunyai dua pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin hybrid 1.500 cc berteknologi Toyota Hybrid System II dengan kombinasi transmisi e-CVT. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 91 ps dan torsi 120 Nm.

Oh ya, untuk memaksimalkan tenaganya, mesin hybrid tersebut juga ditambah dengan motor listrik bertenaga 80 ps dan torsi 141 Nm.

Sementara itu untuk mesin konvensional alias mesin bensin, Yaris Cross mengusung mesin 1.500 cc Dynamic Force Engine berkode M15A-FKS dengan transmisi direct shift CVT yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 120 ps dan torsi 145 Nm.

Baca juga  Panduan Modifikasi Calya, Biar Tidak Mirip Taksi Online

Soal harga, Toyota Yaris Cross hadir di Jepang dengan pilihan empat belas varian. Harga di Jepang, ada di kisaran Rp 250 jutaan hingga Rp 395 jutaan.

Desain dan fitur Toyota Yaris Cross

toyota yaris cross
Interior Yaris Cross

Crossover hybrid ini mengusung warna hitam pada bemper dan fender roda, roof rail berkelir  krom, dan pelek 18 inci abu-abu tua. Sebuah padupadan yang apik dan elegan.

Pada bagian interiornya, ada detail eksklusif garis-garis warna chrome yang dipadukan dalam warna hitam piano serta atap dan jok yang juga dilapisi warna hitam yang berbahan dari kulit.

Selanjutnya terdapat detail kontras pada bagian konsol tengah, adalah terdapat gris tipis warna gold diantara dominasi warna hitam pada dashboardnya. Selain itu, pada handle bagian dalam pintunya juga dilapisi dengan warna emas. Ditambah, pada bagian setir dan persneling transmisi dibalut dengan material berbahan kulit yang menambah kesan elegan.

Pada bagian infotainment, tersedia sistem multimedia terbaru layar dengan ukuran sembilan inci yang mampu mengakomodasi internet browser, dan konektivitas lainnya yang bisa terhubung dengan telepon seluler.

Baca juga  Selain Kelebihan, Adakah Kekurangan Toyota Agya Terbaru?

Oh ya, Toyota Yaris Cross juga menyematkan sistem parkir canggih yang bisa memandu pengemudi saat parkir di dalam kota.

toyota yaris cross

Ada pula fungsi parkir semi otomatis canggih yang didasarkan pada kamera panorama 360 derajat dan membuat pengemudi lebih nyaman saat memarkir Yaris Cross.

Menurut Toyota, Yaris Cross juga akan dipasarkan untuk wilayah Eropa dan akan diproduksi di pabrik Valenciennes, Prancis.

Lalu apakah dengan didaftarkannya nama Toyota Yaris Cross di PDKI Kemenkumham berarti mobil ini bakal dipasarkan di Indonesia? Sampai sekarang belum ada konfirmasi resmi dari pihak pabrikan berlogo T atau Toyota Astra Motor (TAM).

“Kami belum mendapat inforamsi dari pusat mengenai Yaris Cross. Jikapun memang akan diluncurkan, biasanya kami sudah diinformasikan beberapa bulan sebelumnya untuk mendapatkan training produk knowledgenya,” ucap Santi, salah satu Wiraniaga diler Toyota wilayah Tangerang Selatan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota Yaris Cross. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru