oleh

Sejarah Toyota Vios, Eksis Terus 19 Tahun!

Sejarah Toyota Vios menarik untuk disimak. Bagaimana tidak, sedan  termurah pabrikan mobil Toyota ini sudah sukses bertahan di industri roda empat Indonesia hampir 19 tahun lamanya. Dan hingga saat ini Toyota Vios masih di pasarkan.

Sejarah Toyota Vios bermula ketika Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali menghadirkan Vios pada 2003. Ketika itu tujuannya untuk memenangkan pasar sedan kelas entry level yang dikuasai Honda City.

TAM menghadirkan Vios dengan ukuran kompak yang sangat cocok untuk perkotaan. Kehadirannya saat itu juga digadang-gadang sebagai pengganti Toyota Soluna yang sudah disuntik mati.

Keandalan Toyota Vios juga dibuktikan lantaran mobil ini telah menjadi armada taksi hingga sekarang. Penggunaannya sebagai taksi tersebutlah yang membuat Vios bisa eksis terus dan diproduksi di Tanah Air.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami sampikan perjalanan lengkap sejarah Toyota Vios dari generasi ke generasi. Berikut ulasannya:

Toyota Vios Generasi Pertama

sejarah Toyota Vios
Vios merupakan sedan termurah Toyota penerus Soluna. Mobil ini bersaing ketat dengan Suzuki baleno Next-G dan Honda City.

Sejarah Toyota Vios bermula pada kemunculannya di tahun 2003. Menurut data resmi Toyota, sedan ini mengusung mesin 1.500 cc 1NZ-FE 4 siliner. Saat kehadirannya Toyota Vios langsung mengisi pasar sedan sub compact atau B-segment class.

Di segmentasi ini Toyota Vios bersaing langsung dengan Suzuki Baleno Next-G, selain Honda City.

Dalam hal performa mesin, Toyota Vios generasi pertama mengusung teknologi  DOHC berteknologi VVT-i ini. Mesin Toyota Vios ini mampu menghasilkan tenaga 109 dk di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm.

Baca juga  Toyota Kijang Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan

Kemudian pada tahun 2005, Vios mengalami facelift, perubahan minor pada desain gril (kontur V), lampu sein di spatbor dan interior warna ivory.

Generasi Kedua Banyak Berubah

Sejarah Toyota Vios
Toyota Vios generasi kedua memiliki banyak pembenahan di eksterior dan kaki-kaki.

Sejarah Toyota Vios lanjut pada generasi kedua. Model ini diperkenalkan pada tahun 2007 lalu dengan membawa desain yang lebih modern.

Terlebih pada fascia dan buritan lampu belakang. Selain itu Toyota Vios generasi kedua memiliki sentuhan pembaruan yang melimpah. Misal pada  jok dan, kaki-kaki dan suspensi, telah mengalami penyempurnaan hingga lebih empuk dan berkualitas di banding versi terdahulunya.

Selain itu beberapa forum otomotif juga menyebut, Vios generasi kedua ini lebih nyaman digunakan pada jalan bergelombang, pun dengan body roll yang lebih baik dibanding pendahulunya.

Fitur safety di sedan kompak Vios juga bertambah dengan sepasang airbag, dilengkapi ABS, EBD dan BA serta collapsible steering column di semua varrian, sayangnya pada roda belakang varian E , tetap mengenakan rem teromol.

Meski mesinnya sama dengan Yaris dan berkode 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc VVT-i 109 dk, Vios generasi kedua telah dilengkapi Intelligent Drive by Wire ETCS- i.

Sistem kerja ETCS-i tanpa hubungan mekanis di pedal gas akan makin hemat BBM dan ramah lingkungan. Selain itu, catalytic converter (CC) membuat sedan Toyota ini sudah laik standar emisi Euro III .

Baca juga  Toyota Live Showroom, Layanan Jual Mobil Baru Berbasis Digital

Di tahun 2010 Toyota Vios mengalami facelift lagi. Sedan tersebut menggunakan aksen krom pada grile, desain pelek yang berubah, desain lampu belakang baru, serta lis krom di burutan belakang.

Interior warna beige dengan pola jok yang baru. dan Versi TRD Sportivo hadir dengan membawa tampilan eksterior yang lebih keren.

Masa generasi Vios berakhir pada 2012, ketika tahun berikutnya Vios merilis generasi terbaru.

Toyota Vios Generasi Ketiga

Sejarah Toyota Vios
Sosok Vios generasi ketiga

Perjalanan sejarah Toyota Vios berikutnya lanjut pada generasi tiga yang rilis pada tahun 2013 dan memiliki masa edar hingga saat ini. Awal kemunculannya sedan ini memilki tampilan yang lebih mewah lagi. Baik secara desain dan kelengkapan fiturnya.

Menariknya, pabrikan berlogo T mulai memproduksi Vios secara lokal di Indonesia pada 2013. Sebelumnya, mobil sedan ini hadir lewat impor dari Thailand.

Toyota Vios generasi ketiga mendapatkan perubahan grille dan fascia depan memberikan kesan yang lebih elegan. Ditambah dengan velg 15 inci dan velg 16 inci untuk Toyota All New Limo Vios G dan TRD Sportivo yang menggunakan tampilan yang lebih sporty.

Perbedaan lain yang mencolok pada Vios generasi tiga terbaru adalah dimensinya yang lebih kompak, tapi lebih panjang. Toyota vios generasi ke tiga memiliki panjang  4.300 mm x lebar 1.700 mm x tinggi 1.460 mm. Sedangkan Vios lama (Gen2) panjang 4.425 mm x lebar 1.730 mm x 1.500 mm.

Baca juga  Toyota Fortuner 2020 Mulai Muncul di Jalan, Masuk Indonesia?

Di tahun 2016 Toyota Vios di Indonesia mengalami penggantian dapur pacu. Kalau sejak generasi pertama, Vios dibekali mesin 1.500 cc 1NZ-FE, tahun 2018 Vios diperbaharui dengan menggunakan mesin 1.500cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i.

Mesin ini juga dipakai yang juga digunakan oleh Toyota Avanza facelift generasi kedua dan Toyota Sienta generasi kedua. Kemudaian Pada April 2018, Vios mengalami facelift dengan tampilan perubahan yang banyak dan meningkatkan fitur kesalamatan.

Peningkatan fitur keselamatannya yakni airbag sebanyak 7 titik, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, dan Emergency Brake Signal.

Vios Facelift 2018-Sekarang

Sejarah Toyota Vios
Vios terbaru dipasarkan hingga saat ini.

Di tahun 2018 Vios mengalami facelift, perbedaan mencolok ada di dalam kabin yakni mengusung 7 inci HD Display, DVD, koneksi iPod dan ponsel melalui USB, AUX, serta miracast.

Sistem hiburan dilengkapi juga dengan konektivitas internet Weblink, dan kontrol melalui aplikasi ponsel pintar. Di eksterior mobilm ini memiliki front grille dengan garis horizontal berukuran semakin ke atas dan besar. Desain lampu depan ikut membuat tampilan mobil ini terlihat lebih tajam dan sportif.

Saat ini Vios terbaru memiliki 2 type G dan E. Varian G Type dipasarkan pada harga Rp 270 juta. Ciri khasnya mengandalkan bold front bumper, impresif headlamp, pelektwo tone colors, cutting edge dashboard design, advance audio device dan 7 SRS Airbags.

Sedangkan Vios E Type dibanderol lebih murah pada harga Rp 254 juta. Hanya saja fitur-fiturnya beberapa disunat.

Demikian ulasan terkait sejarah Vios. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru