Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Beda Varian Daihatsu Ayla 1.2 R dan ADS 2023, Cuma Aksesori?

by Tigor Sihombing
varian daihatsu ayla 1.2 r vs ads

Kali ini Moladin akan membahas perbedaan varian Daihatsu Ayla 1.2 R dan ADS 2023. Siapa tahu dengan mengetahui perbedaan keduanya, kamu bisa menemukan kendaraan idaman secara tepat.

Hal paling umum yang jadi pembeda antara Ayla 1.2 ADS dan R memang ada di aksesori. Walau demikian, tetap ada fitur yang juga membedakan keduanya yaitu kamera parkir.

Ini tentu berbeda dengan Agya GR Sport yang punya special tunning di kaki-kaki dan setirnya. Penyebabnya adalah ADS atau Astra Daihatsu Styling memang diperuntukkan agar tampilan mobil lebih stylish.

Sementara untuk mesin, baik Ayla 1.2 R dan ADS mengandalkan jantung mekanis 1.200 cc yang bisa melontarkan torsi puncak 113 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 88 PS pada 6.000 rpm. Mesin ini berbeda dibanding Ayla model sebelumnya, lantaran menggunakan konfigurasi tiga silinder. Transmisinya sendiri, mengadopsi CVT serta tersedia transmisi manual. 

Mobil Ayla yang menyandang status ADS masuk varian tertinggi dari line-up Daihatsu Ayla. Varian ADS ini memiliki dua model yang diambil dari basis Ayla 1.0 X dan Ayla 1.2 R. Hanya saja untuk bahasan kali ini, fokusnya adalah ke Ayla 1.200 cc.

Nah untuk kamu yang ingin mengetahui perbedaan lebih dalam mengenai varian Daihatsu Ayla 1.2 R dan ADS, berikut ulasan lengkapnya:

Baca juga  Mitsubishi Xpander VS Daihatsu Xenia, Bagus Mana?

Daihatsu Ayla 1.2 R

varian daihatsu ayla 1.2 R

Daihatsu Ayla 1.2 R tidak memiliki daytime running light di bumper depan

Varian Daihatsu Ayla 1.2 R dibanderol dengan harga mulai Rp 164 juta untuk tranmisi MT, serta Rp 184 juta untuk CVT. Model ini menggendong mesin 1.2 L WA-WE engine, dengan mengadopsi teknologi VVT-i.

Kelengkapan lainnya, sudah menggunakan rear spoiler, high mount stop lamp, rear wiper, LED headlamp, roda 175/65 R14. Velg yang digunakan warna hitam (gun metal alloy wheel) 8 palang. Varian Daihatsu Ayla 1.2 R juga sudah keyless entry yang memudahkan untuk masuk ke interior mobil. Ada pula fitur alarm untuk keamanan mobil dari pencurian.

Pada interior Ayla, tachometer dengan MID, head unit 7 inch dengan koneksi smartphone, tilt steering, digital AC, dan start stop engine button. Kemudian untuk fitur safety ada dual SRS Airbags, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distributin (EBD), dan front seatblet with pretensioner. Kemudian khusus varian Ayla 1.2 R CVT ada tambahan hill start assist (HSA) serta vehicle stability control (VSC).

Daihatsu Ayla 1.2 ADS 

varian daihatsu ayla 1.2 ADS

Ayla 1.2 ADS punya daytime running light dan kamera parkir

Varian Daihatsu Ayla 1.2 berikutnya adalah versi ADS. Mobil ini sudah dilengkapi seluruh hal yang dipunya oleh Ayla 1.2 R, namun terdapat tambahan aksesori dan fitur yang lebih lengkap.

Baca juga  60 Tahun Daihatsu Hijet Berkiprah di Industri Otomotif

Eksteriornya memiliki front body kit, LED daytime running light (DRL), rear lens garnish, front grille garnish, bumper black out, ADS emblem, hingga striping sticker. Semua itu menjadikan Ayla 1.2 ADS tampil lebih keren.

Kemudian untuk interiornya, ada tambahan satu fitur yang tidak dipunya oleh varian Ayla lain yaitu kamera parkir. Hadirnya fitur tersebut, tentu memudahkan pengemudi ketika parkir di tempat sempit. Tampilan belakang mobil bakal terlihat dengan mudah di layar head unit.

Walau terlihat istimewa, tapi sesungguhnya Daihatsu Ayla 1.2 ADS juga banyak kekurangannya. Sebagai varian tertinggi, mobil LCGC ini, jok baris pertama masih menggunakan gaya “pocong” alias headrest tidak bisa diatur ketinggiannya. Kemudian tidak ada audio steering switch yang bisa memudahkan pengemudi ketika mengatur fitur hiburan di head unit.

Bicara panel instrumen, Ayla 1.2 ADS juga tidak ada beda dengan Ayla 1.2 R yang pakai model analog dengan MID. Tentu fitur ini jadi kekurangan bila dibanding Agya 1.2 GR Sport yang sudah punya panel instrumen TFT 7 inch warna-warni. Sebenarnya bukan cuma itu keistimewaan saudara kembar Ayla tersebut, ada pula wireless charger hingga paddle shift.

Meski begitu, dari sisi harga, Daihatsu Ayla 1.2 ADS masih cukup terjangkau. Mobil ini dijual Rp 169,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.2 ADS MT dan Rp 189,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.2 ADS CVT. Bandingkan dengan Agya GR Sport yang tembus Rp 250 jutaan untuk varian tertinggi.

Baca juga  Harga Daihatsu Ayla Facelift 2020 Justru Lebih Murah

Demikian ulasan varian Daihatsu Ayla 1.2 ADS dan R 2023. Kiranya ulasan ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memutuswkan membeli mobil LCGC tersebut. Jangan lupa untuk selalu menyimak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

@moladin.id

Buat Moladiners yang masi belum tau spesifikasi interior dan eksterior tipe 1000 cc dan 1.200 cc ADS all new Ayla wajib tau nih perbedaannya. Karena perbedaan ini ngaruh banget biar kalian ga salah beli. Untuk harganya dibanderol mulai Rp 134 juta sampai Rp189,9 juta (OTR) DKI Jakarta, yang resmi diumumkan di pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Kalo Moladiners lebih suka yang mana? Komen ya!😁 #Moladin #MoApapunMoladin #daihatsu #ayla #allnewayla

♬ original sound – Moladin – Moladin

 

Mobil Daihatsu

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika