by

5 Perbedaan Toyota Yaris Terbaru Vs Lama

Toyota Yaris Terbaru akhirnya meluncur di Indonesia, pada Selasa (8/9/2020). Hatchback ini mengusung sejumlah perbedaan dibanding versi sebelumnya. Bukan hanya tampilan eksterior yang mendapat revisi, tapi juga fitur-fiturnya.

“Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi perubahan tren dan kebutuhan pelanggan yang menginginkan Yaris lebih stylish, youthful, dan lincah,” kata Marketing Director PT Toyota–Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy saat peluncuran virtual via streaming Youtube.

Dari hasil rangkuman kami, setidaknya ada 5 perbedaan Toyota Yaris terbaru vs lama? Untuk detail lengkapnya, simak bahasan berikut:

1. Desain Paras

toyota yaris terbaru
Ada beberapa perubahan di sektor paras yang membuatnya lebih terkesan agresif

Jika kamu melihat paras Toyota Yaris terbaru, tampak sejumlah perbedaan. Kini tampangnya tidak lagi seperti orang tersenyum, sehingga sebutan Yaris Joker dipastikan menghilang. Wajahnya berubah lebih agresif berkat ubahan minor tapi signifikan.

Kalau sebelumnya kisi-kisi udara tersebut bergaya trapesium terbalik, sekarang posisinya diganti jadi trapesium sama kaki. Lalu Yaris facelift juga memiliki rumah lampu kabut yang menyudut ke dalam.

Di sektor grille depan juga ada revisi. Tampilan hatchback anyar tersebut dibuat seolah terintegrasi dengan lampu depan dan kisi-kisi udara bawah.

Khusus varian TRD Sportivo ada tambahan aksen merah di bemper bawah. Tidak ketinggalan hadir berbagai aksesori pembelah angin di sekujur tubuh. Selanjutnya untuk bagian belakang, hampir tidak terlihat perbedaan dibanding versi lama. Cuma ada aksen merah yang dihilangkan di area pintu bagasi.

Soal ukuran roda, Yaris facelift pun masih sama yaitu 195/50-16 inci untuk keempatnya. Begitu pula dimensi secara keseluruhan, panjangnya masih 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm.

Pilihan warna Toyota Yaris terbaru ada tujuh: kuning, abu-abu terang, abu-abu gelap, merah, oranye, putih, dan hitam.

Baca juga  Mobil Baru Toyota 2020: Avanza Crossover atau Raize?

2. Lampu LED & Fitur Kamera Parkir

toyota yaris terbaru
Salah satu kelebihan Toyota Yaris terbaru adalah memiliki fitur kamera parkir

Perbedaan Toyota Yaris terbaru dengan yang lama juga terlihat dari sistem pencahayaan. Lampu depan dan kabutnya kini sudah dibekali teknologi LED.

Kelebihan LED adalah mampu menghemat daya, sehingga kelistrikan mobil bisa lebih stabil dibandingkan pakai lampu bohlam. LED juga diklaim bisa memberikan visibilitas berkendara lebih baik, terutama pada malam hari.

Fitur Yaris terbaru juga lebih lengkap dibanding versi sebelumnya, terutama untuk varian TRD Sportivo. Kini ada kamera parkir. Gunanya memudahkan pengendara ketika ingin parkir mundur. Pandangan akan bagian belakang mobil bakal terlihat jelas, sehingga meminimalkan terjadikan bodi tergores.

Lalu untuk fitur lain, tidak ada perbedaan. Misalnya untuk varian TRD tersedia audio steering switch yang membuat pengendara semakin mudah mengatur hiburan tanpa perlu melepas kemudi. Ada pula stop & start engine, sport/eco mode, panel instrumen TFT, serta paddle shift.

Desain interior Yaris facelift juga masih sama dengan versi lama. Dominasi warna hitam dikombinasikan dengan aksen silver di beberapa lokasi, menjadikan aura sportifnya terasa. Hadir pula auto AC digital yang membuat proses penyejukan kabin semakin mudah.

Bicara soal keselamatan, ada airbags, vehicle stability control (VSC), hill start assist (HSA), anti-lock braking system (ABS), electronic braking distribution (EBD), dan brake assist (BA).

3. Radius Putar Lebih Kecil untuk Toyota Yaris Terbaru

toyota yaris facelift
Yaris varian G untuk model 2020

Dari sektor radius putar, ternyata ada perbedaan untuk mobil Toyota Yaris terbaru. Pabrikan berlogo T membuatnya lebih kecil, dari 5,7 meter menjadi 5,1 meter. Hal ini berefek ke kemampuan Yaris facelift dalam bermanuver menjadi lebih lincah, terlebih saat di kepadatan jalan.

Baca juga  5 Rekomendasi Mobil Sedan Murah Bekas Taksi

Radius putar yang lebih kecil juga menjadikan Toyota Yaris terbaru lebih mudah saat ingin putar balik atau parkir. Pengendara tidak perlu memutar lingkar kemudi banyak-banyak untuk menyesuaikan arah gerak kendaraan.

Hanya saja lantaran bertajuk facelift, mobil ini tidak mengalami perbedaan di sektor mesin dan transmisi. Jantung mekanisnya masih mengandalkan kubikasi 1.496 cc dengan konfigurasi empat silinder segaris. Di dalamnya telah terbenam teknologi Dual VVT-i dan DOHC. Alhasil torsi puncak yang bisa dihasilkan mencapai 140 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 107 PS pada 6.000 rpm. Lalu untuk pilihan transmisi ada dua: manual 5-percepatan dan CVT.

Khusus untuk varian TRD CVT, tersedia pula paddle shift. Fungsi komponen ini memudahkan perpindahan gigi selayaknya transmisi manual di mobil matik. Cara ganti gigi dengan paddle shift juga tidak sulit, cukup tekan tuas yang ada di balik lingkar kemudi. Tuas kanan dengan tanda plus (+) untuk menaikkan gigi. Sementara tuas kiri bertanda minus (-) khusus menurunkan gigi.  Fitur paddle shift ini juga telah dimiliki oleh kompetitor yaitu Honda Jazz.

4. Jumlah Airbags Dikurangi?

toyota yaris terbaru
Kini Toyota Yaris tersedia dalam varian 3 airbags dan 7 airbags

Ada yang unik dari Toyota Yaris terbaru, salah satunya terkait airbags. Konsumen bisa memilih varian dengan fitur keselamatan tersebut yang jumlahnya dikurangi. Sederhananya, kini pabrikan berlogo T memberi pilihan Yaris dengan 3 Airbags dan 7 Airbags.

Padahal semua varian Yaris lama memiliki 7 Airbags. Tentunya versi 3 Airbags punya banderol yang lebih murah. Hanya saja dalam hal keselamatan, tentunya 3 airbags tidak lebih baik dari 7 airbags.

Baca juga  2 Pabrikan Sibuk Penuhi Permintaan Mobil Ambulans

Ingat, fungsi airbags sangatlah penting di mobil. Gunanya untuk mencegah cedera serius untuk pengemudi dan penumpang di dalam kabin saat terjadi tabrakan. Airbags yang mengembang diharapkan bisa meredam efek benturan secara langsung.

Bila jumlahnya dikurangi, apakah peran airbag tetap optimal sebagai fitur keselamatan?

5. Varian dan Harga

Harga Toyota Yaris Facelift 2020
Harga Toyota Yaris Facelift 2020 tembus Rp 300 jutaan untuk varian tertinggi

Kalau sebelumnya ada tiga varian dengan enam harga, kini Yaris terbaru cuma punya dua varian tapi konsumen bisa memilih delapan rentang harga. Varian E dihilangkan, pilihannya tinggal G dan TRD Sportivo. Hanya saja masing-masing varian tersebut memiliki dua pilihan transmisi dan airbags.

Harga Yaris Facelift mulai dari Rp 263,4 juta (OTR Jakarta) untuk varian G MT 3 Airbags dan paling pahal Rp 301,4 juta (OTR Jakarta) khusus varian CVT 7 Airbags.

Banderol tersebut lebih mahal dibanding Yaris lama yang dijual mulai Rp 250,95 juta (OTR Jakarta) dan termahalnya Rp 291,45 juta (OTR Jakarta).

Untuk memperkuat tampilah stylishyouthful, dan sporty pada Toyota Yaris terbaru, ada program bernama Toyota Customization Option (TCO). Fungsinya memudahkan konsumen untuk melakukan kustomisasi New Yaris dengan beberapa macam aksesori.

Pilihan aksesori pada New Yaris antara lain Sporty Floor Mat, Door Handle Protector TRD, hingga Seat Cover TRD. Seluruh aksesori tersebut dapat dipesan di dealer terdekat dan akan langsung terpasang pada saat membeli New Yaris. Konsumen juga otomatis mendapat garansi 3 tahun atau 100.000 km apabila aksesori tersebut dipesan bersamaan dengan pemesanan kendaraan baru.

Setelah mengetahui detail perbedaaan Yaris facelift vs lama, bagaimana menurut kamu? Apakah versi anyar ini lebih baik? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Comment

Leave a Reply

Terbaru