Thursday, October 6, 2022

Spesifikasi Mazda 2 Sedan Indonesia, Murah tapi Canggih!

by Tigor Sihombing
Warna mobil dan perawatannya

Berikut Moladin sampaikan spesifikasi Mazda 2 Sedan terbaru. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) merilis generasi sedan terbaru Mazda ini untuk menjadi saingan Toyota Vios, Honda City, dan MG 5 GT pada Selasa, 26 juli 2022. 

Mazda 2 sedan generasi terbaru kini mengusung desain yang semakin modern dengan fitur berlimpah, apalagi dibanding model lawasnya. Sebenarnya ini wajar, karena mobil tersebut terakhir hadir di Indonesia pada tahun 2010 lalu.

Padahal di negara lain, Mazda sudah memberikan model 2 sedan ini  beberapa kali mengalami pembaruan. Di Thailand misalnya, penyegaran sudah diberikan pada tahun 2014 dan terakhir di awal tahun 2022.

Sementara di Indonesia, Mazda 2 Sedan pertama kali muncul pada 2010. Hanya saja usianya tidak lama, cuma bertahan 2 tahunan. Ditambah tren sedan saat itu sedang menurun seiring melesatnya kendaraan-kendaraan MPV dan SUV kala itu, membuat Mazda harus menyuntik mati sedannya tersebut.

Dan sejak saat itu Mazda Indonesia tidak lagi pernah memasukan Mazda 2 sedan ke tanah air. Pemasarannya pun hanya diwakilkan oleh Mazda 2 versi hatchback. 

Singkat cerita, kali ini Mazda 2 sedan hadir kembali dengan membawa sederet ubahahan modern. Buat yang penasaran, kami beberkan secara lengkap spesifikasi Mazda 2 sedan di Indonesia. Apakah mobil ini bisa melawan kompetitor seperti MG 5 GT, Honda City, dan Toyota Vios? Berikut ulasan lengkapnya:

Mesin Mazda 2 Sedan Lebih Bertenaga dari Toyota Vios

Spesifikasi Mazda 2 Sedan

Mesin Mazda 2 sedan sama dengan versi hatchback, pakai 1.496 cc DOHC SkyActiv-G

Spesifikasi Mazda 2 Sedan dalam hal mesin, lebih bertenaga dibanding versi sebelumnya yang hadir di Indonesia. Di mana jantung pacunya kini sudah berteknologi mesin SkyActiv-G berkapasitas 1.496 cc DOHC. Sebenarnya ini bukan mesin baru, karena sudah diadaptasi pula oleh versi hatchback.

Baca juga  Sejarah Mitsubishi Galant, Tersohor Karena Kencang

Mesin milik Mazda 2 terbaru sanggup menyemburkan tenaga 111 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 144 Nm pada 4.000 rpm. Performa tersebut disalurkan dengan transmisi SkyActiv Drive 6-percepatan otomatis yang juga bisa dioprasikan dengan mode manual.

Di atas kertas, spesifikasi mesin Mazda 2 sedan sesungguhnya sudah lebih baik dari milik Toyota Vios (torsi 140 Nm dan tenaga 107 PS). Hanya saja kalau pembandingnya adalah Honda City (torsi 145 Nm dan tenaga 121 PS) dan MG 5 GT (150 Nm dan 114 PS), maka sedan Mazda tersebut kalah torsi serta tenaga.

Dimensi Bodi Mazda 2 Sedan Paling Mungil Dibanding Kompetitor 

Spesifikasi Mazda 2 Sedan - eksterior

Bodi Mazda 2 sedan lebih kecil dibanding Toyota Vios, Honda City, dan MG 5 GT

Mazda 2 Sedan sebenarnya memiliki patform yang sama dengan tipe hatchbacknya, termasuk soal desain body. Jadi tidak heran facia mobil ini tidak memiliki perbedaan jauh dengan versi hatchback. Hal tersebut juga berkat kedisiplinan pabrikan berlambang M tersebut dalam menerapkan desain KODO Soul Motion pada mobil-mobil terbarunya.

Walau demikian yang unik, spesifikasi Mazda2 Sedan dari sisi dimensi bodinya ternyata sangat mungil. Di atas kertas cuma memiliki panjang 4.340 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.479 mm.

Tidak percaya Mazda 2 sedan mungil? Coba bandingkan dengan Toyota Vios (panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm) dan Honda City (panjang 4.553 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.467 mm). Apalagi lawannya MG 5 GT (panjang 4.675 mm, lebar 1.842 mm, tinggi 1.480 mm) yang notabene sedan entry level paling bongsor. 

Baca juga  Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition, Cuma Rp 900 Jutaan

Dengan dimensi mungil, tentunya bakal berpengaruh ke akomodasi penumpang di dalam. Hal tersebut kemungkinan menjadikan leg room dan head room Mazda 2 sedan jadi lebih sempit dibanding kompetitor.

Bicara spesifikasi eksterior, Mazda 2 sedan penggunaan pelek ukuran 16 inci dan ban 185/60. Lampu depan menggunakan LED projector dengan auto on/off dikombinasikan DRL. Serta Mazda juga memberikan automatic wiper dengan sensor hujan.

Fitur Interior Mazda 2 Sedan Versi Indonesia Lebih Komplit Dibanding Thailand

Spesifikasi Mazda2 Sedan

Interior Mazda 2 memiliki desain yang sporty

Dari sisi interior, mobil sedan ini sudah dilengkapi dengan engine start/stop, setir dengan audio control dan Bluetooth hands free serta paddle shift. Terdapat pula head up display (HUD) untuk menambah kenyamanan berkendara.

Pada bagian entertainment, mobil sedan ini sudah menyuguhkan headunit touchscreen 7 inci yang dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android. Selain itu juga mampu memutar radio, USB port, serta Bluetooth handsfree phone and audio capability dan reverse camera. Lalu intuk memaksimalkan sistem audio, Mazda sudah menanamkan 6 titik speaker

“Versi Indonesia lebih kompilit secara fitur dibanding versi Thailand, salah satunya versi sini sudah ada wireless charger phone,” kata Nathaniel Kainama selaku PR and Communication Specialist pada Moladin.

Baca juga  BMW Seri 2 Coupe Terbaru Siap Meluncur!

Kehadiran wireless charger di spesifikasi fitur interior Mazda 2 Sedan juga membuat mobil ini istimewa. Pasalnya kompetitor seperti Toyota Vios, Honda City, dan MG 5 GT belum punya.

Belum lagi, New Mazda 2 Sedan juga dilengkapi teknologi Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Ini merupakan sistem keselamatan aktif yang bisa mencegah terjadinya kecelakaan. Caranya memberi informasi ke pengemudi, kalau ada potensi tabrakan dengan kendaraan lain. Ini pun menarik, lantaran rival-rivalnya di kelas sedan entry level belum memiliki, kecuali MG 5 GT.

Soal fitur keselamatan lain, ada airbag yang mengelilingi kabin. Lalu Anti-lock braking system (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC), serta Traction Control System (TCS).

Harga Mazda 2 Sedan Paling Murah!

Spesifikasi Mazda 2 Sedan - jok belakang

Harga Mazda 2 sedan lebih murah Rp 800 ribu dibanding versi hatchback

Untuk harga, Mazda 2 Sedan terbaru dibanderol Rp 338 juta (OTR Jakarta). Angka itu lebih murah Rp 800 ribu dibanding versi hatchback. Dengan begitu inilah mobil Mazda termurah di Indonesia. 

Lalu bagaimana dibanding kompetitor? Kalau saingannya sedan entry level lain, harga Mazda 2 sedan terbilang moderat. Lebih murah dari Honda City yang tembus Rp 365,4 juta (OTR Jakarta) dan MG 5 GT Magnify Rp 399,9 juta (OTR Jakarta). Sementara kalau pembandingnya Toyota Vios G CVT Rp 325,7 juta (OTR Jakarta), maka sedan Mazda ini masih lebih mahal.

Demikian ulasan terkait spesifikasi Mazda 2 Sedan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif. Buat kamu yang belum tahu, Moladin adalah platform mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Sudah tersedia di 135 kota dengan 40.000 agen dan dealer, jadi kalau kamu mau beli mobil bekas di Moladin aja. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika