Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Beda 3 Varian Toyota Agya E, G, dan GR Sport Terbaru 2023

by Tigor Sihombing
varian Toyota Agya

Moladin akan memberikan perbedaan varian Toyota Agya E, G dan GR Sport 2023. Informasi ini penting, terlebih bila kamu ingin meminang mobil mungil terbaru.

Toyota Agya Gen-2 sendiri, resmi dijual dalam gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) pada 10 Maret 2023 lalu. Untuk saat ini model yang dijual hanya ada 5 trim dengan harga Rp 167,9 – 253,5 juta.

Selain itu pada generasi terbaru ini, sudah tidak ada lagi varian Agya 1.000 cc. Dengan begitu pilihan konsumen terhadap Toyota Agya semakin sedikit dan terbatas ke mesin 1.200 cc.

Jantung mekanis 1.200 cc Dual VVT-i  berkonfigurasi 3 silinder milik Agya hadir untuk varian E, G, dan GR Sport. Performanya pun tidak beda antar varian, bisa menghasilkan torsi 113 Nm dan tenaga 88 PS. Soal konsumsi BBM diklaim bisa menghemat 21 km/liter.

Meski pilihan mesin terhadap Agya dipangkas, Toyota tetap memberikan beberapa fitur modern yang tidak ada pada Agya sebelumnya. Ada pula platform TNGA yang menjadikan berkendara lebih menyenangkan.

Hanya saja, dampaknya diiringi harga yang melonjak semakin mahal. Bahkan banderolnya tembus Rp 253,5 juta untuk varian GR Sport. Nah mau tahu lebih detail perbedaan varian Toyota Agya E, G dan GR Sport 2023, berikut ulasan lengkapnya:

1. Toyota Agya 1.2 E MT, Varian Termurah

varian toyota agya G

Toyota Agya E dan G mirip dari sisi eksterior, bedanya ada di penggunaan velg kaleng untuk varian E

Hadir sebagai varian Toyota Agya paling murah, jangan berharap banyak dengan spesifikasi Agya 1.2 E MT. Produknya juga tidak ready stok, lantaran perlu pemesanan terlebih dulu untuk bisa memiliki mobil seharga Rp 167,9 juta ini.

Baca juga  5 Fakta Honda Jazz Vs Toyota Yaris, Konsumen Wajib Tahu

Bila melihat eksterior, cukup oke lantaran Agya E MT sudah mengadopsi New LED Headlamp dan illumination lamp. Hanya di bagian velg ada perbedaan, pakai ukuran 14 inch tapi model kaleng (steel velg), bukan alloy.

Soal fitur keselamatan, sesungguhnya Agya 1.2 E 2023 ini cukup lengkap. Ada sensor parkir belakang, SRS airbag, Isofix, vehicle stability control (VSC), hill start assist (HSA), hingga anti-lock braking system (ABS), electronic braking distribution (EBD), dan brake assist (BA).

Bicara keamanan, sudah tersedia alarm dan immobilizer. Jadi maling bakal kesulitan dalam membobol varian Toyota Agya Gen-2 versi termurah ini.

Kekurangan Agya E terbaru adalah fitur-fitur kenyamanannya cukup minim. AC masih model putar, panel instrumen analog, tidak punya audio steering switch, dan belum ada start & stop engine button serta smart entry.

Walau begitu, Toyota tetap memberi sistem audio dengan Head Unit 7 inch lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Ada pula electric mirror untuk pengaturan spion lewat tombol.

2. Toyota Agya 1.2 G MT dan CVT

varian Agya G dengan aksesori TCO

Sosok Agya 1.2 G dengan aksesori TCO yang membuatnya mirip GR Sport

Berikutnya adalah varian Toyota Agya G 2023. Varian ini sudah memiliki seluruh kelengkapan yang ada di Agya 1.2 E, namun punya tambahan seperti velg 14 inch sudah alloy dan ada keyless entry untuk memudahkan masuk ke kabin. 

Baca juga  Toyota C-HR Hybrid 2021 Meluncur, Semakin Canggih

Kemudian yang juga menarik, interior Agya G terbaru sudah menggunakan AC digital, start & stop engine button, serta memiliki audio steering switch. Bicara transmisi, tersedia opsi 5-percepatan manual dan CVT. Khusus di Agya 1.2 G CVT, Toyota memberinya paddle shift untuk melakukan simulasi perpindahan gigi dari balik kemudi seperti mobil balap. Ada pula power mode.

Kelebihan Toyota Agya 1.2 G juga memiliki opsi Toyota Customization Option (TCO) berupa front aero mudguard, rear aero mudguard, dan side skirt. Dengan demikian, tampilan eksteriornya bisa semakin mirip Agya GR Sport 2023.

Soal harga, varian Toyota Agya G MT Rp 175,4 juta (OTR Jakarta) dan G CVT Rp 191,4 juta (OTR Jakarta). Banderolnya memang masih di bawah Rp 200 juta, lantaran tetap berada di segmen mobil LCGC. Ciri khasnya adalah kehadiran logo garuda di grille depan.

3. Toyota Agya GR Sport

varian Toyota Agya

Agya GR Sport punya ciri khas aerokit disekujur bodinya.

Pada varian Toyota Agya GR Sport 2023, fiturnya paling berlimpah. Mobil ini sudah memiliki semua fitur dan aksesoris trim yang dimiliki oleh Agya G. Tambahannya di eksterior adalah kehadiran GR Aerokit, GR Front Bumper Spoiler, dan velg ukuran 15 inch.

Hadir pula penggunaan ban sport yaitu Dunlop SP Sport Maxx ukuran 185/55 R15. Ban yang lebih tipis dan lebar itu membuat kontur jalan lebih terasa dari balik kemudi. Hal ini tentu membuat rasa berkendaranya semakin sporty. Sementara di Agya 1.2 G menggunakan ban Champiro ECO 175/65 R14.

Baca juga  Daftar 29 Mobil Kena Diskon PPnBM Mulai April 2021

Pada interior Toyota Agya GR Sport terbaru juga sudah mengaplikasi head unit 8 inch with mirrorlink & kamera parkir. Tidak ketinggalan ada panel instrumen TFT 7 inch seperti yang ada di Toyota Rocky, serta kemunculan wireless charger.

Bukan cuma itu, kelebihan Toyota Agya GR Sport 2023 pun ada di rasa berkendaranya. Pabrikan berlogo T telah mengubah pengaturan untuk setir dan kaki-kakinya supaya lebih meyenangkan untuk diajak bermanuver.

“Tuning pada bagian power steering dengan power motor yang lebih tinggi, steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah, serta bagian kaki-kaki yang mengadopsi shock absorber serta coil spring yang lebih rigid,” beber rilis resmi Toyota.

Mau punya? Varian Toyota Agya GR Sport terbaru ini harganya untuk transmisi manual atau MT Rp 237,5 juta (OTR Jakarta) dan CVT Rp 253,5 juta (OTR Jakarta). Mahal? Maklum ini bukan lagi masuk ke segmen LCGC, melainkan city car. Lihat saja logo Toyota yang menempel di grille menggantikan lambang burung garuda. Menariknya lagi, varian termahal ini juga memiliki pilihan warna dual tone yakni merah kombinasi atap hitam dan putih kombinasi atap hitam.

Demikian ulasan perbedaan Varian Toyota Agya E, G dan GR Sport 2023. Kiranya perbedaan-perbedaan ini bisa menjadi sumber pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli mobil. Jangan lupa untuk simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika