by

3 Penyebab Bunyi Dari Rem Cakram

Ketika kamu berkendara dan bagian rem cakram kamu mengeluarkan bunyi yang mengganggu, kamu perlu tahu penyebab bunyi dari rem cakram motor itu.

Rem merupakan piranti yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Secara fungsional, rem merupakan komponen dari motor yang dapat membantu memperlambat laju kendaraan.

Tentunya, rem sangat berkaitan erat dengan masalah keselamatan bagi pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Untuk itu, kamu harus melakukan perawatan secara berkala pada komponen satu ini.

Beberapa masalah, kerap terjadi pada sistem kinerja rem cakram. Salah satunya adalah adanya bunyi yang berasal dari rem dan itu sangat mengganggu. Untuk itu, kamu perlu tahu apa saja yang jadi penyebab bunyi dari rem.

1. Kampas kotor jadi penyebab bunyi dari rem cakram

Penyebab Bunyi Dari Rem Cakram
Kampas rem kotor bisa timbulkan suara

Area kampas rem utamanya pada rem model cakram, merupakan area yang terbuka dan bisa saja ada kotoran yang menempel pada bagian ini.

Ketika kotoran menempel, maka kampas rem yang bergesekan langsung dengan piringan cakram akan terganggu dengan kotoran-kotoran yang ada di jalan.

Baca juga  Cewek Wajib Tahu, 4 Perawatan Dasar Dalam Merawat Motor

“Kotoran di jalan kan bisa saja berupa batu kecil atau kerikil. Kalau menempel dan terjepit di antara kampas dengan piringan cakram bisa saja menimbulkan suara gesekan yang mengganggu,” ujar Rivandi, mekanik Rivan’s Motor.

Rivan menyarankan sebaiknya, sering-seringlah mbersihkan area kampas rem motor.

2. Kampas rem habis

Penyebab Bunyi Dari Rem Cakram
Kampas rem habis bikin rem bersuara

Meskipun punya peranan yang sangat penting, acapkali pemilik motor melupakan pemeriksaan dan perawatan pada komponen rem.

Seringkali, pemilik motor lupa memeriksa ketebalan dari kampas rem. Hasilnya, tak hanya menimbulkan suara yang mengganggu, tapi juga bisa berakibat fatal pada keselamatan pengendara motor itu sendiri.

Ketika kampas rem habis, maka lempengan piringan cakram akan bergesekan langsung dengan besi yang menopang kampas rem. Selain dapat menimbulkan bunyi, jika dibiarkan terus menerus bisa saja malah merusak bagian piringan cakram rem motor.

“ini yang paling sering banget kejadian, kampas rem habis tapi dibiarkan. Enggak Cuma ada bunyi yang mengganggu tapi juga bahaya buat keselamatan,” papar Rivan.

3. Piringan cakram bergelombang

Kampas rem belakang NMax bisa pakai V ixion Lama
Piringan cakram yang bergelombang bisa jadi sumber suara yang mengganggu

Piringan cakram jadi salah satu komponen sistem pengeraman motor yang sangat vital. Piringan berbahan besi ini berada di posisi roda sebuah sepeda motor.

Baca juga  Perawatan V-Belt Motor Matik, Bagaimana Caranya?

Ketika kampas rem menjepit piringan ini, akan menimbulkan perlambatan kecepatan pada laju sepeda motor.

Namun ketika piringan cakram rem bergelombang, bakal ada suara yang mengganggu. Selain bunyi, hal buruk lainnya yang bisa terjadi adalah proses pengeraman pun jadi tidak maksimal.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan piringan cakram rem bergelombang, salah satunya adalah karena membiarkan kampas rem habis.

“Kalau piringan cakram bergelombang, maka kampas dan bagian piringan cakram ini bakal sering banget bergesekan sehingga akan menyebabkan suara. Penyebab piringan itu gelombang atau peyang salah satunya adalah terlalu lama membiarkan kampas rem habis,” pungkas Rivan.

Jika kamu ingin mengetahui informasi terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru