Spesifikasi Toyota Vios Terbaru 2022, Harga Tembus Rp 368,4 Juta!

by Baghendra Lodra
sejarah toyota vios gen-4

Setelah meluncur di Thailand pada Agustus lalu, kini akhirnya harga dan spesifikasi Toyota Vios terbaru 2022 terungkap untuk pasar otomotif Indonesia. Banderolnya untuk varian tertinggi atau Vios G TSS CVT tembus Rp 368,4 juta (OTR Jakarta).

Walau mahal, tapi mobil sedan ini mendapat banyak sekali revisi dari sisi eksterior, interior, hingga fitur-fiturnya. Tentu hal tersebut, bikin kompetitor seperti Honda City, Mazda 2 Sedan, dan MG 5 GT ketar-ketir.

Tampilan Vios Generasi Ke-4 dibuat semakin mewah dengan bodi lebih bersudut. Lalu lampu pakai LED dan day time running light yang desainnya mirip kepunyaan Corolla Altis.

Interior Vios terbaru juga sangat mewah, khususnya varian tertinggi atau Premium Luxury. Ada ambient light, speaker premium dari Pioneer, serta warna kabin kombinasi hitam dan merah. Tidak ketinggalan, fitur Toyota Safety Sense (TSS) lengkap hadir. 

Mesin All New Toyota Vios pun diklaim lebih irit dibanding model sebelumnya, lantaran pakai model baru dengan kode 2NR-VE. Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan kini konsumsi BBM Vios bisa tembus di atas 20 Km/liter.

Sebagai informasi tambahan, buat yang belum tahu, Vios yang dijual di Tanah Air, kini merupakan hasil impor utuh atau CBU dari Thailand. Nah, penasaran dengan detail harga dan spesifikasi Toyota Vios terbaru 2022 yang kini sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia tersebut? Untuk jawabannya simak bahasan berikut:

Eksterior Vios 2022 Mirip Corolla Altis

spesifikasi toyota vios terbaru 2022 - tampak samping

Velg two tone dengan ukuran 17 inci jadi daya tari Vios terbaru

Spesifikasi Toyota Vios terbaru 2022 di eksteriornya berbeda jauh dengan model lama. Sekilas, tampilan mobil sedan ini dibuat mirip sang kakak yaitu Corolla Altis. Kemudian bagian belakangnya semakin sporty, lantaran bergaya fastback.

Baca juga  Toyota GR Garage Terlengkap, Lokasinya di Indonesia!

Bukan cuma itu, dari sisi dimensi juga dibuat lebih lebar 10 mm dengan jarak sumbu roda semakin panjang 70 mm dibanding model lama. Sementara bodinya lebih pendek 15 mm dan lebih rendah 20 mm. Di atas kertas dimensinya kini memiliki panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm. Sementara untuk ukuran rodanya menggunakan 205/50 R17.

Efek dari ground clearance rendah, tentu membuat Vios Gen-4 lebih mudah bersinggungan dengan aspal ketika melewati jalan bergelombang. Ini tentu mengurangi kenyamanan berkendara dengannya.

Dimensi Toyota Vios Gen-4

  • Panjang: 4.410 mm
  • Lebar: 1.740 mm
  • Tinggi: 1.480 mm 
  • Jarak sumbu roda: 2.620 mm
  • Ground clearance: 160 mm
  • Roda: 205/50 R17

Interior Semakin Mewah dengan Fitur-Fitur Modern

kelebihan toyota vios 2022 - interior dashboard

Interior Vios terbaru memiliki hand rest tengah lebih tinggi, sehingga memberi kesan mewah

Kemudian untuk spesifikasi Toyota Vios terbaru 2022 dalam hal interior, terasa aura mewahnya. Begitu masuk ke dalam kabin terlihat head unit bergaya floating 9 inci dan panel instrumen TFT 7 inci. Kemudian rem parkir sudah pakai elektrik, jadi menggunakan tombol. Kehadiran paddle shift tetap dipertahankan.

Toyota juga memberikan fitur kenyamanan di interior seperti material soft touch di panel pintu, arm rest depan tengah, dan knee pad. Vios terbaru pun sudah dilengkapi air purifier untuk membuat udara di kabin selalu segar. Tidak ketinggalan, konsol tengah yang posisinya cukup tinggi juga membuat aura mewah semakin terpancar.

Kemudian untuk joknya, di varian tertinggi atau Vios G sudah menggunakan kombinasi kulit dan fabric. Khusus di baris pertama, joknya terasa seperti memeluk, karena memiliki padding di kiri dan kanan.

Sementara itu untuk jok belakang Vios Gen-4 punya busa yang empuk, sehingga nyaman untuk penumpang. Hanya saja untuk bagian kaki, leg room tidak terlalu luas. Begitu juga untuk kepala. Ya, maklum ini adalah sedan entry level. Kemudian yang juga jadi kekurangan, kini Vios tidak memiliki hand rest portable di jok tengah. Lalu head rest kiri dan kanan di jok belakang, tidak bisa diatur ketinggiannya. Satu lagi yang jadi kelemahan, jok belakang tidak bisa dilipat untuk memperluas kapasitas bagasi.

Baca juga  Skema Cicilan Toyota Yaris Facelift 2023, Cuma Segini!

Walau demikian, Toyota juga sudah meningkatkan beberapa hal terkait kenyamanan penumpang belakang. Sebut saja kini joknya nyaman dan empuk. Lalu paha penumpang juga bisa ditopang dengan baik, sehingga lebih rileks saat berkendara.

Vios Gen-4 juga punya fitur-fitur istimewa, seperti Toyota Safety Sense (TSS). Alhasil mobil jadi lebih safety ketika diajak berkendara. Teknologi seperti adaptive cruise control hingga pre-collision safety system sudah tersedia.

Fitur Toyota Safety Sense di Vios Gen-4

  • Blind spot warning system on the side mirrors BSM System for warning when a car crosses while reversing RCTA
  • Automatic high beam adjustment AHB
  • 360 degree surround view camera
  • Automatic speed control system Variable Adaptive Cruise Control All-Speed ​​with Stop & Go
  • Pre-collision safety system and automatic braking Pre-Collision System
  • Lane Departure Warning system with pulling the steering wheel back
  • Warning system when the car in front is moving Front Departure Alert
  • Anti-pressure pedal misoperation system Pedal Misoperation Control

Performa Mesin Toyota Vios Terbaru 2022, Lebih Irit!

spesifikasi toyota vios 2022 - gen 4

Performa Toyota Vios tidak seistimewa model lama, tapi konsumsi BBM semakin irit

Selanjutnya bicara spesifikasi Toyota Vios terbaru 2022, tidak lepas dari mesin. Pabrikan berlogo T memberi jantung mekanis baru, berkode 2NR-VE. Secara kubikasi kubikasi murni tidak beda yaitu 1.496 cc, empat silinder, 16-valves DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Hanya saja soal kemampuannya lebih lemah dibanding model lama, kini di atas kertas cuma bisa melontarkan torsi puncak 138 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 106 PS pada 6.000 rpm. Kemudian untuk transmisi pakai CVT.

Baca juga  Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2, Mending Mana?

Kemudian untuk akselerasinya dari 0-100 km/jam, kami sudah mengujinya, Vios cuma bisa membukukan waktu 12,98 detik. Catatan yang biasa saja untuk sedan bermesin 1.500 cc.

Meski performanya lebih lemah, tapi Toyota memberi kelebihan yaitu berupa konsumsi BBM yang lebih irit di Vios Gen-4. Klaim mereka, mobil sedan ini bisa menghemat bensin hingga 20 Km/liter atau lebih baik 3 km/liter dibanding model lamanya. 

“Vios yang lama sekitar 1:17 km, untuk Vios baru bisa di atas 1:20 km. Jadi ini memang bisa menjadi solusi di tengah harga bbm yang semakin tinggi,” kata Anton.

Harga Vios Terbaru dengan 3 Varian

kekurangan toyota vios 2022 - gen 4

Vios Gen-4 tersedia dalam tiga varian: E MT, G CVT, dan G CVT TSS

Setelah mengetahui spesifikasi Toyota Vios terbaru 2023, berapa harganya? Pabrikan berlogo T menghadirkan tiga varian untuk mobil sedan ini:

  • Vios 1.5 E MT Rp 314,9 juta (OTR Jakarta)
  • Vios 1.5 G CVT Rp 355,2 juta (OTR Jakarta)
  • Vios G TSS CVT Rp 368,4 juta (OTR Jakarta)

Banderolnya memang mahal, bahkan untuk varian tertingginya melebihi Honda City selaku kompetitor. Walau demikian, memang Toyota memberi banyak revisi untuk Vios sehingga kini terkesan naik kelas. Menariknya lagi, Vios kini kecil kemungkinan untuk menjadi armada taksi, lantaran kebanyakan mobil yang jadi taksi beralih ke jenis MPV.

Itulah tadi bahasan soal harga dan spesifikasi Toyota Vios terbaru 2022 yang resmi meluncur di Indonesia. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika