Jumat, Maret 1, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

8 Spesifikasi, Harga, dan Review Toyota Agya 2023

by Tigor Sihombing
mobil baru 100 jutaan

Informasi mengenai harga dan spesifikasi Toyota Agya 2023 akhirnya terungkap di Gaikindo Jakarta Auto Week yang berlangsung 10 Maret 2023. Kami bahkan sudah melakukan review lengkap atas mobi mungil tersebut.

Agya terbaru kini terbagi dalam dua segmen: LCGC dan city car. Khusus Agya varian E dan G, banderolnya tetap di bawah Rp 200 juta. Sementara Agya GR Sport sekarang naik kelas, sehingga harganya tembus di atas Rp 200 juta.

“All-New Agya dan All-New Agya GR Sport memiliki perannya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di segmen yang cukup berbeda. Pengembangan Agya difokuskan untuk memperkuat basic value sebuah model di segmen entry,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Bicara spesifikasi, Agya Gen-2 sangatlah istimewa. Ubahannya lengkap dari eksterior, interior, fitur, hingga penggunaan mesin 1.2 liter yang serupa dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Lalu soal dimensi bodinya, Toyota membuatnya lebih bongsor dengan panjang total 3.760 mm atau bertambah 100 mm dibanding model lama. Kemudian interiornya juga lebih lega, lantaran punya jarak sumbu roda 2.525 mm atau lebih panjang 70 mm dari mobil Agya Gen-1.

Kemudian yang tidak kalah menarik, varian Agya GR Sport 2023 mendapat banyak kelebihan. Sebut saja Dari sisi tampilan jauh lebih sporty baik eksterior dan interior. Kemudian ada warna two tone. Ditambah lagi ada spesial tuning di bagian setir dan suspensi supaya rasa berkendaranya semakin menyenangkan.

Mau tahu lebih detail soal review Toyota Agya 2023 dengan rangka TNGA? Apakah fiturnya benar semakin mirip Toyota Raize? Kami kupas lewat artikel di bawah ini:

1. Mesin Agya Terbaru Lebih Irit BBM

performa mesin toyota agya gr sport 2023 - generasi kedua

Konsumsi BBM Agya Gen-2 tembus 21,7 km/liter

Spesifikasi Toyota Agya 2023 yang pertama adalah performa mesin. Pabrikan berlogo T mengatakan bahwa city car ini pakai mesin sama dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, soal kubikasinya adalah 1.200 cc.

Bagaimana dengan torsi dan tenaganya? Ternyata sama persis dengan Raize. Toyota Agya Gen-2 menggendong mesin berkode WA-VE 3-silinder dengan kubikasi 1.200 cc. Jantung pacu ini memiliki tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.500 rpm.

Di atas kertas, mesin WA-VE ini lebih besar torsinya dibanding mesin Agya Gen-1 yaitu 2NR-VE. Selain itu, pastinya dari sisi ramah lingkungan punya emisi gas buang lebih baik. Penggunaan mesin yang sama dengan Rocky dan Raize, juga seharusnya menjadikan ongkos produksi dari Agya Gen-2 lebih murah.

“Walau pun (mesinnya) sama, tapi karena mobilnya beda, performanya berbeda (untuk Toyota Agya dan Raize,” kata Chief Engineering Toyota Motor Corporation (TMC), Toshihiro Nakaho.

Dalam hal angka, torsi Agya Gen-2 meningkat 20 persen dibanding model lama. Kemudian akselerasinya dari 40 km/jam ke 80 km/jam cuma 6,7 detik alias lebih menyenangkan untuk menyalip kendaraan lain.

Transmisi CVT di mobil Agya Gen-2 juga istimewa, lantaran dikembangkan dengan fixed gear ratio yang mampu menghasilkan akselerasi lebih cepat dan linear. Ada pula teknologi Active D Control yang bekerja lebih hening pada kondisi normal dan menjaga efisiensi bahan bakar, namun tetap mampu memberikan akselerasi secara instan.

Kemudian Toyota juga sudah terbuka soal konsumsi BBM Agya 2023 yang diklaim lebih irit dibanding model lama. Khusus varian D-CVT, bisa menghemat bensin hingga 21 km/liter atua lebih irit 0,3 km/liter dari Agya Gen-1. Kemudian Agya Gen-2 dengan transmisi manual, konsumsi BBM-nya bisa tembus 21,8 km/liter, lebih hemat 1,2 km/liter dari generasi sebelumnya.

Tes Konsumsi BBM Toyota Agya GR Sport

review toyota agya 2023 - konsumsi bbm irit

Agya bisa menghemat BBM hingga 26,5 km/liter

Kami juga telah melakukan review atas Toyota Agya GR Sport 2023 untuk konsumsi BBM dengan metode eco driving dan full to full. Perjalanan kami lakukan dengan kecepatan rata-rata 43 km/jam melewati jalan yang didominasi tol sejauh 67 km. Ternyata mobil ini cuma butuh bensin 2,5 liter.

Dengan kata lain, hasil uji konsumsi BBM Agya terbaru mendapatkan rata-rata 26,5 km/liter. Artinya ini melampaui klaim Toyota yang cuma 21 km/liter. Istimewa bukan?

Baca juga  Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2022 dan Review Lengkapnya!

Sementara itu, kami pun pernah melakukan test drive bersama Agya Gen-2 di Bali. Hanya saja gaya berkendara yang kami gunakan selama berkeliling Pulau Dewata bukanlah eco driving. Dalam artian gas pol ketika jalanan kosong, kemudian banyak melewati kondisi stop & go.

Belum lagi mobil diisi oleh 4 penumpang dewasa beserta barang bawaannya masing-masing. Adapun total berat penumpang ditambah barang bawaan, estimasi 380 kg. 

Usai menempuh total perjalanan sekitar 70 Km, ternyata konsumsi BBM mobil Agya terbaru cuma bisa meraih 9,2 km/liter. Jadi, kesimpulannya soal irit atau tidak memang bisa berbeda-beda tergantung situasinya.

Tes Akeselerasi 0-100 Km/jam

review toyota agya 2023 - tes akselerasi

Butuh 12,1 detik untuk Agya melaju hingga 100 km/jam

Review Toyota Agya terbaru selanjutnya membahas soal performa mesin terkait akselerasi. Ada dua pengujian yang kami lakukan yaitu 0-100 km/jam dan drag race 201 meter.

Hasilnya Agya Gen-2 khususnya varian GR Sport bisa melesat dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 12,1 detik. Mesin 1.200 cc dengan konfigurasi tiga silindernya yang dikombinasikan dengan CVT, ternyata cukup cekatan. Lalu untuk hasil drag race 201 meter Toyota Agya terbaru 2023, catatan waktunya adalah 11,8 detik.

Uji Tanjakan

toyota agya 2023 - tampak belakang

Agya saat kami lakukan tes menanjak

Pengujian mesin Toyota Agya belum selesai, terakhir kami lakukan tes menanjak. Dengan sudut kemirigan hingga 21 derajat. Kemudian untuk bobot total yang dibawa adalah 465 Kg dari hasil kombinasi 5 orang.

Apakah bisa menanjak? Review Toyota Agya 2023 yang kami lakukan membuktikan bahwa mobil ini sukses melahap tanjakan dengan mudah. Bahkan ketika berhenti di tengah tanjakan, kemudian gas lagi, juga tidak masalah. Dengan catatan, AC yang kami pakai ada di kondisi dingin paling kecil. Kemudian transmisi pakai S.

Hanya saja kekurangannya, mesin 1.200 cc milik Agya terbaru punay konfigurasi tiga silinder. Alhasil ketika melahap tanjakan awal, getarannya terasa cukup kuat hingga ke kabin.

2. Interior Toyota Agya 2023

Toyota Agya 2023 - interior lapang

Kabin Agya terbaru dibuat lebih lapang dibanding model sebelumnya

Spesifikasi Toyota Agya 2023 selanjutnya adalah interior. Dalam presentasinya, pabrikan berlogo T memperlihatkan bawah kabin mobil ini lebih lega dibanding sebelumnya. Bicara dimensi Agya Gen-1, panjangnya 3.660 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm.

Sementara untuk Agya Gen-2 punya bodi dengan panjang hingga 3.760 mm atau bertambah 100 mm dibanding model lama. Kemudian jarak sumbu rodanya adalah 2.525 mm atau lebih panjang 70 mm dari Agya Gen-1.

Jika semakin bongsor, tentunya membuat ruang interior dari Toyota Agya 2023 jadi lebih besar. Alhasil pengemudi dan penumpang semakin nyaman saat berkendara, utamanya karena punya ruang kaki (leg room) serta kepala (head room) lebih luas.

Masuk ke dalam mobil, konsep horizontal design memperlihatkan kesan lebih canggih dan driver-oriented untuk menunjukkan interior yang sporty dan berkualitas tinggi. Panel instrumen dan door trim mengadopsi tekstur 3 dimensi untuk memberikan nuansa canggih.

Konsol tengah dan tuas transmisi dipindahkan lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi yang sudah lebih baik berkat pengaturan desain dan posisi jok yang sanggup menopang tubuh secara optimal. Termasuk ada rombakan pada desain dan layout pedal-pedal supaya pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks..

Di Toyota Agya GR Sport 2023, di dalam kabinnya tersemat beberapa sentuhan signature GR Sport. Ada dark silver ornament color pada kisi AC, GR Sport logo dan red stitch pada bangku depan dan bagian bawah kemudi sudah berbahan kulit sintetis, floor mat, serta leather shift knob.

Bagasi Mobil Agya Baru Sangat Luas

Review toyota agya 2023 - bagasi

Kapasitas bagasi Agya Gen-2 tembus 403 liter

Review Toyota Agya 2023 yang kami lakukan juga soal bagasi. Walau dimensinya mungil, tapi ternyata kapasitas menampung barang di belakang sangatlah luas.

Klaim Toyota, bagasi Agya memang diperluas lantaran ada penambahan panjang menjadi 610 mm (61 cm). “Daya angkut ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm,” beber rilis resmi Toyota.

Benar saja, setelah kami ukur bagasi Agya Gen-2 memiliki panjang 62 cm. Hitungan kami tidak beda jauh dari klaim Toyota yang 61 cm. Kemudian untuk lebarnya 100 cm, dan tinggi 65 cm. Dengan kata lain, Agya bisa angkut barang hingga 403 liter di bagasinya.

Baca juga  Toyota Rush Vs Daihatsu Terios, Beli yang Mana?

Lalu klaim lain dari pabrikan berlogo T, saat jok belakangnya dilipat rata lantai, maka Agya terbaru bisa mengangkut empat koper besar sekaligus. 

3. Special Tuning Setir dan Suspensi untuk Toyota Agya GR Sport 2023

toyota agya gr sport 2023 - eksterior

Rasa berkendara Agya GR Sport 2023 diklaim lebih menyenangkan

Selanjutnya yang jadi bocoran Toyota Agya 2023 adalah penggunaan platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architechture). Platform ini sebelumnya sudah digunakan oleh mobil-mobil terbaru Daihatsu dan Toyota, diklaim lebih ringan serta menyenangkan untuk diajak berkendara. Kalau di Toyota, nama platform ini berubah jadi TNGA.

Kelebihan lain dari TNGA, mobil jadi bisa dikembangkan ke arah mobil elektrifikasi. Contohnya saja Toyota Innova setelah pakai TNGA dan lahir Zenix, tersedia dalam pilihan mesin hybrid. Jadi, bukan tidak mungkin penggunaan TNGA membuat Agya Gen-2 jadi siap untuk penggunaan mesin hybrid yang pastinya lebih irit BBM dan ramah lingkungan.

Hanya saja untuk Toyota Agya terbaru masih pakai mesin bensin konvensional. Lalu yang menarik adalah di varian GR Sport, ada special tuning di bagian suspensi dan setir. Efeknya adalah mobil lebih stabil sekitar 15 persen saat bermanuver tajam saat menikung.

Di detail Agya GR Sport 2023 ini ada di bagian suspensi dan bodinya dibuat lebih kaku sekitar 15 persen. Kemudian power steering dan steering gear dirancang lebih presisi.

“Mewarisi DNA motorsports TOYOTA GAZOO Racing (TGR), perubahan lanjutan (untuk Agya GR Sport) dilakukan pada sistem suspensi dan EPS. Exclusive shock absorber dan coil spring diracik supaya sanggup memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar. EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara sport tires yang dipilih secara khusus mampu menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip-nya di jalan berliku,” seperti dikutip dari rilis resmi Toyota.

Tes Limbung Saat Bermanuver

review toyota agya 2023 - manuver limbung

Agya GR Sport jadi mobil paling stabil di antara kompetitor

Dengan berbagai special tuning di Agya GR Sport, apakah rasa berkendaranya benar-benar semakin menyenangkan. Review Toyota Agya 2023 yang kami lakukan sungguh membuktikan, bahwa mobil ini istimewa.

Agya varian GR Sport dengan ban Dunlop SP Sport Maxx ukuran 185/55 R15 terasa berbeda dibanding varian G. Dari sisi pengemudi, kontur jalan bisa terbaca dengan baik. Cengkeramannya juga lebih mantap. Ditambah lagi, setir diatur jadi lebih direct, sehingga asik diajak berbelok ke kiri dan kanan. Ini semkain istimewa lagi dengan kehadiran suspensi ala GR.

Dari hasil tes manuver yang kami lakukan, Agya terbaru pun sukses jadi mobil yang paling tidak limbung atau stabil di antara kompetitor. Ketika diajak berbelok tajam dalam kecepata 35 km/jam, ternyata bodinya cuma miring sekitar 3,3 derajat. Bandingkan dengan Ayla yang kemiringannya hingga 3,7 derajat. Begitu pula Brio RS dengan 4,2 derajat.

4. Eksterior dengan Warna Two Tone

toyota agya gr sport 2023 - tampak belakang

Warna two tone hadir di Agya GR Sport 2023

Kemudian yang menarik dari spesifikasi Toyota Agya 2023 adalah penggunaan warna two tone. Totalnya tersedia dua opsi yaitu: bodi putih dengan atap hitam dan bodi merah dengan atap hitam. Setidaknya ini terlihat dari varian GR Sport.

Bicara tampilan Agya GR Sport, semakin isitmewa dengan pelek two tone besar ukuran 15 inci dengan ban 185/55. Keistimewaan lain ada di body kit yang membuat tampilannya semakin sporty. Kemudian tidak lagi tersemat logo khas LCGC di grille depan, diganti logo Toyota.

Sementara untuk Agya Gen-2 tanpa embel-embel GR Sport, memiliki empat pilihan warna bodi monotone: merah, kuning, putih, dan hitam. Pelek yang digunakan lebih kecil yaitu 14 inci dengan kelir silver, bannya berukuran 175/65. Kemudian tampilannya juga lebih sederhana tanpa body kit dengan logo khas LCGC di grille depan.

Walau begitu yang menarik adalah sistem pencahayaan depan atau lampu depan sudah LED dengan desain lebih pipih. Lalu grille depan dibuat lebih besar dengan dominasi warna hitam.

Baca juga  Tips Beli Mobil untuk Anak Kuliah, Jangan Asal!

Bodi juga dibuat lebih bongsor, dimensi Agya terbaru memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm. Kemudian wheelbase 2.525 mm.

5. Fitur Modern dengan Panel Instrumen TFT

toyota agya 2023 - dashboard

Interior Toyota Agya GR Sport

Selain itu, Toyota Agya Gen-2 juga punya berbagai fitur modern. Ada sistem audio dengan Head Unit 7 inch lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Tilt steering serta Front & Rear Separated Head Rest sudah ada pada semua tipe.

Kemudian hadir Digital AC, audio Steering Switch, dan Push Start Button hadir mulai di Agya varian G. Khusus varian G CVT, tersedia Paddleshift dan Power Mode untuk memaksimalkan distribusi tenaga sehingga lebih fun to drive. Electric Mirror juga menjadi fitur standar di tipe E dan G, di mana tipe G mendapatkan tambahan fitur Smart Entry System.

Tidak ketinggalan hadir panel instrumen TFT seperti punya Toyota Raize di Agya varian tertinggi atau GR Sport. Dengan demikian, tampilan interiornya jadi semakin istimewa dibanding Agya E dan G.

6. Belum Ada Toyota Safety Sense

interior toyota agya 2023 tipe G - dashboard

Layout dashboard Toyota Agya Gen-2

Fitur safety new Agya 2023 ditingkatkan dengan memperkuat beberapa elemen chassis dalam meredam efek tabrakan dari berbagai arah. Diameter teromol rem belakang ditambah untuk meningkatkan daya pengereman, disinergikan dengan rem cakram di depan dan penggunaan fitur ABS+EBD.

Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Dual Airbags ada di seluruh tipe, berikut Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) sebagai standar.

Hanya saja bicara Toyota Safety Sense (TSS), Agya 2023 tidak memilikinya. Pasalnya bila melihat setir yang digunakan, tidak ada tombol di bagian kanan mobil. Oleh karenanya, prediksi kami, TSS belum hadir ke mobil mungil ini.

7. Harga Toyota Agya 2023

toyota agya 2023 generasi 2 - eksterior belakang

Harga Agya Gen-2 diprediksi masih di bawah Rp 200 jutaan

Dengan spesifikasi tersebut, berapa harga Toyota Agya 2023? Pabrikan berlogo T resmi mengumumkannya pada GJAW pada 10 Maret 2023, tersedia dalam 5 varian. Banderolnya mulai Rp 167,9 juta untuk Agya E M/T. Sementara yang termahal tembus Rp 253,5 juta untuk Agya GR Sport CVT.

Toyota sendiri membagi dua segmen untuk Agya Gen-2. Di mana Agya E dan G masuk segmen LCGC. Sementara Agya GR Sport sudah naik kelas ke city car. Berikut daftar harga Toyota Agya terbaru:

  • 1.2 E M/T (Spot Order*) Rp 167.900.000
  • 1.2 G M/T Rp 175.400.000
  • 1.2 G CVT Rp  191.400.000
  • 1.2 GR Sport M/T Rp 237.500.000
  • 1.2 GR Sport CVT Rp 253.500.000

“Banyak customer juga mengharapkan untuk city car yang punya performance sporty, karena itu kita perkenalkan All New Agya GR Sport yang akan bermain di segmen baru,” kata Henry Tanoto.

Maka dari itu, harga Toyota GR Sport 2023 tembus di atas Rp 200 jutaan. Hal ini wajar, mengingat banyak ubahan baik dari sisi interior yang lebih modern. Lalu performa mesin juga lebih istimewa.

Kemudian dengan banderol tersebut, Agya juga didukung dengan layanan aftersales T-CARE yang dapat dinikmati di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia berupa gratis biaya jasa. Khusus Agya GR Sport, bahkan gratis biaya jasa dan suku cadang hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer, mana yang lebih dulu). Selain itu, ada tambahan benefit berupa extended warranty 1 tahun / 20.000 km, jika pelanggan rutin melakukan servis tepat waktu sesuai rekomendasi.

8. Biaya Sewa Agya Terbaru dengan KINTO

Toyota Agya GR Sport 2023 - eksterior tampak depan

Agya gen-2 bisa disewa menggunakan KINTO dengan biaya Rp 4 juta per bulan

Di samping pembelian new Agya 2023, Toyota juga menawarkan sewa dengan layanan KINTO. Jadi konsumen tidak perlu memiliki, cukup meminjam mobilnya dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 4 jutaan rupiah per bulan.

Menariknya layanan KINTO ini, konsumen tidak perlu memikirkan perawatan kendaraan yang digunakan (hassle-free). Paket berlangganan KINTO One berdurasi 36 bulan dan sudah meliputi layanan full service, yaitu biaya service berkala, perpanjangan pajak & STNK, asuransi, emergency roadside assistance, dan penggantian aki & ban.

“Sebagai bagian dari Total Mobility Solution, Agya didukung oleh berbagai layanan mobilitas berupa layanan yang mudah, aman, dan nyaman, yang kami harapkan dapat mewujudkan mobilitas yang menyenangkan dan personal bagi pelanggan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Bagaimana menurut kamu? Apakah dengan sepesifikasi dan harga tersebut, Toyota Agya terbaru masih laris manis dan bisa menghajar Honda Brio? Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika