Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

6 Kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2, Ada Varian ADS!

by Firdaus Ali
Recall Daihatsu Ayla 1.000 cc

Ada beberapa kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2 2023 yang menarik untuk dibahas. Di mana mobil dengan segmen LCGC tersebut hadir dengan varian ADS (Astra Daihatsu Styling). 

Ini adalah pertama kalinya pabrikan berlogo D memberi varian ADS untuk Ayla. Sebelumnya, mereka telah memasarkan Xenia ADS dan Rocky ADS di Indonesia. Nah pada tahun 2023, Ayla ADS ikut meramaikan lini produk Daihatsu. Jika melihat beberapa mobil Daihatsu lain, maka Ayla ADS hadir sebagai varian tertinggi. Ciri khasnya adalah eksterior yang lebih sporty dibanding varian lain, karena penggunaan body kit. 

Di samping kehadiran varian ADS, kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2 juga tampak dari kehadiran dua pilihan mesin baru: 1.000 cc dan 1.200 cc. Dua opsi jantung mekanis ini tidak dipunya oleh kompetitor di kelas LCGC, seperti Toyota Agya dan Honda Brio.

Lalu fitur-fiturnya kini dibuat semakin istimewa dan safety. Dari sisi keselamatan, Ayla kini punya hill start assist (HSA) hingga vehicle stability control (HSA).

Tidak ketinggalan, Daihatsu tetap menjaga harga Ayla 2023 tetap terjangkau. Pasalnya mobil ini tetap hadir di segmen LCGC untuk para first buyer di Indonesia. Jadi, predikat sebagai mobil LCGC termurah di Indonesia bakal tetap dipertahankan oleh kembaran Agya ini.

“Kami percaya, All New Astra Daihatsu Ayla dapat menjadi kendaraan yang paling cocok bagi pelanggan, khususnya sebagai kendaraan pertama mereka, serta dapat berkontribusi bagi industri otomotif di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda saat peluncuran Ayla terbaru di Jakarta pada Rabun (15/2/2023).

Mau tahu lebih detail soal kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2? Selain membandingkan dengan kompetitor seperti Toyota Agya dan Honda Brio, kami juga coba mengikutsertakan Ayla Gen-1 sebagai patokan. Berikut bahasan lengkapnya:

1. Varian Daihatsu Ayla ADS Lebih Sporty

Kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2 2023

Varian ADS di Ayla Gen-2 membuatnya semakin sporty

Kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2 yang pertama adalah kehadiran varian ADS. Disebut sebagai keunggulan, lantaran ini tidak dipunya oleh Ayla Gen-1.

ADS sendiri merupakan varain tertinggi yang dipunya oleh mobil-mobil Daihatsu. Sebagai gambaran, selain Ayla ADS 2023, pabrikan berlogo D lebih dulu menghadirkan Xenia ADS dan Rocky ADS. Lalu apa bedanya ADS dengan varian lain?

Baca juga  Harga Mobil Daihatsu Pada April 2022, Naik Banyak?

Saat peluncuran, Daihatsu memang tidak mengatakan secara gamblang terkait spesifikasi Ayla ADS. Hanya saja kalau melihat dari produk yang ditampilkan, ciri khasnya ada di tampilan lebih sporty. Hal ini dimungkinkan lewat kemunculan body kit khas ADS, serta logo ADS di beberapa sisi. Belum jelas perbedaan untuk interiornya, tapi biasanya mengikuti aura sporty di eksteriornya.

Kehadiran Daihatsu Ayla varian ADS sekaligus membuatnya bisa bertarung dengan kompetitor yang juga punya model sporty. Sebut saja Toyota Agya dengan GR Sport dan Honda Brio lewat versi RS.

2. Sudah Pakai Lampu Depan LED

daihatsu ayla 2023 - tampak depan gen-2 1000 cc

Harga Ayla Gen-2 masih di bawah Rp 200 juta

Kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2 selanjutnya adalah di sistem pencahayaan depan yang pakai LED. Teknologi ini memungkinkan visibilitas lebih baik, lantaran cahaya yang lebih terang. Di sisi lain, LED membuat sistem kelistrikan lebih stabil, karena memakai daya rendah dibanding bohlam biasa.

Tampilan lampu depan Ayla juga lebih pipih dibanding Gen-1, sehingga menjadikan mobil tampil agresif. Apalagi ditambah lampu senja yang terintegrasi di bawah lampu utama. Ditambah lagi, untuk varian ADS, ada daytime running light (DRL) di kanan dan kiri bumper bawah.

Penggunaan lampu LED di Ayla terbaru, kami sebut sebagai kelebihan juga karena kompetitor yaitu Honda Brio belum mengaplikasikannya. Sementara saudara kembar Ayla yaitu Agya Gen-2 sudah pakai.

3. Kabin Interior Ayla Gen-2 Lebih Lega Dibanding Gen-1 

Kelebihan Daihatsu Ayla ADS 2023

Interior Daihatsu Ayla 2023 belum pakai panel instrumen TFT

Kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2 selanjutnya juga ada pada sisi interiornya. Di mana kabinnya dibuat lebih lega dibanding Ayla Generasi pertama. Spesifikasi lengkapnya memang belum dibeberkan, namun bila melihat saudara kembarnya yaitu Agya 2023, maka dimensi mobil ini akan lebih bongsor.

Pasalnya dari sisi dimensi panjang mobil akan bertambah 100 mm menjadi 3.760 mm. Lalu jarak sumbu rodanya juga meningkat 70 mm menjadi 2.525 mm. Ini tentu berefek ke kabin yang lebih luas di Ayla terbaru. Sementara itu untuk kapasitas penumpang tidak beda, masih dengan konfigurasi dua baris bangku 2+3.

Baca juga  Daihatsu Umumkan Harga Sigra Facelift 2022, Semakin Mahal!

Daihatsu cuma mengatakan bahwa Ayla 2023 punya tempat penyimpanan yang lebih banyak, salah satunya di konsol tengah depan tuas transmisi bisa dipakai untuk meletakkan dua botol minum. Lalu bagasi juga semakin luas. Lalu dari presentasi mereka, tampak bahwa Ayla pakai jok two tone dengan warna hitam kombinasi oranye atau merah. Hanya saja untuk material pelapisnya masih kain.

Dalam hal kenyamanan, interior All New Ayla juga telah dilengkapi Engine Push Start yang semakin memudahkan pengguna ketika akan berkendara, Touchscreen Audio 7’ inch yang dapat terkoneksi dengan Android Auto dan Apple Car Play yang dapat menambah hiburan selama berkendara, E-latch Backdoor, pengaturan Tilt Steering, serta fitur kenyamanan lainnya. 

4. Ayla Gen-2 Punya Dua Pilihan Mesin, Semuanya Irit BBM!

Kelebihan Daihatsu Ayla ADS 2023

Akselerasi lebih responsif dan konsumsi BBM lebih irit

Selanjutnya, kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2 adalah dari sisi pilihan mesin: 1.200 cc dan 1.000 cc. Opsi ini tidak dipunya oleh kompetitor seperti Honda Brio, bahkan Toyota Agya selaku kembarannya. Jadi bisa dikatakan, Ayla adalah satu-satunya mobil LCGC dengan dua pilihan mesin.

Khusus Ayla 1.2L di generasi kedua, pakai mesin berkode WA-VE yang serupa dengan milik Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Pabrikan berlogo D, mesin baru 3-silinder yang dikombinasikan dengan transmisi D-CVT itu, bisa menjadikan akselarasi lebih responsif 15 persen  dan konsumsi bahan bakar lebih efisien 10 persen dibanding Ayla 1.2L gen-1 yang pakai 4-silinder.

Lalu untuk Daihatsu Ayla 1.0L juga pakai mesin baru dengan teknologi VVT-i. Belum ada informasi lebih lengkap soal spesifikasinya, tapi kita bisa melihat Perodua Axia selaku kembaran Ayla di Malaysia yang menggunakan mesin berkode 1KR-VE. Jantung mekanis itu mampu mengeluarkan torsi 91 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 68 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Ayla M, Mobil Matik Termurah

Kemudian yang juga istimewa, Ayla Gen-2 dengan mesin 1.000 cc punya pilihan transmisi D-CVT. Soal konsumsi BBM juga tidak perlu diragukan, klaimnya bisa tembus 23,3 km/liter.

5. Fitur Keselamatan Lengkap

Kelebihan Daihatsu Ayla ADS 2023

Ada fitur hill start assist dan vehicle stability control di Ayla 2023

Selanjutnya yang jadi kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2 adalah dari kelengkapan fitur keselamatanya. Pabrikan berlogo D mengatakan sudah menyematkan dual airbag untuk seluruh varian. Lalu yang tidak kalah menarik adalah ada Safety Seat Belt Reminder untuk pengemudi dan penumpang.

Daihatsu juga memberi fitur HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa waktu. Dengan HSA, mobil jadi punya momentum untuk menanjak saat berhenti di tanjakan curam.

Tidak ketinggalan, hadir fitur VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan selama berkendara. VSC bisa mendeteksi dan mencegah kondisi tergelincirnya ban mobil (oversteer dan understeer) di area berbelok.

Nah, baik HSA dan VSC tersebut belum dipunya oleh Honda Brio selaku kompetitor. Jadi Ayla 2023 unggul untuk teknologi keselamatan ini.

6. Harga Terjangkau di Bawah Rp 200 Juta

Kelebihan Daihatsu Ayla ADS 2023

Berada di segmen LCGC, membuat harga Ayla 2023 tetap terjangkau!

Terakhir yang jadi kelebihan Daihatsu Ayla Generasi kedua adalah harganya terjangkau. Ini dijamin oleh pabrikan berlogo D, lantaran Ayla masih bermain di segmen LCGC. Walau belum diumumkan secara resmi harganya, tapi kemungkinan besar masih di bawah Rp 200 juta.

Sementara untuk para kompetitor, seperti Honda Brio RS yang merupakan varian tertinggi sudah di atas Rp 200 juta. Begitu pula dengan Agya GR Sport, bocorannya juga di atas Rp 200 juta. Hal tersebut dimungkinkan karena Brio RS dan Agya GR Sport bukan masuk ke segmen LCGC.

Prediksi kami untuk harga Ayla 1.000 cc terbaru, dijual  mulai dari Rp 130 jutaan – Rp 160 jutaan. Sementara untuk Ayla Gen-2 1.2 liter, mulai Rp 170 jutaan – Rp 190 jutaan. Dengan begitu, Ayla akan tetap jadi mobil LCGC termurah di Tanah Air. Menarik bukan?

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa kelebihan Daihatsu Ayla Gen-2. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika