Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

6 Kelebihan Toyota Agya GR Sport 2023, Ada Special Tuning!

by Firdaus Ali

Peluncuran resmi spesifikasi dan harga Toyota Agya Gen-2 resmi diumumkan di Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) pada Jumat (10/3/2023). City car ini hadir dalam dua varian: GR Sport dan Standard. Lalu apa kelebihan Agya GR Sport 2023?

“Banyak customer juga mengharapkan untuk city car yang punya performance sporty, karena itu kita perkenalkan All New Agya GR Sport yang bermain di segmen baru,” kata Vice President Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto di Jakarta.

Segmen baru yang dimaksud oleh Henry, mobil ini tidak lagi masuk ke golongan LCGC. Hal tersebut, lantaran ubahannya sangat banyak. Tidak hanya di bagian eksterior dan interior, tapi juga performa berkendaranya. Hal tersebut, lantaran toyota memberi special tuning di setir, suspensi, hingga ban.

Lalu dari sisi harga, kini tembus Rp 200 jutaan untuk Agya GR Sport 2023. Masih kemungkinan, karena Toyota belum membeberkannya secara detail.

Dalam membuat dua segmen berbeda untuk Agya Gen-2, pabrikan berlogo T sepertinya melihat Honda Brio selaku kompetitior sekaligus pemimpin pasar. Brio punya varian Satya di segmen LCGC dengan banderol di bawah Rp 200 juta dan ada Brio RS untuk segmen city car yang harganya Rp 200 juta ke atas. 

Mau tahu lebih detail soal kelebihan Toyota Agya GR Sport 2023 dibanding varian standard dan kompetitornya? Untuk informasi lengkapnya, simak bahasan di bawah ini:

1. Eksterior Sporty dengan Aerokit GR Sport

kelebihan toyota agya gr sport 2023

Agya GR Sport dengan aerokit disekujur bodinya

Kelebihan Toyota Agya GR Sport 2023 yang pertama adalah desain eksterior yang terlihat semakin sporty. Hal itu bisa dilihat dari kehadiran aerokit yang membuat tampilannya lebih istimewa. Aksesori GR Sport di Agya Gen-2 antara lain roof end spoiler, gr rear bumper spoiler, gr side skirt, upper grille color changed, dan gr front bumper spoiler. Kemudian untuk bagian foglamp juga didesain dengan gaya vertikal dengan aksen pembatas di bagian tengah.

Ukuran velg yang dipakai Agya GR Sport juga lebih besar dengan 15 inci dan desain two tone. Lalu bannya pakai 185/55. Roda ini lebih besar dari Agya Gen-2 Standard yang cuma pakai velg 14 inci warna silver, dengan ban 175/65.

Baca juga  Harga Mobil Toyota Bulan Juni 2023, Yaris Cross Jadi Hybrid Termurah!

“Untuk memberikan tampilan yang lebih sporty, model ini dibekali dengan aero kit dipasang pada eksterior dengan tujuan bahkan membantu meningkatkan aerodinamika sporty hatchback yang sudah lebih baik dari generasi sebelumnya. Penambahan downforce kendaraan membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. Grip ban semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang,” beber rilis resmi Toyota.

Secara keseluruhan dimensi dari Agya terbaru ini lebih panjang, dengan ukuran 3.830 mm atau lebih panjang 70 mm dari Agya G. Kemudian utnuk wheelbasenya tercatat 2.525 mm, atau lebih panjang 70 mm dari Toyota Agya Gen-1. Sementara untuk lebar Agya Gen-2 adalah 1.665 mm dan tingginya 1.505 mm.

2. Pilihan Warna Body Two Tone

kelebihan toyota agya gr sport 2023 - eksterior warna two tone

Agya GR Sport dengan warna bodi putih dan atap hitam

Lalu yang menjadi kelebihan Toyota Agya GR Sport 2023 adalah kehadiran warna eksterior two tone. Ada dua opsi: black-red (merah dengan atap hitam) dan black-white (putih dengan atap hitam).

Eksterior bodi two tone ini menarik, lantaran cuma ada di varian GR Sport. Lalu saudara kembaranya yaitu Ayla Gen-2 tidak memilikinya.

Di samping kelir two tone, Toyota juga memberi Agya warna lain yaitu putih, merah, hitam, dan kuning. Kemudian khusus varian Agya G dan E punya warna silver, abu-bau gelap, dan oranye.

3. Interior dengan Logo GR Sport

kelebihan toyota agya gr sport 2023 - interior

Interior Ayla Gen-2

Desain interior Agya GR Sport 2023 juga lebih sporty. Pembeda utamanya adalah kehadiran logo GR di beberapa bagian seperti setir dan jok. Kemudian tuas perseneling dibungkus material kulit dengan jahitan warna merah.

Jok kulit belum hadir untuk Agya Gen-2, walau demikian yang menarik adalah kehadiran pengaturan head rest. Alhasil kini bisa disesuaikan supaya semakin nyaman. Khusus varian GR Sport, joknya sudah dibalut kain lembut dengan tekstur mirip suede, berbeda dengan Agya 1.2 E dan G.

Baca juga  Beda Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Versi Indonesia

Hadir pula panel instrumen TFT 7 inci dan head unit layar sentuh model floating dengan kamera pakri untuk varain GR Sport. Seklias tampilan interior seperti ini mirip dengan Toyota Raize.

Bicara kapasitas penumpang, masih dengan dua baris bangku. Hanya saja Toyota mengklaim kini kabinnya lebih luas. Lalu kapasitas bagasi juga tampak bisa memuat empat bagasi besar kalau jok belakang dilipat.

4. Special Tuning untuk Agya GR Sport

special tuning agya gr sport 2023

Rasa berkendara Agya GR Sport diklaim lebih menyenangkan

Kelebihan Toyota Agya GR Sport 2023 yang tidak dipunya Agya Gen-2 standard adalah special tuning. Hal ini dilakukan oleh pabrikan berlogo T untuk suspensi, setir, dan ban. Semua ubahan tersebut diklaim menjadikanya semakin stabil sekitar 15 persen saat bermanuver, terutama pada kecepatan tinggi.

“Mewarisi DNA motorsports TOYOTA GAZOO Racing (TGR), perubahan lanjutan (untuk Toyota Agya GR Sport terbaru) dilakukan pada sistem suspensi dan EPS. Exclusive shock absorber dan coil spring diracik supaya sanggup memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar. EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara sport tires yang dipilih secara khusus mampu menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip-nya di jalan berliku,” beber rilis resmi Toyota.

Khusus ban Agya GR Sport, pakai Dunlop SP Sport Maxx ukuran 185/55 R15. Sementara Agya 1.2 G menggunakan Champiro ECO 175/65 R14. Ban yang lebih tipis dan lebar itu membuat kontur jalan lebih terasa dari balik kemudi. Hal ini tentu membuat rasa berkendaranya semakin sporty.

Selanjutnya adalah dari sisi jantung pacunya, tidak ada perbedaan antara Agya Gen-2 Standard Vs GR Sport. Pakai mesin baru berkode WA-VE yang serupa dengan Toyota Raize dan Daiahtsu Rocky 1.2 Liter. Di atas kertas, kubikasinya 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm. Penerus tenaga mesin ke roda depan, menggunakan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien dibanding AT konvensional.

Baca juga  Perbedaan Alphard dan Vellfire, Mana Lebih Mewah?

“Mesin 3-silinder memiliki keunggulan dan kelebihan, yakni efisien dalam mengolah bahan bakar sehingga konsumsi bensin lebih hemat dan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama. Karakter torsi kuat yang didapatkan sejak putaran mesin rendah tersebut memberikan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model sebelumnya tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar. Transmisi CVT baru turut menyumbang efisiensi mesin saat berkendara,” kata rilis resmi Toyota.

Di mana dari data yang ditampilkan oleh TAM, performa mesin Agya Gen-2 meningkat 20% dari versi Agya Gen-1. Kemudian untuk akselerasinya juga lebih responsif. Performa dari 40-80 km/jam, hanya dibutuhkan waktu 6,7 detik. Sementara untuk Toyota Agya versi sebelumnya, catatan akselerasi waktunya 7,2 detik.

Soal konsumsi BBM, Agya terbaru juga lebih irit. Untuk transmisi CVT, hasilnya adalah 21 km/liter. Sementara untuk Agya Gen-2 MT yaitu 21,7 km/liter.

5. Wireless Charger

kelebihan toyota agya gr sport 2023 - wireless charger

Wireless charger memudahkan isi ulang baterai smartphone sepanjang perjalanan

Kelebihan Toyota Agya GR Sport 2023 selanjutnya adalah kehadiran wireless charger. Fitur ini sangat menarik, lantaran hadir di city car. Pasalnya kompetitor seperti Honda Brio dan Daihatsu Ayla belum memilikinya.

Wireless Charger di Agya, memudahkan pengisian baterai smartphone ketika berkendara. Dengan fitur tersebut, kamu cukup letakkan smartphone di wadah yang berada di konsol tengah depan persneling. Menariknya lagi, wireless charger ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dengan menekan tombol.

6. Paddle Shift

kelebihan toyota agya gr sport 2023 - paddle shift

Paddle shift memberikan sensasi berkendara layaknya mobil balap

Salah satu keunggulan dari Toyota Agya GR Sport terbaru adalah kemunculan paddle shift, khusus dengan transmisi CVT. Sesungguhnya fitur ini juga ada di Agya 1.2 G varian CVT, tapi jadi istimewa lantaran kompetitor belum memilikinya.

Guna paddle shift, membuat sensasi berkendara lebih sporty. Pasalnya kamu bisa mengganti gigi secara manual naik dan turun, lewat tuas di balik kemudi, persis di mobil balap.

Moladiners, itulah ulasan beberapa kelebihan New Agya GR Sport. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika