Yamaha R15 ABS Resmi meluncur di India, Indonesia Kapan?

Yamaha R15 ABS – Pabrikan garputala resmi meluncurkan R15 di India. Dibandingkan dengan motor yang dijual di Indonesia, ternyata versi Negeri Bollywood lebih istimewa. Salah satunya, lantaran pakai fitur anti-lock braking system (ABS).

Hal ini cukup berbeda dengan Yamaha R15 di Tanah Air yang belum menggunakan ABS. Ingin tahu apa keunggulan ABS? Apa lagi spesifkasi yang membuat Yamaha R15 India unik?Simak bahasan berikut:

Yamaha R15 ABS Lebih Safety

yamaha r15 abs
Yamaha R15 di India sudah pakai standar emisi BS VI yang lebih ramah lingkungan


Penggunaan ABS di R15 India dikarenakan standar regulasi. Pemerintah di sana memang mewajibkan motor di atas 125cc menggunakan fitur keselamatan tersebut.

Apa guna ABS? Fitur ini mampu mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Alhasil, pengendara jadi bisa tetap mengendalikan motor untuk menghindar dari potensi kecelakaan di depan.

Menariknya Yamaha R15 di India sudah menggunakan ABS dual channel. Jadi bukan cuma roda depannya saja, tapi yang belakang juga mendapat ABS.

Fitur yang juga beda dengan versi Indonesia adalah suspensi depan. Di India, suspensinya mengandalkan teleskopik. Konsumen Tanah Air lebih beruntung, lantaran memperoleh upside down yang secara tampilan lebih gagah.

Baca juga:

Daftar Harga Motor Sport 150cc di Indonesia

Produk Kelebihan Harga
Yamaha R15 Performa Mesin Mantap Cek Promo di Sini!
Suzuki GSX-R150 Fitur Keyless dan Harga Terjangkau Cek Promo di Sini!
Honda CBR150R Desain Keren Cek Promo di Sini!

Spesifikasi Yamaha R15 di India

yamaha r15 abs
Di India, Yamaha R15 masih pakai suspensi teleskopik


Jika melihat spesifikasi lainnya di R15 India, tidak banyak berbeda dibanding Indonesia. Sebut saja lampu depan sudah LED untuk visibilitas lebih baik saat berkendara malam hari. Kemudian ada panel instrumen digital yang bisa memberi berbagai informasi ke pengendara, termasuk shift timing light.

Melihat karet bundar versi India dan Indonesia pun ukarannya serupa. Ban depan pakai 100/80-17 inci dan belakang 140/70-17 inci. Kedua ban itu telah mengaplikasikan teknologi tubeless.

Soal mesin, Yamaha R15 ABS di India juga pakai teknologi katup variabel (VVA). Keunggulan VVA, mampu membuat performa maksimal tampil di setiap rentang putaran mesin. Ada pula transmisi 6-percepatan yang dipadankan assist & slipper clutch.

Ada beda sedikit di performa mesin, lantaran India telah mengaplikasikan standar emisi BS VI yang lebih ramah lingkungan. Efeknya ada penyesuaian torsi jadi lebih kecil dengan 14,1 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga cuma 15 Indonesia punya torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga 19,04 hp pada 10.000 rpm.

Jika kamu tertarik membeli Yamaha R15 dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung klik di sini!

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *