Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

3 Beda Varian Daihatsu Ayla 1.0 M, X, dan ADS 2023!

by Tigor Sihombing
varian daihatsu ayla 1.0

Kali ini Moladin akan menyampaikan perbedaan varian Daihatsu Ayla 1.0 M, X dan, ADS 2023. Mengetahui perbedaan varian Ayla ini penting, untuk kamu membandingkan model satu dengan yang lainnya.

All New Daihatsu Ayla, atau Ayla generasi kedua pertama kali diperkenalkan pada 15 Februari 2023. Ini menjadi mobil Daihatsu ketiga dengan platform DNGA di Indonesia, setelah Xenia FWD dan Rocky.

Pabrikan berlogo D sesungguhnya menyediakan dua pilihan mesin bensin yakni 1.200 cc dan 1.000 cc. Hanya saja, fokus kami kali ini ke Ayla 1.000 cc. Mobil bermesin mungil tersebut hadir dengan beberapa keunggulan, salah satunya harga terjangkau mulai Rp 134 juta (OTR Jakarta) untuk varian M MT. Sebagai informasi, saat ini Daihatsu Ayla 1.0 D yang hadir tanpa Audio dan AC kini sudah tidak tersedia lagi. Tipe terendah kini memiliki nama Ayla 1.0 M.

Walau murah, tapi mesinnya tetap istimewa lantaran mengadopsi teknologi baru dengan kode 1KR-VE, DOHC, VVT-i, berkonfigruasi tiga silinder. Di atas kertas punya torsi puncak 89 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 67 PS pada 6.000 rpm. Sementara untuk pilihan transmisi ada manual 5-percepatan dan CVT.

Menariknya lagi, Daihatsu memberi Ayla 1.0 dalam tiga varian: M, X, dan ADS (Astra Daihatsu Sytling). Varian Daihatsu Ayla 1.0 ADS merupakan yang paling modis dengan harga tembus Rp 172,8 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Catat, Seluruh Mobil Daihatsu Dilengkapi APAR

Hanya saja memang, Ayla 1.000 cc banyak kekurangan bila dibanding varian Ayla 1.200 cc. Ambil contoh sistem pencahayaan masih LED, tidak punya spoiler atap di bodi belakang, head unit belum pakai layar sentuh, dan AC model putar (tidak digital).

Supaya kamu lebih detail dalam mengenal Ayla termurah ini, Moladin akan membahas perbedaan antara varian Daihatsu Ayla 1.0 M, X, dan ADS. Berikut bahasan lengkapnya:

1. Daihatsu Ayla 1.0 M MT

varian daihatsu ayla 1.0 m mt

Ayla 1.000 cc M MT merupakan varian termurah

Varian Daihatsu Ayla 1.0 M MT 2023 adalah yang termurah, banderolnya Rp 134 juta (OTR Jakarta). Maka dari itu, jangan terlalu banyak berharap soal spesifikasinya.

Ambil contoh, mobil ini masih menggunakan ban ukuran 155/80 R13, paling mungil dibanding varian lain. Kemudian velgnya juga menggunakan model kaleng atau steel, belum alloy. Eksterior Ayla 1.000 cc varian M MT ini juga belum memiliki wiper belakang.

Selain itu, tampilan luarnya tidak terlalu beda dengan varian Ayla 1.000 cc lain. Sebut saja sudah punya roof antenna, grip door handle, B-pillar warna hitam, hingga E-latch backdoor.

Sementara pada interior, salah satu mobil termurah di Indonesia tersebut juga tidak terlalu bisa diandalkan. Sebut saja belum ada sun visor, kemudian panel instrumennya tidak punya tachometer atau indikator putaran mesin (RPM). Daihatsu juga tidak memberi cup holder di belakang, head unit yang dipakai cuma 1 DIN dengan dua speaker di depan. Jok masih dibalut kain, tapi motifnya sangat sederhana dibanding Ayla 1.0 X dan ADS 2023.

Baca juga  Konsumsi BBM Daihatsu Rocky, Versi 1.200 cc Paling Irit

Bicara fitur keselamatan, cuma ada sabuk pengaman dengan pretensioner dan dual SRS Airbags. Soal keamanan, juga belum memiliki alarm.

Terkait performa mesin Ayla 1.0 M sesungguhnya tidak beda dari varian 1.000 cc lain, namun tidak punya opsi transmisi CVT. Daihatsu cuma memberi transmisi manual 5-percepatan untuk varian termurah ini. Ditambah lagi tidak ada front & rear stabilizer yang rasa berkendara lebih nyaman. Padalah di Ayla 1.0 varian X dan ADS sudah memilikinya.

2. Daihatsu Ayla 1.0 X

Varian Daihatsu Ayla 1.0 X

Varian Ayla 1.0 X sudah dilengkapi wiper untuk kaca belakang

Varian Daihatsu Ayla 1.0 berikutnya adalah type X yang harganya Rp 146,9 untuk transmisi manual (MT) dan Rp 166,9 juta untuk transmisi otomatis CVT. Pada eksterior, mobil ini sudah mendapatkan pelek ring 14 berkelir hitam atau gun metal alloy. Lalu bannya menggunakan ukuran 175/65 R14. Ciri khas lain, sudah ada wiper di kaca belakang.

Masuk ke interior, Ayla 1.0 X 2023 memiliki berbagai fitur yang lebih modern dibanding varian M. Sebut saja head unit 2 DIN dengan tambahan speaker di belakang. Lalu ada electric door mirror yang memudahkan pengaturan spion hanya dengan tombol. Ada sun visor, tempat meletakkan botol minum di belakang, hingga tachometer di panel instrumen.

Baca juga  Penjualan Ritel Daihatsu Naik 36,2%, Sigra Kalahkan Xenia

Bicara fitur, tersedia remote dengan alarm untuk keamanan dari maling. Soal keselamatan, ada tambahan anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), vehicle stability control (VSC), dan hill start assist (HSA) untuk varian Ayla 1.0 X CVT. Sementara untuk varian MT, belum tersedia.

3. Daihatsu Ayla 1.0 ADS 

Eksterior Daihatsu 1.0 X ADS

Daihatsu Ayla 1.0 ADS punya body kit di depan, tapi lampunya masih bohlam

Varian Daihatsu Ayla berikutnya adalah 1.000 cc ADS. Ciri dari versi ADS adalah tampilannya lebih stylish dengan eksterior mengadopsi front body kit, LED daytime running light, rear lens garnish, bumper black out, ADS emblem, dan striping sticker.

Kemudian masuk ke interior, tidak ada perbedaan antara Ayla 1.0 ADS dan 1.0 X. Dengan ubahan yang tidak banyak itu, Ayla 1.000 cc varian tertinggi ini dijual 152,8 juta (OTR Jakarta) untuk varian ADS MT dan Rp 172,8 juta (OTR Jakarta) untuk varian ADS CVT.

Demikian perbedaan antara varian Daihatsu Ayla 1.0 M, X, dan ADS. Mana yang lebih tertarik untuk kamu pinang? Atau jangan-jangan lebih suka Ayla 1.200 cc? Kiranya informasi ini bisa menjadi sumber bermanfaat sebagai bahan perbandingan sebelum membeli Daihatsu Ayla. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika