Sabtu, Maret 2, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review Toyota Vios G TSS 2023, Sedan Canggih!

by Firdaus Ali
review toyota vios g tss terbaru 2023

Berikut akan kami review Toyota Vios generasi keempat, khususnya varian tertinggi Vios G TSS 2023. Di mana mobil sedan ini hadir dengan tampilan yang lebih modern dan elegan, serta dilengkapi dengan fitur yang modern.

Toyota Vios terbaru meluncur di Indonesia sejak akhir tahun 2022. Mobil ini dijual dalam 3 varian, yaitu Vios E, G CVT, dan G TSS CVT sebagai varian flagship. Kemudian, untuk pilihan warnanya ada Attitude Black, Gray ME (Spot Order*), Metal Stream ME, Platinum White Pearl, serta Red MM (Spot Order*). Berikut detail harga Toyota Vios 2022 untuk wilayah Jakarta:

  • Toyota Vios E: Rp 314.900.000
  • Toyota Vios G CVT: Rp 355.200.000
  • Toyota Vios G TSS CVT: Rp 368.400.000

Dalam review Toyota Vios G TSS terbaru, kami melakukan berbagai pengujian mulai dari akselerasi, konsumsi BBM, hingga kenyamanan interiornya. Bahkan, kami juga bakal membandingkannya dengan MG 5 GT Magnify selaku kompetitor, agar ada gambaran yang lebih jelas soal sedan yang diimpor dari Thailand tersebut.

Apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Vios terbaru? Simak bahasan berikut ini:

Desain Eksterior Modern

Review Toyota Vios G TSS

Desain eksterior modern

Review Toyota Vios G TSS yang pertama adalah dari sisi desain eksteriornya. Vios terbaru hadir dengan tampilan desain grill berdimensi cukup besar dengan aksen garis horizontal yang menyatu dengan bumper. Kemudian untuk headlampnya sudah menggunakan LED dan masih sipit dengan model mirip eagle eyes.

Pada bagian belakang, Toyota Vios G TSS hadir menyelaraskan proporsional dari desain depan dan sampingnya. Di mana perpaduan desain lampu dan bumpernya terlihat apik.

Untuk menunjang penampilannya, Toyota Vios 2022 menggunakan velg alloy berukuran 17 inch yang dibalut ban dengan berprofil 195/60R17.

Sebagai informasi, Vios terbaru ini mempunyai dimensi panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 1.480 mm. Sementara itu, untuk wheelbasenya ada di angka 2.620 mm dan ground clearance 160 mm.

Baca juga  Toyota Altis 2022 Meluncur, Lebih Aman!

Akomodasi Penumpang & Bagasi Vios G TSS

Review Toyota Vios G TSS

Akomodasi penumpang & bagasi Vios G TSS

Selanjutnya, review Toyota Vios G TSS dari sisi akomodasi penumpang. Kami mengujinya secara langsung dengan duduk di jok depan dan belakang. Team kami terdiri dari 2 orang yang mempunyai tinggi badan sekitar 180 cm.

Kemudian satu orang duduk di jok depan secara nyaman. Pasalnya jok pengemudi bisa diatur naik turun, maju mundur, hingga rebah tegak. Walau memang, pengaturan tersebut masih manual atau belum elektrik.

Sementara satu lagi duduk di belakang, hasilnya ternyata yang duduk di belakang merasa cukup sempit. Jarak lulut penumpang belakang dengan senderan jok pengemudi hanya 1 jari dan posisi kepala bisa dikatakan menyentuh dengan plafon mobil.

Namun begitu, jika posisi pengemudi dan penumpang mempunyai tinggi rata-rata 170 cm sampai 175 cm seperitnya posisi duduk sebagai penumpang belakang di Vios Gen-4 bakal lebih nyaman.

Kekurangan lain dari Vios terbaru, headrest di jok belakang tidak bisa diatur ketinggiannya. Walau demikian, Toyota sudah menyediakan tiga headrest, sehingga di belakang bisa dipakai duduk oleh 3-orang.

Bicara kelebihan interior Toyota Vios 2023 punya jok empuk dengan kombinasi kain dan kulit sintetis. Lalu untuk penumpang belakang, tersedia ventilasi AC yang bisa diatur arah semburan anginnya. Plus, tersedia pula 2 USB port agar orang di belakang dengan mudang mengisi daya baterai smartphone saat berkendara.

Lalu, bagaimana dengan kapasitas bagasinya? Untuk mengetahuinya kami juga mengukurnya secara langsung dengan alat meteran. Hasilnya, bagasi Toyota Vios terbaru yaitu 556,8 liter. Angka tersebut tergolong besar jika dibandingkan dengan salah satu rivalnya seperti MG 5 GT Magnify yang hanya mempunyai kapasitas bagasi 529,9 liter.

Baca juga  Toyota Setop Penjualan Camry, Sepi Peminat!

Walau demikian, kekurangan dari bagasi Toyota Vios adalah tidak bisa diperluas. Pasalnya jok belakang sedan ini tidak bisa dilipat sama sekali.

Fitur Modern di Vios Gen-4

Review Toyota Vios G TSS

Fitur kabin interior modern dan lengkap

Review Toyota Vios G TSS berikutnya adalah fitur kabin interior yang terbilang modern dan lengkap. Sebut saja sudah ada head unit touchscreen berukuran 9 inch untuk mendukung sistem audio yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Andoid Auto. Selain itu, head unit tersebut juga bisa mendukung fitur mobil seperti untuk layar kamera mundur.

Di bagian setir sudah ada beberapa tombol (steering switch) untuk membantu mengontrol audio, tombol untuk mengaktifkan adaptive cruise control dan lain-lain. Oh ya, berkendara dengan Vios G TSS juga akan lebih menyenangkan berkat adanya paddle shift. Hadir pula panel instrumen TFT untuk memberi berbagai informasi berkendara dengan lebih menarik.

Untuk mendukung kenyamanan pengemudi, Vios G TSS sudah mengadopsi rem tangan elektrik, arm rest depan tengah, dan knee pad, serta sudah dilengkapi air purifier untuk membuat udara di kabin selalu segar. Oh ya, doortrim dan dashboardnya juga sudah menggunakan material soft touch.

Fitur Keselamatan Vios Sudah Ada TSS

Review Toyota Vios G TSS

Sudah dilengkapi fitur TSS

Membahas review Toyota Vios G TSS tentunya kurang lengkap tanpa membahas kelengkapan fitur keselamatannya. Yup, meski menyandang sebagai mobil sedan entry level, Toyota Vios terbaru sudah dilengkapi fitur keselamatan aktif yaitu TSS (Toyota Safety Sense). Adapun fitur TSS tersebut sudah terintegrasi dengan beberapa fitur, seperti:

  • Blind spot warning system on the side mirrors BSM System for warning when a car crosses while reversing RCTA
  • Automatic high beam adjustment AHB
  • 360 degree surround view camera
  • Automatic speed control system Variable Adaptive Cruise Control All-Speed ​​with Stop & Go
  • Pre-collision safety system and automatic braking Pre-Collision System
  • Lane Departure Warning system with pulling the steering wheel back
  • Warning system when the car in front is moving Front Departure Alert
  • Anti-pressure pedal misoperation system Pedal Misoperation Control
Baca juga  Harga Mobil Toyota Per Juni 2022, Ada yang Rp 2,4 Miliar!

Performa Mesin & Konsumsi BBM Vios G TSS

Review Toyota Vios G TSS

Performa mesin responsif

Selanjutnya, review Toyota Vios G TSS terbaru pada jantung pacunya. Di atas kertas, mesin 2NR-VE milik sedan ini berkubikasi 1.496 cc, empat silinder, 16-valves DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Performanya lebih lemah dibanding model lama, karena di atas kertas cuma bisa melontarkan torsi puncak 138 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 106 PS pada 6.000 rpm. Kemudian untuk transmisi pakai CVT.

Seperti biasa, kami melakukan pengujian drag race untuk mengetahui performa sebuah mobil. Sekaligus, kami mengikutsertakan MG 5 GT Magnify sebagai kompetitor.

Hasilnya, untuk akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam, Toyota Vios G TSS lebih unggul dengan angka 12,4 detik. Sementara untuk MG 5 GT Magnify di angka 14,8 detik. Tak hanya akselerasi saja, hasil drag race sejauh 201 meter juga dimenangkan oleh Vios terbaru yaitu dengan catatan angka 12,0 detik dan MG 5 GT Magnify 12,7 detik.

Soal konsumsi BBM, ari hasi pengujian yang kami lakukan, untuk penggunaan dalam kota Toyota Vios G TSS yang mencatatkan konsumsi BBM hingga 15,9 km/liter. Sedangkan untuk penggunaan di tol dengan kondisi ramai lancar hasilnya 20,2 km/liter.

Sedangkan pada MG 5 GT tercatat lebih boros. Hasilnya 12,6 km/l untuk di dalam kota. Sedangkan untuk penggunaan di tol mencapai 16,3 km/liter.

Itulah tadi bahasan review Toyota Vios G TSS 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika