by

Toyota Yaris Sedan Akan Disuntik Mati

Nasib mobil Toyota Yaris sedan di India tampaknya tidak akan lama lagi. Pasalnya, penjualan sedan ini tidak memberikan kontribusi yang signifikan.

Toyota Yaris sedan merupakan bentuk lain dari Yaris hatchback yang beredar di Indonesia. Hanya saja, model ini mendapat tambahan bagasi belakang dengan dimensi yang lebih besar lagi. Namun, di pasar otomotif India, mobil ini tidak memiliki pangsa pasar yang cukup baik.

Untuk bertahan pada situasi sulit, Toyota Yaris sedan ini harus bertarung dengan beberapa model lainnya. Sebut saja Honda City sedan, Suzuki Ciaz, dan Hyundai Verna, adalah lawan yang harus dihadapi oleh Yaris sedan tersebut.

Tidak hanya dari rival yang harus ditaklukan. Tetapi, dari sisi lainnya, yakni di tengah tren SUV yang tengah marak, menjadi salah satu faktor mengapa Toyota Yaris sedan kurang dinikmati oleh konsumen India.

Melihat performa penjualan yang tidak berjalan sesuai target, Toyota Kirloskar, tengah mempelajari perihal langkah apa yang akan mereka tempuh untuk menentukan masa depan Toyota Yaris sedan ini. Pada tahun lalu, pabrikan otomotif Jepang ini sudah melakukan efisiensi model.

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM Innova dan Tips Supaya Irit

Melansir gaadiwaadi, ada varian Yaris yang sudah dihapus lantaran satu dan lain hal. Dalam data tersebut, tiga varian yang dihapus adalah dua trim manual dan satu trim CVT. Pihak Toyota India pun mengatakan penjualan Toyota Yaris sedan memang mengalami penyusutan yang cukup signifikan.

Toyota Yaris Sedan Bukan Satu-satunya Model yang Disuntik Mati

Toyota Yaris Sedan
Toyota Yaris Sedan mengalami penjualan yang kurang baik

Meski dikabarkan akan menyuntik mati model ini, namun pihak Toyota masih berkelit dengan alasan lainnya. Menurut mereka, kemungkinan tersebut masih akan dipelajari dan harus dievaluasi perihal langkah apa yang tepat untuk dijalankan.

“Sebagai bagian dari strategi produk Toyota, praktik kami adalah terus mempelajari dan mengevaluasi pasar untuk memahami kebutuhan, preferensi dan tren pelanggan yang selalu berubah. Di luar ini, kami tidak dapat membagikan secara spesifik apa pun yang berkaitan dengan rencana bisnis atau produk kami di masa depan,” ujar Juru Bicara Toyota Kirloskar Motor, mengutip gaadiwaadi.

Jika langkah suntik mati Toyota Yaris sedan dilakukan, ini bukanlah satu-satunya model yang pernah dihentikan produksinya. Beberapa produk lainnya yang sudah dihentikan produksinya untuk pasar India antara lain adalah Etios, Etios Liva, Etios Cross dan Corolla Altis.

Baca juga  Toyota Rush Vs Daihatsu Terios, Beli yang Mana?

Namun, untuk model-model yang baru disebutkan tadi harus dihentikan produksinya lantaran tidak bisa mengikuti regulasi emisi yang diterapkan di India, yakni emisi BS6.

Di pasar otomotif India, Toyota Yaris sedan hadir dengan satu mesin yakni empat silinder segaris berkapasitas 1.5 liter yang mampu memproduksi tenaga sebesar 108 PS dan torsi maksimum 140 Nm. Sedangkan untuk sistem percepatannya, model ini hadir dengan dukungan transmisi manual enam percepatan dan Automatic 7 speed.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru