by

Yamaha SR400 Final Edition, Motor Retro untuk Kolektor

Motor retro, Yamaha SR400 Final Edition Limited resmi meluncur di Jepang. Kuda besi ini hadir sebagai penghormatan terakhir atas eksistensi SR400 di pasar otomotif negeri sakura.

Salah satu alasan penghentian produksi motor tersebut, lantaran tidak bisa memenuhi standar emisi gas buang di Jepang. Oleh karenanya, produksi dihentikan pada 2021.

Edisi terakhir dari SR400 ini begitu istimewa, lantaran dibuat terbatas. Lalu tampilan motor juga dirancang berbeda supaya memberi kesan eksklusif.

“Dengan spesifikasi yang spesial seperti pewarnaan dan emblem, SR400 Final Edition Limited cuma dijual terbatas 1.000 unit,” seperti dikutip dari laman resmi Yamaha motor Jepang.

Ingin tahu spesifikasi lengkap dari Yamaha SR400 Final Edition Limited? Simak bahasan berikut:

Cuma Diproduksi 1.000 Unit untuk Versi Limited

yamaha sr400 final edition limited
Aksen emas jadi ciri khas tampilan Yamaha SR400 Final Edition Limited

Keistimewaan Yamaha SR400 Final Edition Limited bisa kamu lihat dari tampilannya. Pabrikan garputala memberi cat hitam secara keseluruhan, namun bukan hitam biasa. Mereka menggunakan tema sunburst pain yang memberi corak agak keemasan.

Hadir pula logo Yamaha berwarna emas di tangki. Kemudian di kover bodi samping ada pula emblem SR Final Edition yang dilengkapi nomor produksi. Di bagian bokong, juga tertulis nama Yamaha yang mengadopsi kelir emas.

Baca juga  Test Ride Yamaha MT-15: Motor Sombong! (Bag. 1)

Tidak hanya itu, jok motor dibalut dengan material kulit berwarna cokelat. Lalu untuk panel instrumen menggunakan latar hitam, serta ada tulisan pula SR Final Edition di indikator putaran mesin. Pelek pun tidak luput dari pewarnaan istimewa yaitu cokelat keemasan untuk menyesuaikan dengan tema di bodi.

Selain versi Limited yang cuma diproduksi 1.000 unit, pabrikan garputala juga memiliki varian yang jumlahnya tidak terbatas. Namanya Yamaha SR400 Final Edition, tanpa embel-embel limited. Tersedia tiga pilihan warna yaitu dark gray metallic dan blue metallic.

Walau tidak ada aksen emas seperti di versi limited, namun bukan berarti motor ini tidak istimewa. Yamaha tetap memberi identitas SR Final Edition di kover bodi samping, hanya saja bukan dalam bentuk emblem, melainkan grafis.

Harga Yamaha SR400 Final Edition Limited Tembus Rp 100 Jutaan

yamaha sr400 final edition limited
Motor ini cuma dijual di Jepang dan jumlahnya terbatas 1.000 unit

Di atas kertas, Yamaha SR400 Final Edition tidak mengalami perbedaan mesin. Jantung mekanisnya masih mengandalkan kubikasi 399 cc, satu silinder, SOHC, berpendingin cairan.

Mesin tersebut bisa melontarkan torsi puncak 28 Nm pada 3.000 rpm dan tenaga maksimal 24 PS pada 6.500 rpm. Kemudian untuk penggunaan transmisi, pakai 5-percepatan manual.

Baca juga  5 Moge Retro Murah di Indonesia, Mau Beli?

Soal fitur modern, motor bergaya retro ini tidak memiliki banyak teknologi modern. Pencahayaan masih mengandalkan bohlam, panel instrumen analog, serta mempertahankan penggunaan kick starter. 

Kemudian untuk harga Yamaha SR400 Final Edition Limited, tembus 748.000 Yen atau setara Rp 100 jutaan. Sementara versi produksi massalnya 605,000 Yen sekitar Rp 72 jutaan.

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap motor naked tersebut, apakah kamu tertarik memilikinya? Ya, sayangnya SR400 cuma dijual di Jepang. 

Pantau terus Moladin untuk mendapat informasi terbaru serta terlengkap seputar motor dan mobil.

Terbaru