Senin, September 26, 2022

Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT, Beli yang Mana?

by Tigor Sihombing
Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT

Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT Magnify, kira-kira mana ya di antara kedua mobil ini yang lebih baik? Untuk menjawabnya, kami akan membahas lewat komparasi sedan entry level tersebut dari segi fitur, performa dan harganya. Keduanya layak disandingkan, karena secara segmen kedua mobil ini memiliki kemiripan.

Seperti yang kita ketahui, PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) selaku distributor resmi mobil Mazda di Indonesia baru saja merilis Mazda 2 Sedan, pada 26 Juli 2022. Hal ini menarik, karena Mazda sendiri telah lama absen berjualan Mazda 2 Sedan sejak 2014, meski secara global mobil ini terus mengalami pembaruan.

Sedangkan MG 5 GT adalah kali pertama sedan ini dipasarkan di Indonesia, rilis pada Maret 2022 lalu. Bisa dibilang brand Inggris yang kini dimiliki Cina tersebut sedang benar-benar sedang meraba pasar sedan.

Lalu mana yang terbaik di antara keduanya? Berikut kami beberkan komparasi Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT.

Desain Elegan VS Sporty

Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT

MG 5 GT punya tampilan yang sporty banget

Perbandingan antara Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT yang pertama adalah soal desain. Untuk kamu penyuka mobil dengan desain elegan, Mazda 2 Sedan tentu bisa jadi pilihan. 

Mazda 2 Sedan mengadopsi desain KODO Soul Motion yang menedepankan kemewahan pada mobil-mobil terbarunya. Jadi tidak heran jika kamu lihat mobil Mazda facia dan lekuk bodynya mirip satu sama lain, tapi tetap berkarakter.

Sementara pada MG 5 GT, untuk ukuran sedan entry level sangat menarik perhatian. Desain eksteriornya begitu sporty dengan lekukan-lekukan lancip, mirip sedan coupe Eropa. Mungkin ini menjadi salah satu keunggulan MG 5 GT dibanding sedan-sedan kelas menengah lainnya.

Baca juga  Sejarah BMW Seri 3, Sedan Eropa Legendaris

Untuk dimensinya Mazda2 Sedan lebih mungil. Sedan Jepang ini memiliki  panjang 4.340 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.479 mm. Sedangkan MG 5 GT Magnify jauh lebih besar yakni dengan memiliki panjang 4.675 mm, lebar 1.842 mm, tinggi 1.480 mm. Bahkan sedan MG ini jadi mobil terbongsor di kelas entry level.

Dengan dimensi Mazda 2 yang mungil, tentunya bakal berpengaruh ke akomodasi penumpang di dalam. Hal tersebut kemungkinan menjadikan leg room dan head room Mazda 2 sedan jadi lebih sempit dibanding kompetitor.

Untuk ukuran peleknya Mazda 2 sedan penggunaan pelek ukuran 16 inci dan ban 185/60. Sedangkan MG 5 GT untuk type tertingginya Magnify sudah pengusung pelek 17 inci dengan penggunaan ban ukuran 215/50. Kedua sedan tersebut sudah sama-sama menggunakan lampu penerangan utama LED projector dengan auto on/off dikombinasikan DRL.

Fitur-Fitur MG 5 GT Lebih Modern Dibanding Mazda 2 Sedan

Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT

Salah satu yang agak unik, head unitnya mengarah ke pengemudi dan berukuran besar.

Komparasi Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT selanjutnya dari sisi fitur. Kedua mobil sedan ini sudah dilengkapi dengan engine start/stop, setir dengan audio control dan Bluetooth hands free, serta paddle shift.

Pada bagian entertainment Mazda 2 Sedan menyuguhkan headunit touchscreen 7 inci yang dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android. Lalu pada MG 5 GT, head unitnya lebih besar yakni 10 inci dengan fitur serupa. Alhasil pengemudi dan penumpang lebih jelas melihat berbagai informasi lewat layar tersebut di mobil sedan MG.

Baca juga  Dealer MG Motor Kini Hadir di Kota Makassar

Kedua mobil mampu memutar radio, USB port, serta Bluetooth handsfree phone and audio capability dan reverse camera. Lalu intuk memaksimalkan sistem audio, Mazda 2 Sedan memiliki 6 titik speaker, sedangkan MG 5 Magnify ada 8 titik.

Keunggulan mazda 2 Sedan adalah memiliki wireless charger phone. Fitur ini belum dipunya oleh MG 5 GT belum.

Lalu kamera 360 derajat pada Mazda 2 Sedan belum ada. Sedangkan pada MG 5 GT, fitur tersebut sudah tersemat. Selain itu MG 5 GT  juga sudah memiliki sunroof khas sedan premium sedangkan pada Mazda 2 Sedan belum ada. Di kelas sedan entry level, sedan MG merupakan satu-satunya yang punya sunroof dibanding kompetitor.

Persamaan lain antara Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT adalah sudah dilengkapi teknologi Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Keduanya juga sudah sama-sama memiliki fitur keselamatan aktif seperti Anti-lock braking system (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC), serta Traction Control System (TCS).

Mesin MG 5 GT Lebih Bertenaga Dibanding Mazda 2 Sedan

Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT

Mesin MG 5 GT pakai 1.500 cc tanpa turbo.

Spesifikasi mesin Mazda 2 Sedan VS MG GT memiliki perbedaan. Mazda 2 Sedan dalam hal mesin mengaplikasi teknologi SkyActiv-G berkapasitas 1.496 cc DOHC. Mesin ini sanggup menyemburkan tenaga 111 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 144 Nm pada 4.000 rpm. Performa tersebut disalurkan dengan transmisi SkyActiv Drive 6-percepatan otomatis yang juga bisa dioprasikan dengan mode manual.

Baca juga  The Cyberster, Mobil Konsep MG Meluncur Sebentar Lagi

Sedangkan pada MG 5 GT mengusung mesin 1.498 cc DOHC 4-silinder 16 valve VTi-TECH yang dikombinasikan dengan transmisi CVT otomatis 8-percepatan. MG 5 GT mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 114 PS pada 6.000 rpm. Sementara untuk torsi puncaknya 150 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Hasilnya di atas kertas MG 5 GT lebih bertenaga dibanding Mazda 2 Sedan.

Harga Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT

Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT

Harga Mazda 2 sedan lebih murah dan menjanjikan desain elegan

Komparasi Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT berikutnya adalah harga. Mazda menjual mobil sedannya cuma dalam satu varian dengan banderol Rp 338 juta (OTR Jakarta).

Sementara MG 5 GT sendiri memiliki tiga type yakni Activate, Ignite, dan Magnify. MG 5 GT Activate dibandrol dengan harga Rp 339,9 juta dan Ignite di harga Rp 359,9 juta. Serta tipe tertinggi yaitu MG 5 GT Magnify dengan banderol Rp 399,9 juta OTR jakarta.

Harga MG 5 GT memang lebih mahal dibanding Mazda 2 Sedan. Walau demikian, ini setara dengan keunggulannya yang cukup banyak mulai dari fitur, performa mesin, hingga dimensi bodi bongsor sehingga menjanjikan kapasitas penumpang lebih lega.

Sementara buat kamu yang ingin sedan berpenampilan elegan bak eksmud, bisa pilih Mazda 2 Sedan. Lagi pula mobil ini juga punya fitur-fitur yang tidak kalah istimewa, tapi memang masih kalah dibanding MG 5 GT.

Demikian ulasan terkait Mazda 2 Sedan Vs MG 5 GT. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Buat kamu yang belum tahu, Moladin adalah platform mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Sudah tersedia di 135 kota dengan 40.000 agen dan dealer, jadi kalau kamu mau beli mobil bekas di Moladin aja. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika