by

Ukuran Velg Suzuki Ertiga dan Pilihan Variasinya

Mengetahui ukuran velg Suzuki Ertiga bawaan, penting jika ingin melakukan modifikasi kaki-kaki. Hal ini supaya kamu mengetahui batas penggantian ukuran velg dan ban pada mobil MPV tersebut.

Data resmi dari Suzuki Indonesia, ukuran standar velg mobil Suzuki Ertiga generasi pertama (2012-2017) dan generasi kedua (2018-2021) tidak beda. Yakni 15 inci dengan lebar 5,5 inci. Pelek standar tersebut berlabel  Excel. Sedangkan bannya, untuk seluruh varian Suzuki Ertiga baik yan lama atau All New dibalut GT Radial Champiro Eco ukuran 185/65-R15.

Di sekitar tahun 2014, Suzuki Ertiga juga pernah merilis versi facelift varian Sporty. Saat itu Ertiga dibekali dengan velg 16 inch sebagai standar pabrikannya (dinaikan satu inchi). Sedangkan bannya saat itu menggunakan ban GT Radial 205/55 yang bertapak lebih lebar.

“Untuk Ertiga ini agak unik, berbeda dengan pesaingnya Avanza-Xenia yang pakai empat baut. Ertiga menerapkan lubang tromol lima baut dengan PCD 114,3 yang umumnya digunakan pada mobil-mobik kelas SUV,” jelas Putra, pemilik bengkel dan aksesoris mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Keuntungan velg Suzuki Ertiga dengan lima baut itu, bisa mendapat pilihan lebih beragam. Istimewanya lagi, dapat menggunakan velg substitusi dari SUV yang beredar di Indonesia, misal Honda CR-V dan sekelasnya.

Bicara substitusi velg tentu sangat menarik. Inilah cara paling mudah untuk membuat tampilan kendaraan kamu berubah.

Menurut Putra, Suzuki Ertiga paling cocok dan paling nyaman jika melakukan modifikasi velg naik 1 inci, jadi pakai ring 16 inci. Hal tersebut menurutnya, karena Suzuki Ertiga adalah mobil yang ditargetkan sebagai mobil keluarga. 

Ditambah lagi para pemilik Ertiga, seringkali membawa banyak penumpang. Bila memang mobil ditujukan untuk kebutuhan semacam ini, baiknya tidak mengerjakan penambahan diameter velg terlampau agresif.  Oleh karenanya, modifikasi velg Suzuki Ertiga tidak melulu soal mengupgrade ukuran, namun kita bisa mengganti desain velg yang tampil beda.

Mungkin saat ini kamu pengguna Suzuki Ertiga dan ingin mengupgrade tampilan velg agar tongkrongan lebih keren. Berikut kami tampilkan rekomendasi velg Suzuiki Ertiga:

Baca juga  Daihatsu Xenia 1.000 cc Generasi Kedua Bekas, Layak Beli?

Pilihan Velg Aftermarket untuk Suzuki Ertiga

1. HSR JD8166

Velg Suzuki Ertiga
Velg HSR JD8166 berukuran R16 X 7 dengan PCD hole 8 x 100 – 114’3 Offset 38

Jika kamu mendambakan pelek sporty, brand dari HSR bisa jadi pilihan. Untuk Suzuki Ertiga baik keluaran lama atau baru HSR memiliki model  JD8166, yang memiliki desain sporty. 

Velg ini mengadopsi desain rally dengan berbahan dasar alloy. Untuk barian warnany ada silver dan hitam (matt black). Velg HSR JD8166 berukuran R16 X 7 dengan PCD hole 8 x 100 – 114’3 Offset 38.

Di pasaran, rekomendasi velg Suzuki Ertiga dari HSR ini dibandrol dengan harga mulai Rp 4.5 – 5,5 jutaan. Harga tersebut untuk satu set berisi 4 velg.

2. HSR POTSDAM JD5081 

Velg Suzuki Ertiga
Velg HSR POTSDAM JD5081 R17 memiliki lebar 8 inch yang akan membuat tampilan Ertiga lebih tinggi dari sebelumnya.

Menurut Putra, All New Suzuki Ertiga merupakan MPV yang cocok untuk tampil sporty atau pun elegant. Sedikit tips dari dia, megatakan untuk mobil yang berwarna cerah disarankan pakai velg lebih gelap. 

“Kalau untuk mobil yang bodinya berwarna gelap, bagusnya pakai warna terang, putih atau silver misalnya,” tambah Putra.

Terkait velg Suzuki Ertiga model elegan, HSR juga punya model POTSDAM JD5081 R17. Velg ini dijamin mampu membuat tampil beda Ertiga kamu dengan sentuhan elegan.

Baca juga  Mengukur Konsumsi BBM Wuling Confero, Benarkah Hemat?

Velg HSR POTSDAM JD5081 R17 memiliki lebar 8 inch yang akan membuat tampilan Ertiga lebih tinggi dari sebelumnya. Cocok dipadukan dengan ban 205/50/17 dari ACCELERA.

Velg ini di marketplace dipasarkan pada kisaran harga Rp 5 – 6 jutaan.

3. Enkei RPF01

Velg Suzuki Ertiga
Enkei Replika, harganya lebih terjangkau untuk Ertiga

Untuk pilihan velg Suzuki Ertiga lainnya, kamu bisa menggunakan velg keluaran Enkei replika RPF-1 keluaran SSW ukuran 17 inci.  Velg ini cocok dipadukan degan ban ukuran profil 205/45R17.

Di pasaran velg ini hadir dalam tiga pilihan warna gunmal, silver dan putih. Sedangkan harganya dibandol pada lisaran Rp 4 – 4,5 jutaan, untuk satu set yang berjumlah 4 velg.

4. Advan Racing RG II (HL0605)

Velg Suzuki Ertiga
Velg Advan untuk Suzuki Ertiga tersedia untuk ukuran ring 17 dengan lebar 7, Offset 35, PCD 5 x 114,3.

Brand lain hasil rekomendasi yang cocok dengan Ertiga kamu adalah velg racing keluaran Advan. Model terlaris dari brand ini adalah type RG II HL0605.

Velg ini memiliki desain menimalis, yang tersedia dalam dua varian warna hitam dan silver. Tersedia ukuran ring 17 dengan lebar 7, Offset 35, PCD 5 x 114,3.

Velg yang mulai langka di pasaran ini dibandrol pada kisaran Rp 4,8 – 5 jutaan. 

Baca juga  Suzuki Ertiga Hybrid Versi Bensin, Siap Masuk Indonesia

5. OZ Hyper GT

Velg Suzuki Ertiga
OZ Racing harganya selangit

Untuk kamu yang berjiwa sultan, velg keluaran OZ Racing ini wajib dilirik. Melalui produk ini, OZ Racing menyediakan produk Hyper GT Matt Bronze.

OZ Hyper GT Matt Bronze Limited Edition ini didesain dengan multi palang ber-finishing matte bronze.

Ukurannya cocok unutk Ertiga generasi ke 2 dengan ring 19×8,5 inci inset 45. Meski berukuran 19 inci, pelek dengan proses produksi flow forming HLT (High Light Technology) ini sangat ringan, hanya sekitar 10,1 kg saja.

Karena ini bukan replika ya guys. Maka tidak heran velg ini dipasarkan cukup mahal yakni sekitar Rp 45 jutaan untuk 1 set.

Demikian ulasan terkait pilihan velg Suzuki Ertiga. Kiranya konter berita ini bisa menjadi acuan dan rekomendasi sebelu kmau memutuskan untuk memodifikasi Suzuki Ertiga.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru