oleh

Volkswagen ID.Buzz Meluncur, Reinkarnasi VW Combi!

Volkswagen ID.Buzz resmi meluncur pada 9 Maret 2022 lalu di Paris. Sekilas mobil listrik dengan segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) ini mirip dengan VW Combi (Volkswagen T1).

Yup, meski menggunakan tenaga listrik mobil ini mengusung kombinasi desain retro dengan futuristik. Hal tersebut bisa terlihat dari kemiripan dengan VW Combi yang diberikan sentuhan futuristik pada beberapa bagian tubuhnya.

Bagian lampu depan dimensinya tidak besar dan terkesan sipit. Kemudian terdapat garis dengan aksen krom yang terlihat menyambung antara lampu kanan dan kirinya. Dibagian tengahnya disematkan logo Volkswagen dengan aksen krom juga.

Kemudian, pada bagian bumper desainnya terlihat apik dengan disematkannya gaya rumah tawon dengan ukuran lubang yang agak besar. Sementara untuk bagian belakangnya desainnya terlihat simpel namun elegan.

Bagian lampu belakang desainnya menyesuaikan dengan lampu depan, yaitu bergaya sipit dan seolah menyatu antara bagian lampu kanan dan kirinya. Oh ya, Volkswagen ID.Buzz ini mengusung dua warna alias two tone seperti Candy White dan Lime Yellow , sehingga mobil MPV listrik ini terlihat lebih segar.

Baca juga  VW Tiguan Allspace Sport Meluncur, Sambut Hari Merdeka

“Volkswagen ID.Buzz merupakan transformasi dari T1, mobil listrik ini merupakan era mobilitas elektris dan berkelanjutan. Selain itu, ID.Buzz juga merepresentasikan demikratisasi mobilitas,” ungkap Jozef Kaban selaku Head of Volkswagen Design dalam keterangan resminya.

Oh ya, Volkswagen ID.Buzz ini hadir dengan dua model. Mobil penumpang dan mobil kargo. Meski keduanya memiliki bodi kotak seperti Combi atau Multivan, bukan berarti Volkswagen ID. Buzz tidak aerodinamis.

Hal tersebut dibuktikan dengan koefisien drag sebesar 0,285 Cd, hampir setara dengan Volkswagen ID.4 untuk VW ID.Buzz MPV. Sementara untuk ID.Buzz kargo memiliki koefisien drag yang sedikit lebih besar yakni 0,29 Cd.

Spesifikasi Volswagen ID.Buzz

volkswagen id.buzz
Volkswagen ID.Buzz

Pada bagian interior, head unit standar ID. Buzz MPV memiliki ukuran 10 inci dan telah dilengkapi fitur seperti We Connect, integrasi smartphone App-Connect, dan Digital Audio Broadcasting+ (DAB+).

Tak hanya canggih, interior ID. Buzz juga ramah lingkungan berkat penggunaan material-material daur ulang dan non-hewani. pada jok, karpet, dan roof liner, Volkswagen memakai bahan daur ulang seperti kain SEAQUAL yang berasal dari sampah plastik laut dan botol plastik.

Baca juga  Harga VW T-Cross Indonesia, SUV Termurah!

Volkswagen ID.Buzz Cargo mendapat motor listrik belakang yang sama dengan model penumpang, memompa tenaga 201 dk (150 kW) dan torsi 310 Nm (229 lb-ft). Dia juga menggunakan baterai 82 kWh yang sama (77 kWh bersih), dan dapat diisi hingga 170 kW. Keduanya memiliki lingkaran putar 11,1 meter dan dibatasi pada kecepatan 90 mil/jam (145 km/jam).

Sayangnya, pihak Volkswagen belum menginformasikan mengenai jarak tempuh dari mobil ini.

Moladiners, itulah pembahasan mengenai Volkswagen ID.Buzz resmi meluncur. Jika masuk ke Indonesia, mobil ini nampaknya akan disambut hangat oleh konsumen, khususnya pecinta VW Combi.

Simak terus Moladin.com untuk inforamsi otomotif menarik lainnya.

Terbaru