4 Cara Memilih Jaket Riding Terbaik untuk Keselamatan Berkendara

by Tigor Sihombing
Jaket riding

Jaket riding bukan hanya soal gaya atau kenyamanan, tapi juga soal keselamatan. Sama seperti helm, jaket berperan penting dalam melindungi pengendara sepeda motor dari angin dan potensi cedera saat terjadi kecelakaan. Agar kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman, berikut beberapa tips pintar dalam memilih jaket riding terbaik.

1. Pilih Ukuran yang Pas di Tubuh

Ukuran jaket sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Jaket yang terlalu kecil akan membuat gerakan terbatas dan sulit bernapas, sementara jaket yang terlalu besar bisa membuat tubuh jadi tidak stabil karena terkena angin yang besar. Hal ini tentu dapat mengganggu konsentrasi saat di jalan.

Selain itu, jaket yang tidak sesuai ukuran juga bisa membuat kamu merasa kurang percaya diri. Jadi, pastikan jaket riding yang kamu pilih pas di badan agar bisa berkendara dengan fokus dan nyaman.

2. Hindari Jaket dengan Banyak Tali

image1399

Untuk keperluan nongkrong, jaket dengan banyak tali mungkin terlihat keren, tapi saat digunakan untuk riding, hal ini bisa berbahaya. Tali yang terlalu banyak berpotensi tersangkut di stang motor atau benda lain saat berkendara, yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca juga  10 Jaket Motor Harian Inventzo, Murah Berkualitas

Solusinya, pilih jaket yang simpel tanpa terlalu banyak aksesoris atau tali. Model jaket yang simpel dan minimalis lebih aman dan praktis untuk keperluan riding sehari-hari.

3. Pilih Jaket yang Menutupi Tubuh dengan Baik

Jaket riding yang baik harus mampu menutupi bagian tubuh penting seperti leher, pergelangan tangan, dan pinggul. Jika memungkinkan, pilih jaket yang sudah dilengkapi dengan protektor di bagian bahu dan siku untuk perlindungan ekstra. Protektor ini akan sangat membantu mengurangi cedera jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, pilih jaket dengan ketebalan yang pas. Jangan terlalu tebal karena bisa membuat tubuh terlalu panas dan tidak nyaman, tapi juga jangan terlalu tipis agar tetap memberikan perlindungan yang optimal. Lebih baik lagi jika kamu memilih jaket khusus untuk riding yang sudah dirancang khusus untuk keperluan berkendara.

4. Pilih Jaket Berwarna Terang

Pilih jaket riding warna terang
Pilih jaket riding warna terang

Warna jaket juga mempengaruhi tingkat keselamatan berkendara. Meskipun warna gelap terlihat lebih keren, jaket dengan warna terang lebih disarankan untuk riding.

Baca juga  5 Rekomendasi Jaket Inventzo Rp 300 Ribuan, Cocok Buat Harian!

Warna terang membuat kamu lebih mudah terlihat oleh pengendara lain, terutama saat malam hari atau kondisi cuaca yang kurang mendukung.

Jika kamu tetap ingin tampil gaya dengan jaket berwarna gelap, pastikan jaket tersebut memiliki aksen warna terang di beberapa bagian strategis, seperti pundak, punggung, atau dada. Kamu juga bisa memilih jaket yang memiliki bahan reflektif yang dapat memantulkan cahaya, sehingga tetap terlihat di jalan raya.

Demikian ulasan terkait cara memilih jaket riding. Simak terus Moaldin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika