Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Wuling Motors Indonesia Jalin Kolaborasi Bareng 3 BUMN

by Ivan
Wuling jaling kolaborasi bareng 3 BUMN

Wuling Motors Indonesia (Wuling) sudah resmi meluncurkan dan mengumumkan harga kendaraan listrik keduanya di Indonesia, yakni BinguoEV. Langkah ini dipercaya menjadi landasan bagi Wuling untuk terus menegaskan komitmen jangka panjangnya dalam percepatan elektrifikasi kendaraan di Tanah Air.

Selain BinguoEV, Wuling sudah memiliki mobil listrik mungil yakni Wuling Air EV yang sama-sama diproduksi di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Wuling juga langsung tancap gas memulai kolaborasi strategis bersama tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PLN Icon Plus, Bank Mandiri, dan Telkomsel. Selain itu, mereka juga berencana memperluas jaringan pengisian daya kendaraan listrik yang dilengkapi dengan fasilitas fast charging di Indonesia.

Wuling Binguo EV menyuguhkan desain modern

Wuling Binguo EV menyuguhkan desain modern

“Segmen kendaraan listrik kini telah meraih 2% market share di pasar otomotif Tanah Air, sementara secara global telah mencapai angka 10%. Bahkan di Tiongkok sendiri, sudah mencapai 35%. Hal ini menandakan bahwa era mobilitas ramah lingkungan sudah tiba dan kini semakin banyak masyarakat global menikmati solusi transportasi yang nyaman, efisien, dan rendah emisi. Oleh sebab itu, dengan semangat ‘Drive For A Green Life’, Wuling berkomitmen untuk terus berinovasi melalui produk kendaraan listriknya dan juga pengembangan ekosistem pendukungnya demi mewujudkan mobilitas ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia,” jelas Arif Pramadana selaku Vice President Wuling Motors.

Baca juga  Biaya Servis Wuling Air EV Murah Banget, Masih Ragu Beli?

Komitmen Wuling dalam elektrifikasi kendaraan diwujudkan dengan memproduksi dua lini kendaraan listrik sekaligus, yakni Air EV dan BinguoEV secara lokal di pabrik Wuling Motors yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Keduanya pun mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia dengan Air EV yang mencatatkan lebih dari 13.000 unit penjualan sejak peluncurannya pada Agustus 2022 hingga saat ini dan menyandang predikat sebagai EV terlaris di Indonesia, serta capaian angka pemesanan lebih dari 3.000 SPK yang ditorehkan BinguoEV sejak penampilan perdana pada pertengahan bulan November lalu.

Kendaraan listrik Wuling mengusung konsep easy home charging

Kendaraan listrik Wuling mengusung konsep easy home charging

Pertumbuhan kendaraan listrik sejatinya berbanding lurus dengan pengembangan ekosistem pendukung yang terintegrasi. Salah satunya adalah fasilitas pengisian daya. Kendaraan listrik Wuling mengusung konsep easy home charging yang pengisian dayanya bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Namun, untuk melengkapi kemudahan pengisian daya dan memberi kenyamanan lebih bagi konsumen dalam mobilitas yang lebih jauh, Wuling berencana menghadirkan fasilitas pengisian daya cepat dengan format IEC BB sebanyak 100 titik di berbagai wilayah Indonesia pada 2024 melalui kerja sama dengan EVPower.

Baca juga  Modifikasi Cat Bodi Wuling Air EV x Gardu House, Warna-Warni

Detail Kerjasama Wuling dengan PLN, Bank Mandiri dan Telkomsel

Nota kesepahaman Wuling bareng 3 BUMN bertema ‘EVolution Indonesia: Accelerating Sustainable Ecosystem for a Greener Future’

Nota kesepahaman Wuling bareng 3 BUMN bertema ‘EVolution Indonesia: Accelerating Sustainable Ecosystem for a Greener Future

Pada peluncuran harga resmi BinguoEV beberapa waktu lalu, Wuling turut mengadakan prosesi penandatanganan nota kesepahaman bertema ‘EVolution Indonesia: Accelerating Sustainable Ecosystem for a Greener Future’ bersama tiga BUMN yaitu PLN Icon Plus, Bank Mandiri, dan Telkomsel guna mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dalam kemitraan ini, PLN Icon Plus berperan dalam meningkatkan jaringan infrastruktur pengisian daya publik dan menghadirkan solusi pengisian daya di rumah.

Wuling juga bermitra dengan Bank Mandiri dalam aspek finansial. Dalam upaya mendukung peralihan ke kendaraan listrik, Bank Mandiri menyediakan solusi pembiayaan ESG (Environmental, Social, and Governance) sebagai bagian dari komitmen bersama untuk mendukung ekosistem kendaraan ramah lingkungan. Melalui kerja sama ini, Wuling tidak hanya menyediakan kendaraan inovatif, tetapi juga memastikan bahwa pelanggan dapat mengakses pembiayaan yang mendukung visi keberlanjutan, menciptakan sinergi positif antara mobilitas modern dan tanggung jawab lingkungan.

Baca juga  Varian Mobil Listrik Paling Terjangkau, Wuling Air ev Lite Meluncur di GIIAS 2023

Kemudian, Wuling Motors dan Telkomsel bekerja sama dalam memberikan pengalaman berkendara dengan konektivitas lebih bagi para pelanggan serta menghadirkan solusi bagi Wuling sebagai produsen kendaraan listrik. Kolaborasi ini tidak hanya memastikan pelanggan Wuling tetap terhubung di setiap perjalanan, tetapi juga membuka pintu menuju solusi terdepan di industri kendaraan listrik. Dengan perpaduan keahlian Wuling dalam menghasilkan kendaraan inovatif dan Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi terkemuka, kerja sama ini menghadirkan ekosistem EV yang terkoneksi untuk mobilitas berkelanjutan.

“Kami berharap kerjasama ini memberikan manfaat dalam mewujudkan ekosistem mobilitas ramah lingkungan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Kami pun terus membuka pintu kolaborasi dan mengundang berbagai pihak dengan visi yang sama yakni membangun ekosistem kendaraan listrik dalam rangka percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia,” ajak Arif Pramadana.  

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika