Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Toyota Vios Gen-4 Tidak Diminati Perusahaan Taksi!

by Firdaus Ali
Skema kredit Toyota Vios terbaru

Apakah Toyota Vios 2022 jadi armada taksi? Pertanyaan tersebut tentu banyak dilontarkan beberapa awak media dan masyarakat pada umumnya. Bukan tanpa alasan, mobil sedan di segmen entry level itu sudah banyak digunakan perusahaan transportasi untuk taksi untuk model-model lamanya.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandy menjelaskan tidak menutup kemungkinan Toyota Vios 2022 jadi armada taksi. Hanya saja memang permintaannya sudah hampir tidak ada untuk sekarang.

“Sampai saat ini belum ada perusahaan transportasi yang menghubungi kami membeli Vios baru untuk armada taksi. Jika ada yang berminat ya tidak menutup kemungkinan bisa terealisasi. Namun begitu, saat ini mayoritas perusahaan transportasi lebih condong menggunakan mobil jenis MPV untuk digunakan sebagai armada taksi,” terang Anton.

Anton juga menjelaskan bahwa kepercayaan perusahaan transportasi menggunakan Vios untuk taksi, karena durability yang teruji serta konsumsi bahan bakar yang irit. Hanya saja memang saat ini tren sudah berubah, di mana taksi lebih fokus menggunakan mobil-mobil berkapasitas penumpang besar seperti MPV seperti Avanza, Mobilio, hingga BYD. 

“Vios itu mesinnya kuat, perawatan mudah, dan konsumsi bahan bakarnya irit. Jadi untuk digunakan setiap hari dengan durasi lama, mobil tetap optimal,” imbuh Anton.

Sebagai informasi, Toyota Vios gen-4 hadir dengan tampilan yang lebih segar dibanding generasi sebelumnya. Selain itu interiornya juga tampil lebih elegan. Bahkan terdapat fitur canggih baru yaitu Toyota Saftey Sense (TSS) untuk varian tertingginya.

Soal harga, Toyota Vios 2022 dibanderol mulai dari Rp 314,9 juta untuk varian E MT, Rp 355,2 juta untuk varian G CVT serta Rp 368,4 juta untuk varian G CVT TSS.

Bicara dapur pacunya masih sama dengan Vios generasi sebelumnya yaitu 2NR-VE 1.496 cc DOHC 4-silinder Dual VVT-I. Namun begitu, pihak TAM mengklaim konsumsi BBM lebih irit. Di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 78 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak di angka 138 Newton Meter pada putaran mesin 4.200 rpm. Oh ya, mesin yang digunakan Toyota Vios terbaru ini juga sudah mengantongi sertifikasi Euro 4.

“Vios yang lama sekitar 1:17 km, untuk Vios baru bisa di atas 1:20 km. Jadi ini memang bisa menjadi solusi di tengah harga bbm yang semakin tinggi,” imbuh Anton.

Sekilas Kisah Toyota Vios Jadi Taksi

Toyota Vios gen-4 kemungkinan tidak akan jadi taksi

Vios Limo Gen 3 yang jadi taksi. Foto: Istimewa

Toyota Vios mulai digunakan sebagai taksi pada tahun 2004 dengan nama Vios Limo. Awalnya Toyota Motor Corporation (TMC) menolak, namun melihat pasar taksi di Indonesia begitu besar TMC akhirnya luluh.

Persetujuan Vios Limo jadi aramada mobil taksi bukan tanpa syarat, pihak TMC memberikan syarat mutlak yang harus dipenuhi. Yaitu beberapa spesifikasi dikurangi, Limo merupakan varian lebih rendah, tidak memiliki kantung udara, tidak ada ABS dan menggunakan rem teromol pada setiap roda, serta bumper tanpa dicat.

Sebenarnya sudah cukup lama Toyota Vios tidak lagi jadi taksi. Terakhir pada facelift pada 2018, mobil sedan ini tidak lagi digunakan oleh Bluebird. Sepertinya hingga sekarang sudah masuk Vios Gen-4, juga tidak akan lagi dipakai jadi mobil taksi.

Moladiners, itulah ulasan Toyota Vios 2022 jadi armada taksi. Jika benar, apakah pengurangan spesifikasinya juga akan sama dengan Vios Limo yang sudah beredar?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika