oleh

First Drive MG 5 GT, Cuma Menang Tampang?

Pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 kemarin team Moladin sempat melakukan first drive MG 5 GT. Yup, mobil sedan yang mirip dengan salah satu model merek Mercy ini menyuguhkan beberapa fitur andalannya.

Morris Garage (MG) merupakan pabrikan otomotif asal Inggris yang diproduksi di Thailand dan sahamnya saat ini mayoritas dimiliki oleh Cina. Di Indonesia sendiri Morris Garage menawarkan tiga model mobil pilihan menarik, yaitu MG 5 GT, MG HS i-Smart, dan MG ZS.

Kemudian, MG 5 GT sendiri terdapat 3 varian. Yaitu MG 5 GT Activate, Ignite dan Magnify. Nah, pada kesempatan first drive di IIMS kemarin, kami mencoba varian entry levelnya yaitu MG 5 GT Activate.

Kembali ke pembahasan first drive MG 5 GT varian Activate. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Desain Eksterior Bergaya Eropa

First drive MG 5 GT
Desain MG 5 GT bergaya sedan Eropa

Tampilan dari MG 5 GT memang membuat penasaran untuk segera menjajalnya. Mobil sedan yang sekilas mirip model Mercedes-Benz A series ini terlihat apik perpaduannya antara lekukan garis body dengan grill dan desain lampunya.

Ditambah pada bagian velg juga mengusung desain yang unik serta berukuran 16 inci dengan warna hitam serta ada aksen silvernya. Kemudian untuk dimensinya, MG 5 GT punya panjang 4.675 mm, lebar 1.842 mm, dan tinggi 1.480 mm. Cukup bongsor, bahkan serupa dengan Honda Civic dan Toyota Corolla Altis.

Tampilan Interior Sporty

First drive MG 5 GT
Tampilan Interior yang sporty

Setelah puas meliihat bagian eksteriornya, saatnya masuk ke dalam kabin untuk merasakan aura dari mobil ini. Nuansa hitam langsung terlihat di dalam MG 5 GT. Yang menarik bagian joknya juga modelnya mirip jok Recaro, sehingga menambah kental aura sporty.

Baca juga  Toyota Great Corolla Vs Honda Civic Ferio, Beli yang Mana?

Karena unit MG 5 GT yang kami coba adalah varian entry level, maka material pembungkus joknya masih menggunakan bahan fabric berwarna hitam. Sementara untuk varian Ignite dan Magnify sudah menggunakan material kulit.

Posisi duduk dari kursinya tergolong nyaman, namun busanya dirasa kurang tebal. Alhasil saat duduk sedikit seperti jeblos. Namun hal tersebut ternyata bisa diatasi dengan adanya fitur 6-way adjustable driver seat.

Oh ya, selain material pembungkus jok yang berbeda, pada varian Activate ini juga masih menggunakan panel instrument model standar. Sedangkan untuk varian Ignite dan Magnify sudah mengadopsi digital panel instrument berukuran 7 inci.

Secara keseluruhan tampilan interior dari MG 5 GT terlihat sporty. Namun sayangnaya untuk bagian dashboard menggunakan material plastik yang terlihat kurang berkualitas. Hal tersebut bisa terlihat dari tekstur material serta saat kami ketuk menggunakan jari terlihat tipis.

Tarikan Mesin Kurang Responsif

First drive MG 5 GT
Mesin MG 5 GT pakai 1.498 cc dengan transmisi otomatis CVT 8-percepatan

Setelah melihat dan mencoba fitur-fitur yang tertanam di dashboard, tak sabar rasanya untuk mencoba performa mesinnya. Tombol engine start/stop langsung dipencet, suara mesin terdengar sayup-sayup lirih terdengar dari dalam kabin. Hal tersebut menandakan kekedapan kabin dari MG 5 GT tergolong baik.

Kemudian saat pedal gas diinjak, tarikan bawah mesin terasa kurang responsif. Baru saat rpm di atas 1.500 performa mesin baru mulai terasa tenaganya. Sebagai informasi, MG 5 GT mengusung mesin 1.498 cc DOHC 4-silinder 16 valve VTi-Tech yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT 8-percepatan.

Baca juga  All New MG5 Dijual, Tantang Toyota Vios dan Honda City

Hanya saja memang, ini cuma first drive MG 5 GT. Pasalnya arenanya juga terbatas di IIMS 2022. Mungkin nanti saat dapat unit pinjaman dari MG, kami akan bisa membahas lebih detal, seperti konsumsi BBM, dan lain-lain.

Suspensi Sedikit Keras

Saat kami melakukan first drive di area test drive IIMS terdapat beberapa rakayasa yang dibuat oleh pihak penyelenggara, seperti adanaya speedtrap. Kami mencoba dua kali melewati speedtrap tersebut, yang pertama dengan kecepatan rendah (sekitar 10-20 km/jam) dan yang kedua 40 km/jam.

Hasilnya, saat melewati dengan kecepatan 10-20 km/jam guncangan lebih terasa dari dalam kabin interior. Namun saat melewatinya kembali dengan kecepatan 40 km/jam guncangan tersebut lebih berkurang sedikit.

MG 5 GT menggunakan suspensi depan dengan Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar. Kemudian untuk suspensi belakang menggunakan Torsion Beam.

Beberapa Fitur Dipangkas Untuk Varian Activate

first drive mg 5 gt
Beberapa fitur dipangkas untuk varian Activate

Seperti yang kami informasikan sebelumnya, first drive MG 5 GT yang kami coba merupakan varian Activate alias entry levelnya. Jadi ada beberapa fitur yang disunat.

Yang pertama adalah tidak adanya fitur electric sunroof seperti yang ada di varian Ignite dan Magnify. Kemudian untuk lampu belum menggunakan LED, folding door mirror, daytime running lights.

Tak hanya itu saja, pemangkasan fitur keselamatan juga dilakukan pada varian Activate. Seperti absenya Rear Driver Assistant System (RDA), Blind Spot Detection (BSD), Lane Chance Assist (LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Rear Collision Warning (RCW), Side Airbag, Rear View Camera, serta kamera 360 derajat. Oh ya, untuk jumlah speaker juga cumahanya ada 4 titik. Berbeda dengan varian lain yang ada 6 titik.

Baca juga  Sejarah Toyota Vios, Eksis Terus 19 Tahun!

Harga, Pilihan Warna dan Delivery Unit

Selain first drive MG 5 GT yang kami lakoni. Tentunya kami juga akan menginformasikan mengenai harga, pilihan warna serta delivery unit dari MG 5 GT.

Soal harga, MG 5 GT dibanderol mulai Rp 339,9 juta (Activate), Rp 359,9 juta (Ignite), serta Rp 399,9 juta (Magnify). Kemudian untuk warna yang ditawarkan ada 6, yaitu Light Up Yellow, Scarlet Red, Arctic White, Black Knight, Metal Ash Grey, dan Silver Metallic.

Nah, soal Delivery, menurut Wiraniaga yang menemani kami saat first drive MG 5 GT diperkirakan akan terkirim di bulan Mei-Agustus 2022.

“Unit MG 5 GT akan sampai di tangan konsumen sekitar bulan Mei atau Agustus 2022. Begitu juga dengan model lain seperti MG HS i-Smart dan MG ZS,” beber Sales tersebut.

Moladiners, itulah ulasan mengenai first drive MG 5 GT. Mobil sedan ini layak dibeli karena tampilan dan fitur yang diusung tergolong bagus. Namun yang harus dipertimbangkan adalah jaringan bengkel resmi serta ketersediaan sparepartnya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru