by

VW Polo GTI 2021 Kian Canggih, Hatchback Idaman!

Buat pertama kali, VW Polo GTI 2021 memamerkan dirinya. Pakai basis dari Polo generasi keenam, namun mobil hatchback mendapat banyak revisi sehingga jauh lebih sporty.

Ubahan bisa tampak dari eksteriornya yang istimewa. Bodi mobil mendapat aksen merah untuk menampilkan aura khas mobil sport. Cat merah itu muncul di grille depan, bodi samping, hingga rumah cakram. Hadir pula bodi kit khas GTI yang membuat kesan sporty semakin keluar.

“Seperti yang kamu harapkan dari Volkswagen GTI, Polo GTI juga menggunakan sports chassis, dirancang khusus untuk mobil ini sebagai standar. Rangkanya lebih rendah 15 mm sehingga mampu memberikan rasa berkendara khas GTI dan kenyamanan,” seperti dikutip dari rilis resmi VW pada Rabu (30/6/2021).

Sementara terkait pilihan warna bodinya ada lima: deep black pearl effect, smoke grey metallic, kings red metallic, pure white uni, dan reef blue metallic. Ada pula opsi atap hitam, serta penggunaan pelek 18 inci jika dibutuhkan. Bicara standarnya, VW Polo GTI pakai pelek 17 inci.

Baca juga  5 Perbedaan Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo

Lalu interior tidak lepas dari aksen merah di bagian dashboard, panel pintu, dan konsol tengah. Jok juga mendapat sedikit balutan warna tersebut sebagai pemanis. Hal ini dimaksudkan supaya terjadi kesesuaian tema antara interior dan eksterior.

Tidak ketinggalan ada fitur audio yang mumpuni. Mobil sport hatchback, VW Polo GTI 2021 memiliki enam speaker dengan audio 300 watt untuk memanjakan telinga ketika mendengar musik.

Ingin tahu lebih detail spesifikasi Polo GTI terbaru? Cek bahasan berikut:

Teknologi Berkendara Semi Otonom

VW Polo GTI 2021 - interior
Ada fitur Adaptive Cruise Control yang bisa diaktifkan mulai 0 Km/jam hingga 210 Km/jam

Hal menarik di VW Polo GTI 2021, kemunculan teknologi IQ.Drive Travel Assist. Untuk pertama kalinya, fitur berkendara semi otonom tersebut hadir di Polo GTI. Sistem tersebut diklaim mampu mengintervensi kemudi, rem, hingga gas dari 0 km/jam hingga 210 km/jam.

Di dalam IQ.Drive Travel Assist ada banyak fitur yang terintegrasi, salah satunya adaptive cruise control (ACC) dan Lane Assist. Kemudian mobil hatchback sport ini juga memiliki IQ.Light berupa lampu LED matrix di sistem pencahayaan depan dengan fitur adaptive front lighting system (AFS).

Baca juga  Sejarah Suzuki Baleno, Transformasi Sedan ke Hatchback

VW Polo GTI 2021 pun mendapat banyak teknologi canggih di sistem hiburan. Sebut saja online connectivity unit (OCU) yang terintegrasi eSIM sehingga membuat pengendara mengunakan layanan online dari We Connect dan We Connect Plus. Teknologi itu mampu mengaktifkan berbagai fitur seperti voice control, streaming, dan lain-lain.

Kemudian ada digital cockpit seluas 10,25 inci sebagai pusat informasi. Lalu head unit-nya bisa terintegrasi pula dengan Apple CarPlay dan Android Auto secara wireless.

Performa mesin VW Polo GTI Terbaru

VW Polo GTI 2021 - tampak depan
Mesin 2.000 cc dengan turbo telah mendapat revisi, sehingga performanya semakin mantap

Bicara performa mesin, VW menggunakan mesin 2.0 TSI. Dilengkapi penggerak roda depan, turbo, serta mesin bensin yang dikombinasikan dual clutch 7-percepatan.

Walau demikian, ada beberapa perbedaan yang diberikan oleh VW untuk mesin Polo GTI. Sebut saja posisi mesin transversal di depan mobil, sistem injeksi ganda dengan kombinasi langsung dan intake-manifold injeksi.

“(Tambahan lain) Control unit mesin memiliki empat inti prosesor, dan electronic valve-lift system di inlet,” beber laman resmi VW.

Dengan berbagai ubahan, mesin VW Polo GTI 2021 mampu melontarkan performa lebih baik dari sebelumnya. Kini mampu melontarkan torsi puncak 320 Nm dan tenaga maksimal 204 hp. Cukup buas untuk mobil hatchback berdimensi ringkas.

Baca juga  Bocoran Toyota Yaris Facelift 2020, Apa Bedanya?

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap mobil VW Polo GTI terbaru, apakah kamu tertarik meminangnya? Masyarakat Indonesia tentu harus bersabar, karena mobil ini baru saja meluncur di Eropa. Untuk masuk pasar otomotif Tanah Air, butuh waktu.

Terbaru