by

Yamaha Lexi vs Honda Vario 125, Lebih Unggul Mana?

MoladinMotor menjadi kendaraan andalan masyarakat Indonesia, apalagi matic karena dianggap praktis dan jadi solusi terbaik sama seperti halnya Yamaha Lexi dan Honda Vario 125.

Pilihan skutik di Indonesia kian beragam, konsumen sering dibuat bingung karena terlalu banyak pilihan motor matic mana yang sebaiknya dibeli untuk keperluan sehari-hari. Kali ini akan coba dihadirkan perbandingan dari dua skutik, yakni Yamaha Lexi dan Honda Vario 125.

Kedua skutik ini sama-sama bermain di kelas 125cc. Keduanya pun menggunakan tipe mesin yang sama yakni Liquid Cooled 4-stroke, SOHC. Meski demikian, performa dari kedua motor ini berbeda. Yamaha Lexi nyatanya lebih unggul karena dibekali dengan Variable Valve Actuation alias VAV.

Torsi puncaknya mencapai 11,3 Nm pada 7.000 Rpm dan pada 8.000 Rpm tenaga maksimalnya 11,89 PS. Honda Vario 125 sendiri mengeluarkan torsi 10,8 Nm pada 5.000 Rpm dan tenaga 11,28 PS pada 8.500 Rpm.

 

Desain Yamaha Lexi Lebih Bongsor dari Honda Vario 125

yamaha-lexi-vs-honda-vario-125Matic Honda yang satu ini punya desain yang lebih minimalis

Untuk desain atau dimensinya, body Yamaha Lexi ini jauh lebih besar atau bongsor dibandingkan sang kompetitor. Ini karena Yamaha Lexi masuk dalam kategori maxi scooter. Stang pada Yamaha Lexi pun lebih tinggi dan lebar. Ada pijakan kaki yang menjorok ke depan untuk ruang kaki yang lebih luas.

Seperti NMax, pengendara bisa mengendarai motor sambil menyelonjorkan kaki. Yamaha Lexi ini menggunakan ban yang lebar sehingga lebih nyaman saat sedang berkendara di jalan yang tidak rata. Yamaha Lexi memiliki panjang 1.970 mm dan lebar 720 mm.

Baca juga  Yamaha Fascino India Hadir di Jakarta Fair 2018

Tingginya 1.135 mm dengan ground clearance 133 mm. Tinggi joknya 785 mm dengan berat 113 kg. Ban depan 90/90-14 dan ban belakang 100/90-14. Yamaha Lexi memang tidak mudah dikendarai di tengah kemacetan, akan tetapi handlingnya lebih stabil.

 

Ini karena Yamaha Lexi sudah dibekali dengan sokbreker bermodel tabung yang empuk dan stabil saat harus berkelok-kelok di tengah kemacetan lalu lintas. Joknya cukup tinggi sehingga yang bertinggi tubuh cukup pendek akan sedikit kerepotan saat mengendarainya.

Honda Vario 125 sendiri, bodynya lebih ramping dan ringan yang akan memudahkan pengendara untuk berkelok-kelok menerobos kemacetan. Skutik ini akan lebih nyaman dikendarai apalagi untuk bermanuver saat lalu lintas sedang sangat padat. Panjangnya 1.921 mm dan lebarnya 683 mm. Tingginya 1.096 mm dan ground clearance 135 mm.

Berat Honda Vario 125 adalah 111 kg. Ban depan 80/90-14 dan ban belakangnya 90/90-14. Tinggi joknya yang tidak terlalu tinggi akan memastikan kaki bisa memijak tanah dengan lebih mudah dibandingkan Yamaha Lexi.

 

Kapasitas tangki Vario 125 Lebih Besar dari Lexi

Yamaha LexiSoal kapasitas tangkinya Lexi lebih kecil

Honda Vario 125 memiliki tangki bahan bakar yang lebih besar dibandingkan Yamaha Lexi. Skutik produksi Honda ini bisa menampung bahan bakar 5,5 liter sedangkan Yamaha Lexi hanya bisa menampung 4,2 liter saja. Vario tak perlu terlalu sering mengisi bahan bakar karena tangkinya lebih besar.

Baca juga  Begini Skema Kredit Honda All New PCX 150

Untuk kompartemennya sendiri, Honda Vario 125 pun lebih unggul dibandingkan Yamaha Lexi. Berkapasitas 18 liter, pengendara bisa memasukkan banyak hal dalam kompartemennya termasuk helm. Yamaha Lexi sendiri kompartemennya hanya sebesar 12,8 liter saja. Kompartemen di dashboard depan pun berbeda. Honda Vario 125 memiliki dua kompartemen sedangkan Yamaha Lexi hanya satu kotak saja.

 

Untuk dashboardnya sendiri, Yamaha Lexi lebih unggul. Ini karena spidometernya menggunakan teknologi digital yang bisa mempermudah pengendara untuk membaca informasi. Yamaha Lexi juga memiliki lampu Hazard. Berbeda dengan Honda Vario 125 yang masih kombinasi.

Selain itu, ada pula power charger pada Yamaha Lexi untuk mengisi ulang baterai handphone. Honda Vario 125 ternyata lebih unggul di beberapa fitur seperti lampu LED yang full plus DRL, ISS atau Idling Stop System, Combi Brake System, serta kunci dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm.

Yamaha Lexi menghadirkan Smart Key System, Start Stop System. Sayangnya skutik ini masih belum dilengkapi dengan lampu full LED plus DRL serta indikator trip B di panel instrumen seperti Honda Vario 125. Meskipun demikian, keduanya memiliki fitur ACG starter yang akan menghaluskan suara mesin saat dinyalakan.

Baca juga  Kabel Spidometer Mio J Jangan Dilepas, Supaya Mesin Tetap On

 

Beda Harga Keduanya Hanya Rp 2 Jutaan

yamaha-lexi-hitamYamaha Lexi punya harga yang lebih mahal

Perbedaan harganya memang cukup tipis. Honda Vario 125 dihadirkan dalam dua tipe dan dibanderol dengan harga Rp. 19,1 juta untuk tipe CBS dan Rp. 19.9 juta untuk tipe CBS ISS. Perbedaannya berkisar 2 juta rupiah dengan Yamaha Lexi.

Vario punya harga yang lebih terjangkau dibanding Yamaha Lexi 125 tipe terendah dibanderol dengan harga di bawah Rp. 20 juta dan untuk Yamaha Lexi-S seharga Rp. 22.8 juta. Varian S ini sudah dilengkapi dengan suspensi tabung dan keyless. Semua jenis motor ini pun sudah tersedia di Moladin.com.

Nah, jangan salah memilih motor ya. Perhatikan kebutuhan dan juga budget saat akan membeli kendaraan. Pastikan pula untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya soal fitur yang dihadirkan.

Untuk kamu yang sedang mencari Motor Yamaha dan Motor Honda kamu bisa beli di Moladin, Moladin menyediakan Motor dengan Harga murah, DP rendah dan Cicilan rendah yang akan membuat kamu memiliki Motor dengan kualitas terbaik.

Baca juga;

Terbaru